Cara Roasting Kopi

Cara Roasting Kopi Untuk Hasilkan Rasa Terbaik

Sebelum dinikmati dalam cangkir, kopi melalui proses yang panjang, mulai dari pengolahan biji kopi, penyimpanan dalam bentuk kopi mentah, proses roasting, coffee resting dan brewing. Roasting Kopi sendiri merupakan proses paling penting terciptanya sajian kopi yang nikmat. Pada proses ini biji kopi mengeluarkan karakter terbaiknya, jika cara roasting kopi dilakukan salah maka rasa nikmat kopi bisa gagal.

Proses pemanggangan atau penyangraian biji kopi mentah (green coffee beans) hingga mencapai kematangan yang diinginkan. Karena pentingnya proses ini, seorang roaster (sebutan orang yang memiliki kemampuan meroasting) tidak langsung berhasil dalam sekali percobaan. Perlu ketelatenan dalam mempelajari proses ini.

Terdapat dua hal penting yang perlu diketahui bahkan dipahami seorang roaster untuk mendapatkan biji kopi sangrai yang diharapkan.

  1. Karakter biji kopi mentah

Setiap biji kopi memiliki karakter berbeda karenanya seorang roaster perlu memiliki pengetahuan tentang karakter tiap biji kopi. Misalkan ada biji kopi dengan karakter fruity, floral ata caramel. Tiap karakter perlu diperlakukan secara berbeda dalam proses roasting. Jika tidak, kamu bisa merusak karakter aslinya karena salah mengambil tindakan saat meroasting.

  1. Mesin roasting

Dalam mengoptimalkan rasa biji kopi, seorang roaster harus membuat keputusan bagaimana cara roasting kopi yang akan digunakan. Apakah dengan natural process, honey process  atau lainnya. Guna memudahkan proses sangrai inilah dibutuhkan mesin roasting kopi yang dapat memudahkan roaster melakukan kontrol pada tiap prosesnya.

Baca Juga  Belajar Roasting Kopi: Seni Mengasah Kepekaan

Mesin roasting kopi Maestro didesain yang sederhana serta fitur pendukung dapat memudahkan para roaster mengontrol dalam proses roasting biji kopi. Dikembangkan industri manufaktur pangan memberikan jaminan keamanan, kemudahan dan kecepatan dalam proses sangrai kopi. Dan pastinya mesin roasting kopi buatan Maestro telah memenuhi spesifikasi dan mutu berstandar SNI dan Internasional

Cara Roasting Kopi, Perhatikan Tiap Tahapan

Setelah mempelajari tentang biji kopi dan mesin roasting, kamu perlu mempelajari tahapan dalam proses roasting biji kopi.

  1. Pengeringan (Drying)

Ketika biji kopi masuk ke mesin roasting, itu akan menyerap panas dan menguapkan kandungan air dalam biji. Tahap pengeringan ini membutuhkan energi panas cukup besar atau proses lebih lama.

  1. Penguningan (Yellowing)

Setelah kandungan air telah menguap dari biji kopi, reaksi perubahan warna dimulai. Di tahap ini kopi akan beraroma beras lalu mengembang dan kulit tipisnya akan mengelupas. Kulit berupa sekam tersebut akan otomatis dipisahkan dari biji melalui aliran udara pada mesin roasting.

Tahap satu dan dua ini sangat penting untuk keberhasilan proses roasting. Jika biji kopi tidak diproses dengan tepat, biji kopi tidak dapat disangrai secara merata pada tahap selanjutnya. Lebih jelasnya, pada dua tahap ini merupakan proses pengeringan bagian dalam biji kopi sedangkan tahap selanjutnya mematangkan bagian luar. Jika pengeringan gagal, sekalipun bagian luar matang sempurna bagian dalam belum matang benar. Rasa yang akan muncul peraduan pahit dan asam yang ganjil.

  1. Pecahan pertama (First Crack)

Semakin lama biji kopi dalam proses sangrai, warna biji akan kecoklatan. Biji kopi mengalami penguapan air bercampur gas karbon dioksida mengakibatkan tekanan yang membuat biji-biji kopi pecah atau cracking. Tahap ini mudah dikenali sebab biji kopi akan mengeluarkan bunyi renyah. Ada tahap ini karakter biji kopi dan rasa terbentuk.

  1. Roast development

Selanjutnya setelah tahap cracking pertama, tekstur biji kopi cenderung lebih lembut pada bagian permukaannya. Pada tahap roasting ini akan menentukan warna akhir dari biji kopi yang dihasilkan. Termasuk derajat roasting pada biji kopi roast.

  1. Pecahan kedua (Second crack)

Tahap berikutnya memasuki tahap ketika biji kopi kembali mengalami pecahan. Pada pecahan kedua bunyi pecahan lebih lembut dan ringan. Di tahap ini pula biji kopi mengeluarkan minyak alami pada permukaan biji. Karakter asam (acidity) kopi mulai hilang dan rasa baru berkembang.

Baca Juga  Tahapan Roasting yang Menentukan Cita Rasa Kopi

Itulah tahapan-tahapan proses roasting kopi. Jika Anda ingin lebih dalam mempelajari cara roasting kopi bisa dengan mengunjungi Coday.id. merupakan tempat kursus dan agen penjualan mesin roasting buatan Maestro. Anda bisa belajar menjadi roaster handal belajar dari roaster berpengalaman.

Cara Roasting Kopi

Anda bisa mendapatkan mesin roasting Maestro ini di coday lab and roastery Yogyakarta.