Alat Roasting Kopi Manual

Alat Roasting Kopi Manual atau Otomatis?

Dalam dunia kopi, roasting merupakan salah satu hal yang penting selain dari biji kopi itu sendiri. Tata cara roasting atau sangrai menjadi ritual penting yang akan menghasilkan ciri khas rasa dari biji kopi tersebut. Maka tidak heran, pilihan alat roasting kopi manual atau otomatis seringkali menjadi andalan dari penikmat kopi itu sendiri. Lalu apa beda dari kedua alat roasting tersebut?

Untuk alat roasting kopi manual sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari yang tradisional hingga yang lebih modern yang bahkan bisa dipakai dirumah. Untuk alat roasting yang tradisional, ada yang menggunakan wajan biasa yang menggunakan api dari kayu bakar dan diaduk dengan kayu hingga yang menggunakan drum bekas minyak dengan ukuran besar.

Sedangkan yang lebih modern, umumnya sudah menggunakan metal yang lebih baik dalam menghantarkan panas dan dibuat dengan memiliki gagang untuk dapat memutar ruang sangrai kopinya. Dengan metode diputar tersebut, kopi akan lebih matang lebih merata. Hanya saja ada beberapa kelemahan dari alat roasting kopi manual ini yakni sebagai berikut:

  • Tenaga yang digunakan adalah tenaga manusia. Mau tidak mau Anda harus memutar alat roastingnya secara terus menerus hingga Anda mencapai target kematangan kopi Anda. Semakin matang kopinya, seperti dark roast, tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.
  • Pengaturan api juga menjadi salah satu kesulitan tersendiri dalam menggunakan alat sangrai kopi manual. Pasalnya, Anda tidak bisa mengukur suhu dari api tersebut dan sulit untuk memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sangrai kopi Anda. Meskipun demikian hal ini tidak akan menjadi masalah untuk mereka yang memang sudah berpengalaman.
  • Sulit untuk mempertahankan cita rasa hasil roasting karena dua alasan diatas. Namun memang sekali lagi, untuk mereka yang sudah berpengalaman di bidang kopi atau yang disebut sebagai Barista, hal ini mungkin tidaklah menjadi sebuah masalah.
  • Kesulitan lainnya dalam menggunakan alat roasting adalah sulit dan lama untuk dipelajari. Anda harus melakukan banyak uji coba dan memahami karakteristik alat sangrai itu sendiri. Apabila Anda ingin belajar tentang dunia kopi, Anda bisa mengunjungi situs coday.id yang menyediakan kursus Barista.
Baca Juga  Di Negeri Asli Miyabi, Kopi Nusantara ini Harganya Selangit

Ada banyak kelas kursus seperti uji cita rasa kopi, kelas roasting kopi yang mana ini akan sangat Anda butuhkan bila Anda ingin mengandalkan alat roasting kopi manual, hingga kursus untuk manual brew, espresso based dan juga manajemen coffee shop apabila Anda tertarik dengan bisnis di bidang minuman yang konon berasal dari Afrika ini.

Dengan pertimbangan mengenai tantangan dalam menyangrai kopi menggunakan alat roasting manual, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus di coday.id untuk membekali Anda dengan pengetahuan kopi yang lebih baik. Tak hanya menyediakan kelas kursus untuk menjadi Barista handal, coday.id sendiri juga menawarkan alat roasting kopi dengan merk Maestro.

Baca Juga  Membuat Kopi Blend dengan Memaksimalkan Biji Arabika dan Robusta

Berbeda dengan alat roasting manual. Maestro merupakan alat roasting kopi otomatis modern bermesin. Ada berbagai kemudahan yang ditawarkan, mulai dari kemudahan dari panel control yang user friendly atau mudah untuk digunakan, pengatur suhu yang dikehendaki sehingga dapat menghindari panas berlebih saat proses roasting dan berbagai fitur moden lainnya.

Kelebihan lainnya adalah pada sistem yang terintegrasi dengan baik sehingga Anda hanya perlu menuangkan biji kopi Anda, mengatur waktu dan panas untuk mencapai tingkatan roastnya. Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai. Yang tidak kalah penting lainnya adalah adanya log atau catatan mengenai roasting sehingga Anda dapat menjaga cita rasa hasilnya berulang kali.

Didesain dengan standar industri menggunakan teknologi canggih, Maestro merupakan mesin presisi yang sudah memiliki sertifikat baik dari dalam negeri berupa SNI hingga sertifikat Internasional. Tak hanya itu saja, Maestro juga sudah mengantongi sertifikat dari IPB yang semakin membuktikan kualitasnya sebagai sebuah mesin industri pangan.

Apabila Anda tertarik untuk membangun Industri kopi Anda, kunjungi coday.id baik untuk sekedar mengikuti kursus seputar kopi atau mungkin menginginkan untuk membawa pulang alat roasting kopi modern terbaik, Maestro. Selamat mencoba, jangan lupa untuk menyeduh kopi Anda hari ini.