Blog Kami

Tidak Ada Cara Cepat Menjadi Barista Meski Anda Seorang Nabi

Codays- Tidak Ada Cara Cepat Menjadi Barista Meski Anda Seorang Nabi. Memiliki ketrampilan dalam waktu sekejap adalah kemustahilan. Kecuali Anda seorang Nabi yang diberikan Tuhan sebuah mukjizat.

Toh seorang Nabi pun butuh waktu agar pantas diberikan mukjizat oleh Tuhan. Tidak ada yang bim salabim langsung jadi, yang ada adalah proses memantaskan diri. Meski sudah menjadi Nabi, toh Tuhan masih menurunkan ujian, bahkan ujiannnya lebih berat dibanding dengan manusia biasa lainnya.

Harus menghadapi para pembangkang, melawan arus pemaham orang umum pada saat itu. Hingga dilempari batu. Berarti untuk sampai ke level istimewa cobaan akan semakin berat. Tidak langsung bim salabim jadi Nabi.

Tapi, harus melewati banyak tahapan-tahapan ujian. Ketika sudah bisa melewati banyak ujian,  maka seseorang akan masuk tahap menjadi Nabi dan Rasul yang istimewa di mata Tuhan dan bisa mencerahkan banyak orang.

Baca Juga  Di Negeri Asli Miyabi, Kopi Nusantara ini Harganya Selangit

Nah, teman-teman semua, seorang Nabi saja butuh proses yang lama agar pantas disebut Nabi. Apalagi kita yang bukan apa-apa sejak lahir, untuk menguasai ketrampilan tertentu harus melalui proses. Jika ingin menjadi pilot yang ahli harus belajar dan praktik dengan jam terbang tinggi.

Bahkan jika ingin menjadi tukang angkat-angkat barang di pasar dan ahli mendapatkan konsumen di pasar juga  dibutuhkan waktu dan jam terbang tinggi. Termasuk ingin menjadi barista yang handal, juga dibutuhkan banyak waktu, belajar pada ahlinya, dan praktik dengan jam terbang tinggi. Apalagi sekarang sudah tidak ada lagi mukjizat, jadi harus mencintai proses.

Sejak kopi meledak di pasar dan dibukanya banyak kedai-kedai kopi, lalu didukung oleh film-film yang menceritakan kehidupan seorang barista,  profesi  menjadi barista kini mulai banyak digandrungi lapisan masyarakat. Bagi yang mau menjadi barista harus belajar dan praktik agar kelak menjadi barista profesional

Menjadi barista juga butuh proses yang harus melalui beberapa tahap. Nah berikut tips-tips dasar agar menjadi seorang barista:

Mengenal Beragam Jenis Kopi

Langkah awal untuk menjadi barista adalah mengenali beragam jenis kopi secara mendalam dari seluruh Indonesia. Untuk mendalami kopi, cara paing enak adalah mengikuti komunitas kopi yang sering mengadakan acara.

Setelah mengenal jenis-jenis kopi, maka langkah selanjutnya adalah mengenal teknik-teknik mengelola kopi hingga menyajikan kepada para penikmat kopi. Alhasil, luangkan waktu untuk belajar beragam jenis kopi dan macam-macam teknik mengelola kopi menjadi minuman yang digemari para penikmat.

Barista Coday

Mengikuti Kelas Barista

Jika sudah niat dan tekad bulat menjadi barista maka langkah yang pas adalah mengikuti kelas barista. Untuk meningkatkan ketrampilan dan menjadi barista profesional, mengikui kelas barista adalah kuncinya. Salah satu manfaat kelas barista ialah bisa belajar dengan para coach barista yang sudah professional dan memiliki jam terbang tingggi, sehingga pengetahuan tentang kopi semakin meningkat.

Baca Juga  Barista Juga Manusia

Magang dan Berteman Dengan Barista

Cara yang efektif, murah, bahkan tidak bayar agar mendapatkan banyak ilmu kopi adalah dengan magang di kedai kopi professional dan berteman dekat dengan barista. Proses magang di kedai kopi bisa menambha jaringan serta menambha ilmu-ilmu mengelola kopi bersama barista profesional yang mengelola kopi dengan beragam teknik.

Nah, agar mudah dan bisa belajar santai adalah berteman dekat dengan seorang barista. Minta untuk diberikan ilmunya dengan praktik lansung.

Ingat ya tidak ada yang bim salabim langsung jadi barista, jadi harus melewati beberapa tahap belajar. Bagi yang mau membangun karir menjadi barista, segera mulai dari sekarang belajar.