Blog Kami

Kursus Barista Jogja Tempat Belajar Meracik Vietnam Drip

Sekolah Barista Jogja

Kursus Barista Jogja – Bagaimana rasanya menjadi barista yang duduk bekerja dibalik mesin espresso gahar? Bagaimana cara meracik menu-menu kopi dengan berbagai teknik yang menghasilkan rasa asyik?

Bagaimana cara menciptakan Vietnam Drip atau latte art yang asyik, sehingga para tamu kedai kopi ketagihan?  Lalu bagaimana degup jantung saat kopi hasil kreasi dan kerja keras Bung & Nona dicecap penikmat?

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentu tidak melayang dalam kepala barista di kedai kopi yang sudah berpengalaman meracik kopi dan menyuguhkannya pada para penikmat. Pertanyaan-pertanyaan di atas tentu melayang di kepala Bung & Nona yang bercita-cita menjadi barista.

Pertanyaan tersebut tentu tidak wajib dijawab. Sebab bukan jawaban lisan yang dibutuhkan untuk menguasai ketrampilan meracik kopi. Yang wajib dilakukan adalah belajar meracik kopi dengan sunggu-sungguh.

Tanpa belajar meracik kopi, maka Bung & Nona tidak bisa merasakan duduk dibalik mesin espresso. Tanpa belajar, tentu tidak akan bisa meracik menu-menu kopi dengan rasa asyik.

Di Mana Tempat Kursus Barista Jogja?

Tanpa belajar, tidak akan bisa menciptakan Vietnam drip dan latte art asyik. Dan tanpa belajar pula, Bung & Nona tidak akan pernah merasakan degup jantung ketika emas hitam hasil kreasi dicicip para pecintanya.

Sama seperti bidang ketrampilan lain, ketrampilan meracik kopi juga butuh belajar. Keahlian meracik kopi ini memang spesial, sehingga tidak bisa dipelajari secara autodidak.  Harus ada pembimbing yang mengarahkan proses belajar dan pembimbingnya adalah orang yang sudah expert.

Baca Juga  Agus Prasetio Profesor Kopi Coday Lab & Roastery Jogja

Di Jogja, ada Coday Lab & Roastery Jogja. Tempat Kursus barista Jogja, bagi Bung & Nona. Memiliki ruang belajar yang asyik. Peralatan dan perlengkapan yang komprehensif. Kursus barista dengan materi dasar, seperti sejarah kopi hingga materi expert macam manajemen kedai kopi.

Materi menciptakan kopi seperti menu espresso hingga menu manual brew akan diberikan kepada para peserta sekolah barista. Bung & Nona yang ingin mewujudkan cita-cita jago meracik manual brew seperti Vietnam Drip dan Latte Art, tentunya wajib mengikuti kursus barista di Coday Lab & Roastery Jogja. Sehingga keinginan jago meracik kopi serta menjadi barista akan terwujud nantinya.

Belajar Vietnam Drip di Coday Lab & Roastery Jogja

Bung & Nona, Vietnam Drip merupakan menu manual brew spesial dan terkandung nilai sejarah. Al-hasil teknik meracik Vietnam Drip wajib dipelajari para calon barista. Mayoritas kedai kopi di Jogja dan di berbagai sudut kota lain, menyediakan menu Vietnam Drip.

Jadi, seseorang yang mendaku barista, wajib menguasai menu manual brew Vietnam drip. Oleh karena itu, Coday Lab & Roastery sebagai ruang kursus barista Jogja membuka kelas dengan materi Vietnam Drip.

Vietnam Drip merupakan menu kopi bersejarah. Setiap tetes-tetes yang jatuh, merekam sejarah  Vietnam.

Bung & Nona, sebelum mengikuti kursus barista di Coday Lab & Roastery Jogja, tentu harus membaca  sejarah munculnya Vietnam Drip. Agar Bung & Nona saat belajar Vietnam Drip, tahu asal-usul dan setelah mengetahui sejarahnya, Bung & Nona makin semangat mengikuti kursus barista.

Kursus Barista Jogja
Coday Lab & Roastery, tempat kursus barista di Jogja.

Jadi begini Bung & Nona kisahnya. Manual brew muncul saat krisis di Vietnam. Akibat perang Vietnam dari tahun 1957 – 1975. Sekitar tahun 1960-an, popularitas kopi espresso Italia terdengar hingga Vietnam.

Tanah Vietnam yang subur menumbuhkan kopi-kopi dengan rasa luar biasa telah membangun budaya ngopi masyarakat Vietnam. Akibat krisis, masyarakat Vietnam tentu tidak bisa menikmati kopi lagi. Dan tentunya tidak bisa menikmati kopi espresso.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Masyarakat Vietnam yang tidak bisa merasakan espresso, bergerak tangan-tangan kreatifnya mencoba menciptakan kreasi baru yang bisa menandingi rasa espresso yang tak bisa terbeli. Masyarakat Ingin merasakan kopi nikmat di tengah krisis, menandingi rasa espresso yang tidak bisa mereka nikmati. Alhasil lewat kerja keras, tercipta Vietnam Drip yang bisa dirasakan masyarakat Vietnam.

Kopi Vietnam Drip diproses dengan filter Vietnam yang berbentuk tabung, plunger, dan tutup. Proses pembuatan Vietnam Drip sangat sederhana. Proses awal adalah menyiapkan gelas dan filter Vietnam. Setelah peralatan siap, masukkan 10 gram bubuk kopi ke filter.

Kemudian tuang air panas ke dalam bubuk kopi yang ada di filter. Setelah menuang air panas ke dalam filter, tutup filter, sehingga bubuk kopi terekstraksi, jatuh pelan-pelan melewati lubang. Setelah tetesan sudah tidak deras, silahkan cek dengan membuka filter.

Saat air sudah jatuh semua, Vietnam Drip sudah jadi, tinggal dinikmati dengan santai sambil bercengkrama dengan keluarga dan kawan. Bagi Bung & Nona, yang suka manis, sebelum menuang air  ke dalam filter, letakkan susu. Sehingga muncul rasa manis dalam kopi Vietnam Drip.

Ayo bung & nona ikuti kursus Vietnam Drip di Coday Lab & Roastery Jogja.

Surganya Kopi Ada di Jogja

Kursus barista Jogja di Coday Lab & Roastery menjadi surga kopi. Apa saja yang Bung & Nona inginkan tentang kopi, semuanya tersedia di Coday Lab & Roastery.

Bung & Nona bisa mengikuti kelas barista. Belajar macam-macam teknik meracik emas hitam, semuanya ada di Coday Lab & Roastery Jogja.

Mesin roasting gahar yang diimpikan para pecinta kopi, tersedia di Coday Lab & Roastery.  Setiap kopi yang belum dipanggang, bisa Bung & Nona bawa untuk diroasting.

Berbagai macam jenis kopi dari tanah nusantara juga tersedia di Coday Lab & Roastery. Bung & Nona yang ingin merasakan Kopi Gayo, tak perlu jauh-jauh ke Gayo. Bung & Nona yang kangen dengan kopi Java Preanger, tak perlu jauh-jauh ke Bandung. Berbagai jenis kopi nusantara yang aroma dan rasanya menendang lidah, ada di Coday Lab & Roastery Jogja.

Ayo berkunjung ke Coday Lab & Roastery, surganya kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *