Belajar Roasting Kopi

Belajar Roasting Kopi untuk Ciptakan Rasa Kopi yang Nikmat

Buah kopi yang sudah dipanen membutuhkan proses yang sangat lama untuk akhirnya bisa dikonsumsi. Tidak hanya sekedar mengkonsumsinya saja, tetapi penikmat kopi biasanya menginginkan kelezatan dan aroma kopi yang lebih terasa. Oleh sebab itu, belajar roasting kopi menjadi hal yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

Apa Itu Roasting Kopi?

Roasting kopi merupakan tahapan untuk sangrai kopi. Secara Umum roasting adalah proses mengeluarkan kadar air dari kopi dan mengembangkan biji kopi, serta memberi rasa dan aroma pada biji kopi. Reaksi kimia yang terjadi saat me-roasting kopi, sehingga akan menyebabkan sifat biji kopi berubah. Sehingga rasa dan aroma biji kopi juga akan berubah.

Saat kopi di-roasting, warnanya akan menjadi coklat. Jika biji kopi berwarna lebih gelap, itu berarti biji kopi tersebut di-roasting lebih lama. Namun, me-roasting biji kopi bukanlah perkara sederhana. Biji kopi sebenarnya akan menghasilkan aroma dan citarasa kopi yang berbeda ketika di-roasting pada suhu yang berbeda.

Perhatikan hal ini Saat Roasting Kopi

Diantara para roaster kopi, tentunya ada yang punya gaya roasting biji kopi sendiri. Tapi mungkin dasarnya sama, apa yang perlu diperhatikan dan apa yang saling mempengaruhi. Sebabnya, menjadi seorang roaster kopi membutuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang 3 hal berikut ini untuk mendapatkan hasil roasting yang terbaik.

  1. Biji Kopi Mentah Mempengaruhi Rasa

Sebelum belajar roasting kopi. Pahami terlebih dahulu, kalau biji kopi memiliki banyak varian rasa, contohnya karakter fruity, caramel atau floral. Rasa yang dihasilkan merupakan hubungan antara cara pengolahan biji kopi mentah, yang kemudian dioptimalkan saat memasuki masa pemanggangan.

  1. Mesin Roasting Mempengaruhi Biji Kopi

Setiap proses pengolahan biji kopi tentunya memiliki perbedaannya masing-masing baik itu natural process atau honey process dan lain-lain. Para Roaster percaya bahwa proses biji-bijian yang berbeda ini menentukan cara meroasting biji kopi untuk mengoptimalkan rasa yang muncul.

Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik di Jogja yang Harus Anda Kunjungi

Mesin roasting kopi terpercaya adalah Maestro Coffee Roaster, yang merupakan mesin sangrai yang dibuat khusus untuk memudahkan Anda. Mesin roasting yang dikembangkan industri manufaktur berbasis teknologi pangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan roaster modern, baik dalam kemudahan, ketepatan, dan keamanan proses roasting kopi.

  1. Karakter Mesin Roasting dan Rasa Saling Terkait

Keputusan seorang roaster untuk menentukan cara memanggang biji kopi mentah tertentu dapat memberi karakter pada rasa yang dimiliki biji kopi tersebut. Namun jika sang roaster tidak memahami setiap note penting dari biji kopi mentah, maka karakter rasa yang dihasilkan tidak akan sesuai harapan.

Tahapan Proses Roasting

Selama proses tersebut. Beberapa gula alami akan diubah ke bentuk gas CO2, sedangkan untuk yang lainnya akan dijadikan karamel dan juga akan membantu membuat rasa kopi menjadi lebih kompleks. Setelah di-roasting, masa simpan kopi hanya 1 minggu saja, selebihnya rasa dan aromanya akan hilang.

Saat Anda belajar roasting kopi, ketahui terlebih dahulu tahapan dalam proses roasting.

  1. Pastikan biji kopi memiliki kadar air 11% dan kelembapan sisa setelah proses pemanggangan adalah 4%.
  2. Kenali sifat kopi dan tentukan rasa kopi terbaik yang dapat diberikan biji kopi tersebut.
  3. Singkirkan rasa yang mengganggu pada kopi, seperti earthy, grassy, ​​tart, carbon, woody atau gangguan rasa lainnya sehingga proses roasting tidak berlangsung lama dan kopi tidak hangus.
  4. Masukkan biji kopi mentah ke dalam mesin roasting.
  5. Panggang biji kopi secara bertahap sampai berubah warna dari hijau menjadi kuning, lalu kuning kecoklatan, lalu cokelat muda, cokelat tua, cokelat kehitaman, dan terakhir hitam.
  6. Saat me-roasting ada 3 tipe dasar roasting, tergantung dari warna biji kopi, suhu roasting dan lama waktu roasting.
Baca Juga  Dasar Membuat Kopi Racikan Istimewa 1

Tingkat roasting yang paling banyak dijadikan patokan khususnya di Indonesia ada tiga tingkatan yaitu; light roast, medium roast, dan dark roast. Tingkatan tersebut paling umu digunakan untuk jenis biji kopi Arabika.

3 Hal yang diperlukan untuk Roasting Kopi Sendiri di Rumah

Belajar Roasting Kopi dengan Ahlinya

Belajar secara teori tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan praktek secara langsung. Anda belajar roasting kopi langsung di Coday Coffee Lab & Roastery dengan ahlinya. Coday Lab & Roastery adalah tempat untuk mempelajari ilmu kopi. Para ahli akan memandu Anda tentang cara me-roasting kopi dengan teknik yang benar dan tepat.

Tentunya dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Selain belajar teknik roasting kopi, Anda juga akan belajar manajemen roasting yang akan dibimbing langsung oleh tim pengajar yang terpercaya.

Dengan belajar roasting kopi disini, Anda akan mendapatkan fasilitas yang menarik, yaitu pendampingan, baik sebelum maupun sesudah pelatihan. Sertifikat menghadiri kelas roasting kopi, e-book, sharing dalam kelompok tentang kemajuan akademis dan banyak lagi.