Kopi ini Dikatakan Sebagai Kopi Sumatera Terbaik

Coday-  Membahas  kopi Sumatera  tentunya bahasannya cukup luas mengingat banyak jenisnya kopi Sumatera. Di pulau yang dikenal dengan nama Andalas ini memiliki kopi kualitas bagus salah satunya adalah Kopi Robusta Sidikalang. Kopi Sidikalang ini memiliki citarasa yang khas yang tentunya dapat membuat lidah tergiur. Aroma kopinya juga tajam sehingga membuat Anda ingin cepat-cepat minum.

Kopi Sidikalang layaknya kopi robusta lainnya, namun bedanya kopi ini menguasai 30 persen pasar dunia. Pada kopi Sidikalang ada keunikana rasa seperti rasa coklat, bau yang dihasilkan cukup khas dan memiliki cita rasa yang manis, warnanya juga cukup variasi tergantung pengolahan, dan teksturnya lebih kasar dibanding dengan tekstur arabika. Dengan ciri-ciri tersebut, kopi ini sangat baik untuk Anda yang menyenangi kopi aroma sedang.

Baca Juga  Tidak Ada Cara Cepat Menjadi Barista Meski Anda Seorang Nabi

Ciri-ciri dan karakteristik Kopi Robusta dari Sidikalang, yakni memiliki aroma nutty atau kacang-kacangan. Selain itu, aroma chocolate juga bisa Anda  jumpai di kopi sehingga merasa lebih mencium bau manis dibandingkan wangi kopi tajam. Jika salah semua aroma ini tercampur dan bisa didefinisikan dengan jelas maka kopi tersebut masuk ke dalam grade A. Karena masuk ke grade A, maka rasanya juga akan terasa lebih mantab di banding grade lainnya.

Proses pembuatan Kopi Robusta Sidikalang ini unik, petani tak perlu menunggu kopi ketika sudah matang, yang dilakukan adalah menggilingnya untuk memisahkan kulit dengan biji kopi setelah dicuci sampai bersih dengan cara diinjak-injak hingga lendir lepas bersamaan dengan air.

Dengan berbagai karakteristik dan keunggulan dari Kopi Robusta Sidikalang, maka sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi ini memiliki penggembar yang cukup banyak. Tak hanya di dalam negari melainkan hingga dunia internasional seperti kopi dari Sumatera lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *