Usaha Coffee Shop

Usaha Coffee Shop yang Awet Sepanjang Masa

Usaha Coffee Shop –  Usaha Coffee Shop merupakan salah satu usaha yang patut Bung dan Nona pertimbangan untuk dicoba. Coffee shop dapat diartikan sebagai sebuah bisnis restoran kecil yang biasanya menjual kopi ataupun minuman lain, makanan sederhana dan camilan yang dapat dinikmati bersama secangkir kopi.

Perjalanan Kopi Dari Masa Ke Masa

  • Perkembangan Kopi

Kopi merupakan minuman yang digemari berbagai kalangan, baik dari yang tua hingga yang muda. Kopi yang menjadi minuman lintas generasi ini, konon katanya jika dikonsumsi dengan takaran yang pas dapat membantu menjaga kesehatan.

Kopi yang dulu mendapat stigma minuman orang tua, sekarang sudah berhasil merubah stigma tersebut. Bahkan, masyarakat pun mulai mengetahui dan mempercayai manfaat yang dihasilkan dari meminum kopi.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa usaha coffee shop merupakan usaha yang tidak akan habis dimakan zaman. Bung dan Nona pasti penasaran mengapa bisnis kopi tidak lekang oleh zaman dan bagaimana mewujudkan usaha coffee shop yang sukses, kan?

Agar artikel ini dapat memberikan informasi yang lengkap kepada Bung dan Nona seputar kopi, maka akan dijelaskan terlebih dahulu sejarah kopi itu sendiri dan segala hal yang berkaitan dengan kopi. Yuk simak ulasan pada artikel berikut!

  • Sejarah Kopi

Kopi bukan merupakan tanaman asli kepulauan Indonesia. Sekedar informasi sekilas untuk Bung dan Nona, tanaman kopi khususnya Arabika dibawa oleh VOC  pada akhir abad 16 pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda.

Mengutip dari Jurnal Dimensi, Vol. 13-No.2, Februari 2017 menulis bahwa awalnya, pemerintah kolonial Belanda pertama kali menanam bibit kopi di sekitar Batavia atau sekarang disebut dengan nama Jakarta, hingga ke daerah Sukabumi dan Bogor.

Ternyata permintaan pasar semakin meningkat, sehingga mulai didirikan perkebunan kopi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa daerah di Sumatra dan Sulawesi.

Selain Arabika, ada varietas kopi Robusta yang juga dibawa oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Varietas kopi Robusta ini dianggap varietas yang lebih kuat terhadap serangan hama. Hingga kini Robusta menempati sekitar 90% produksi kopi nasional.

Kopi Arabika dan Robusta terbaik hampir semuanya diekspor. Rakyat Indonesia kebanyakan mengkonsumsi kopi kelas dua. Biji-biji kopi terbaik ini diolah kembali masuk ke dalam Indonesia di bawah naungan nama-nama besar seperti Starbucks Coffee dan Coffee Bean.

 

Usaha Coffee Shop
 

Kopi Arabika dan Robusta

Sebelum berbicara mengenai usaha coffee shop yang tidak lekang oleh zaman, alangkah baiknya apabila Bung dan Nona mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari Arabika dan Robusta.

Secara umum varietas kopi di Indonesia terdapat dua jenis, yaitu Arabika dan Robusta. Apakah Bung dan Nona dapat membedakan dua jenis kopi ini dengan mudah? Oiya, di Indonesia Arabika dikenal memiliki rasa yang lebih kuat dan unik.

  • Perbedaan Arabika dan Robusta

Untuk membedakan dua jenis antara Arabika dan Robusta dengan mudah, bisa dikenali melalui rasanya. Arabika memiliki rasa yang cenderung sedikit masam dibandingan dengan Robusta.

Baca Juga  Seberapa Pentingnya Barista di Sebuah Café?

Robusta memiliki rasa yang lebih pahit, rasa pahit ini disebabkan karena kandungan kafein pada Robusta lebih tinggi daripada Arabika.

Rasa yang dimiliki oleh Arabika sendiri lebih bervariasi dan kaya tergantung dari jenis tanah tempat Arabika di tanam.

Berikut beberapa contoh kopi Arabika yang ada di Indonesia, Java Estate (keasaman tidak terlalu tinggi), Bali Kintamani (keasaman cukup tinggi), Sumatera Mandailing (keasaman rendah), Toraja Kalosi (keasaman cukup tinggi), Aceh Gayo (keasaman rendah), dan Papua Wamena (keasaman rendah)

  • Kandungan Kafein Pada Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein.  Kafein umumnya dapat meningkatkan kewaspadaan, menurunkan perasaan lelah, meningkatkan suasana hati, dan kepercayaan diri.

Meskipun demikian, kafein dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya seperti dapat memacu detak jantung, bersifat diuretik, dan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsi kafein khususnya kopi harus dibatasi yaitu tidak lebih dari 100 mg/ hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengapa Usaha Coffee Shop Tidak Akan Lekang Oleh waktu

Bung dan Nona ketika hendak membuka usaha coffee shop harus memiliki alasan yang kuat mengapa usaha ini patut Anda coba dan patut menjadi bahan pertimbangan Bung dan Nona.

  • Bisnis yang Stabil adalah Usaha Coffee Shop

Usaha coffee shop merupakan salah satu bisnis yang stabil, karena usaha ini memiliki perkembangan tren konsumen kopi yang stabil pula. Jadi maksudnya, dari dulu hingga masa yang akan datang, kopi adalah salah satu minuman yang akan terus dikonsumsi dari berbagai macam generasi.

Menurut data yang dihimpun dari Kementerian Pertanian tahun 2018. Konsumsi kopi secara nasional selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Di tahun 2016 kopi yang dikonsumsi secara nasional mencapai 250 ribu ton.

Kemudian, dari tahun 2016 ke tahun 2017 konsumsi kopi mengalami pertumbuhan sebanyak 10.54 dan telah dikonsumsi sebanyak 276,2 ribu ton. Dan pada tahun 2021, konsumsi kopi Indonesia diprediksi mencapai 370 ribu ton.

Minum kopi selain dapat dinikmati di rumah, juga bisa dinikmati di sebuah coffee shop. Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya konsumsi kopi secara nasional dikarenakan semakin banyak orang yang menikmati kopi di coffee shop.

Mereka memilih melakukan aktivitas ngopi di coffee shop karena di sana mereka dapat mengenal dan mendapat pengetahuan tambahan mengenai jenis-jenis kopi, langsung dari barista yang ada di coffee shop tersebut.

Bagaimana Mewujudkan Usaha Coffee Shop yang Sukses

Membuka sebuah coffee shop tidak asal Bung dan Nona memiliki modal yang besar saja. Modal besar bukan menjadi salah satu kunci untuk memiliki usaha coffee shop yang sukses. Banyak aspek yang Bung dan Nona harus perhatikan.

Sebelum Bung dan Nona membuka sebuah coffee shop, disarankan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

  • Konsep

Konsep yang kreatif  dan inovatif dalam mendirikan sebuah coffee shop menjadi faktor yang penting. Selain dapat menjadi sebuah ciri khas, mendirikan sebuah coffee shop tanpa sebuah konsep yang jelas dijamin tidak akan bertahan lama. Padahal usaha coffee shop merupakan usaha yang menjanjikan.

Bung dan Nona harus memiliki konsep yang jelas dan terarah pada coffee shop yang hendak didirikan. Siapkan juga menu andalan yang terdapat di coffee shop Anda.

  • Interior
Baca Juga  Tilik Peluang Usaha Coffee Shop

Jika semua konsep sudah matang dan tersusun secara rapi, langkah selanjutnya adalah menentukan dan membuat interior coffee shop. Interior yang unik dan menarik dapat menarik target pasar yang cukup banyak. Karena untuk saat ini tampilan visual sebuah tempat turut menjadi bahan pertimbangan.

Ciptakan sebuah interior coffee shop selain unik dan menarik, juga cipatakan interior coffee shop yang nyaman untuk semua kalangan.

  • Eksterior

Interior menarik dan nyaman memamg merupakan faktor penting. Tapi jangan pernah lupakan pentingnya eksterior s ebuah coffee shop ya Bung dan Nona.

Kenapa? Karena eksterior menarik adalah faktor pertama yang dilihat orang. Eksterior unik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang dia punya. Jadi sangat disarankan untuk membuat eksterior yang bisa memancing keingintahuan orang terhadap coffee shop Bung dan Nona.

  • Kualitas Rasa

Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika makanan dan minuman yang dihasilkan Bung dan Nona jauh dari kualitas yang diharapkan.

Jadi pastikan menyajikan makanan dan minuman di coffee shop Bung dan Nona dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan standar lidah target pasar Bung dan Nona.

Jika produk yang dijual memiliki kualitas yang bagus, selanjutnya pertahankan kualitas produk tersebut dengan selalu melakukan quality control.

Dengan meningkatkan rasa atau mempertahakan kualitas produk yang sudah bagus, tentu akan membuat pelanggan semakin jatuh cinta dengan coffee shop Bung dan Nona.

Awali Usaha Coffee Shop dengan Coday Coffee & Roastery

Bagi Bung dan Nona yang ingin membuka coffee shop namun bingung bagaimana harus memulai, atau mungkin Bung dan Nona masih bingung hendak membuka coffee shop yang seperti apa. Coday Cofee Lab & Roastery akan membantu menjawab segala pertanyaan Bung dan Nona.

Coday Cofee Lab & Roastery memiliki paket usaha Coday yang menawarkan tiga paket, yaitu: Paket Coffeepreneur, Paket Coffee Express, dan Paket Coffee Shop.

Bung dan Nona cukup menyediakan tempat dan karyawan. Karena disetiap paket tersebut tersedia fasilitas traning untuk karyawan yang hendak bekerja di coffee shop Bung dan Nona. Bung dan Nona jangan khawatir, traning akan dipandu dan dilatih oleh barista pilihan.

  • Paket Coffeepreneur

Fasilitas yang didapatkan pun tak tanggung-tanggung, dengan harga mulai dari Rp14.000.000,00 Bung dan Nona sudah dapat memilih paket coffeepreneur dan dapat menikmati fasilitas: electric grinder, manual brewing tools, roasted bean, other ingredients, other equipments, training package, SOP & barista guidance.

  • Paket Coffee Express

Ada juga paket coffee express, paket ini ada diharga mulai dari Rp95.000.000,00. Dengan fasilitas, antara lain: epresso machine, electric grinder, manual brewing tools, roasted bean, training package, SOP & Barista Guidance. Namun jika Bung dan Nona bergabung dengan Coday Coffee Lab & Roastery.

  • Paket Usaha coffeeshop

Selain paket coffeepreneur dan coffee express, Coday juga menawarkan paket usaha coffeeshop dengan harga mulai Rp125.000.000,00. Fasilitas yang akan Bung dan Nona dapatkan adalah, ekspresso machine, electric grinder, mini a electric grinder, manual brewing tools, roasted bean, training package, bussiness consultation, marketing guidance, quality control, SOP & Barista Guidance.

Yuk mulai usaha coffee shop bersama Coday!