Mesin Roasting kopi

Ketahui Mesin Roasting kopi Yang Hasilkan Rasa dan Aroma Nikmat

Kopi menjadi komoditas yang kian bernilai tinggi dengan makin menjamurnya cafe atau warung-warung kopi. Tren  menikmati kopi banyak dijumpai mulai dari kota-kota besar hingga ke kota-kota kecil. Penikmat kopi tidak asing lagi dengan sebutan barista untuk seorang peracik kopi hingga mesin roasting kopi yang digunakan untuk menyangrai kopi berkualitas.

Jika secara tradisional pengolahan kopi banyak dijumpai di desa atau petani kopi berlakuan berbeda di cafe-cafe kopi. Biji kopi diperlakukan istimewa untuk menjaga kualitasnya. Berbagai varian kopi disajikan dalam cangkir untuk dinikmati para penikmat kopi melalui proses tertentu. Mulai dari proses sangrai dengan mesin dan pada tingkat kematangan sesuai keinginan hingga penyajian oleh barista terlatih.

Bagi sebagian Anda mungkin asing dengan mesin roasting kopi atau mesin sangrai. Mesin ini membantu proses penyangraian dalam skala besar namun ada pula yang kecil. Penggunaan mesin ini dapat menghasilkan kopi sangrai berkualitas sekaligus menghemat waktu dan tenaga jika dibandingkan dikerjakan secara tradisional.

Roaster atau orang yang bekerja meroasting kopi. Sebagai mana barista, roaster tidak sekedar bisa menyangrai kopi, roaster harus memiliki pengetahuan seputar kopi dan proses menyangrai kopi dengan baik. Hal tersebut agar kopi sangrai yang dihasilkan berkualitas dan memiliki rasa yang sempurna.

Metode Roasting kopi untuk Hasilkan Rasa dan Aroma Nikmat

Proses roasting dapat mempengaruhi rasa dan aroma kopi itulah mengapa metode roasting perlu dipelajari seorang roaster. Dalam proses roarsting atau penyangraian biji kopi mengalami perubahan senyawa kimia di dalamnya. Perubahan senyawa kimia tersebut mempengaruhi karakteristik dan rasa yang khas pada biji kopi.

Baca Juga  Mau Beli Mesin Roasting Kopi Terbaik? Baca Tips Ini!

Secara fisik proses roasting mengubah warna biji kopi menjadi kecokatan berdasarkan tingkat waktu roasting. Soal rasa dan aroma kopi juga ditentukan metode roasting yang digunakan. Para roaster akan terlebih dahulu melihat biji kopi yang akan di roasting, yakni kepadatan biji dan kadar air pada biji kopi. Setelah memastikan hal tersebut barulah seorang roaster dapat menetukan metode roasting yang akan digunakan.

Pada dasarnya metode roasting ada dua, perbedaan keduanya ada pada waktu dan suhu penyangraian.

  • Metode fast roast yakni metode penyangrai biji kopi dengan suhu tinggi sehingga menghabiskan waktu lebih cepat. Metode ini menghasilkan rasa kopi yang lebih asam dan beraroma.
  • Metode slow roast yakni penyangrai biji kopi dengan suhu rendah dengan waktu lebih lama. Metode ini menghasilkan rasa kopi yang lebih ke manis dan enak di lidah.

Selain metode tersebut ada banyak metode dan trik untuk menghasilkan roasting kopi yang memiliki kualitas untuk dinikmati. Anda bisa mengunjungi Coday.id tempat kursus dan agen penjualan mesin roasting buatan Maestro. Selain dapat membeli secara langsung mesin roasting berkualtas, Anda bisa belajar menjadi roaster yang handal disini.

Baca Juga  Apakah Peracik Kopi di warung Pojok Desa Disebut Barista?

Mengenal Mesin Roasting Kopi Maestro

Mesin roasting kopi Maestro adalah mesin roaster yang dikembangkan industri manufaktur pangan. Mesin ini memenuhi kebutuhan akan kecepatan, kemudahan dan keamanan dalam proses sangrai kopi. Maestro menawarkan mesin roaster dengan skala kecil maupun masal.

Kelebihan dari mesing roasting buatan Maestro ini adalah berbagai fitur yang memudahkan para roaster bekerja. Mulai dari desain panel kontrol yang sederhana dan mudah dijalankan bahkan untuk seorang roaster yang baru belajar. Dengan desain yang sederhana dapat memudahkan para roaster mengontrol dalam proses roasting biji kopi.

Adapula sistem pencatat otomatis yang terdapat pada mesin roasting buatan Maestro. Dengan fitur perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membantu roaster menghasilkan produk biji kopi roasting yang konsisten dengan lebih mudah.

Mesin roasting Maestro dibuat menggunakan alat produksi metal laser cut dan CNC yang sangat presisi. Dengan menggunakan bahan material yang memertimbangkan aspek ketahanan, keselamatan kerja dan standar mutu industri pangan memberi jaminan keamanan mesin buatan Maestro.

Selain itu pembuatan dikerjakan pekerja berpengalaman di bidang industri manufaktur dan teknologi pangan. Untuk menjamin kemanan roduk mesin roasting kopi buatan Maestro telah memenuhi spesifikasi dan mutu berstandar SNI dan Internasional. Anda bisa membeli mesin roasting ini di coday  lab and roastery Jogja.