Blog Kami

Kursus Barista & Tempat Roasting Kopi Terbaik Jogja

jasa roasting kopi

Kursus Barista – Jogja tidak hanya menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Jogja tidak hanya menjadi ruang menikmati kopi sambil ngobrol santai bareng teman di kedai-kedai kopi yang banyak didistribusikan di sudut-sudut kotanya yang istimewa.

Pernah tidak Bung & Nona bertanya. Di mana tempat memproses kopi mulai dari penyimpanan kopi dari petani, kemudian proses pemilihan biji? Lalu bertanya di mana proses memanggang kopi terbaik? Di mana proses penggiling kopi? Siapakah suplai kopi di kedai-kedai kopi Jogja terpenuhi?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sering dipikirkan oleh banyak orang yang ngobrol santai sambil menikmati kopi. Pertanyaan itu cewek dimaklumi, sebab kita sudah terlena dengan kenikmatan kopi.

Nah, bagi yang sekarang di mampir pertanyaan proses pemilihan biji kopi, tempat memanggang kopi terbaik dan proses penggiling kopi di Jogja. Berikut Bung & Nona cerita tentang tempat pemilihan kopi, tempat memanggang kopi terbaik, dan penggilingan kopi terbesar di Jogja.

Coday Lab & Roastery, Tempat Roasting Kopi Terbaik Jogja

Tempat untuk melakukan proses pemilihan biji kopi, tempat memanggang kopi, dan pengilingan kopi tersebut, ada di Coday Lab & Roastery Jogja. Sebuah tempat khusus yang dibangun untuk mengelola kopi, dari proses penyimpanan pasca panen, pemilihan biji kopi, kopi panggang, kopi penggilingan, hingga proses pengemasan kopi siap saji.

Gedung Coday Lab & Roastery Jogja terletak di Bantul. Persisnya di Jalan, Ahmad Wahid No 53 Sampangan, Mantup, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Silahkan Bung & Nona cek di Google Maps untuk melihat rutenya.

Bung & Nona, Coday Lab & Roatery memiliki mesin pemanggang yang sangat besar. Jadi, Bung & Nona yang memiliki kedai kopi, namun tidak memiliki alat memanggang, datang saja ke Coday Lab & Roastery untuk melakukan memanggang kopi sesuai keinginan.  

Memanggang kopi
Proses roasting kop di Coday Lab & Roastery Jogja.

Untuk menyesuaikan keinginan Bung & Nona dalam proses memanggang kopi yang berbeda-beda tingkatannya, tentu perlu ahli memanggang. Nah, di Coday Lab & Roastery ada Profesor Kopi Agus Prasetyo.

Proses memanggang kopi yang dibagi menjadi beberapa tahap seperti panggang ringan, panggang sedang, panggang gelap sedang dan panggang gelap tentu saja membutuhkan komunikasi dengan Profesor Kopi. Oleh karena itu, saat Bung & Nona mau memanggang kopi, langsung saja cerita santai tentang pemanggangan yang diinginkan.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Bung & Nona Coday Lab & Roastery menerima roasting kopi dengan berat minimal 2 kilogram. Biaya roasting juga sangat terjangkau, hanya Rp.20.000 per Kilogram. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi semua pemilik kedai kopi di seluruh Jogja yang ingin memanggang kopi untuk kebutuhan kedai, namun belum memiliki alat memanggang.

Selain pemilik kedai kopi, Bung & Nona yang mengonsumsi kopi untuk kebutuhan keluarga, juga bisa memanggang kopi di Coday Lab & Roastery. Sambil memanggang kopi, Bung & Nona bisa ngobrol-ngobrol santai bersama profesor kopi tentang banyak hal.

Mulai dari proses memanggang kopi, menyeduh kopi, teknik penyeduhan kopi, serta ngobrol bareng tentang tata cara menjadi barista yang bisa meracik kopi dan menyuguhkan kopi terbaik untuk para pecinta kopi.

Tempat Kursus Barista Jogja

Saat Bung dan Nona, sudah siap minum kopi, tak ada salahnya untuk mencoba belajar meraci kopi. Keluaran dari belajar meracik kopi tentu sangat banyak. Bung & Nona bisa beli untuk meracik kopi di rumah. Buat setiap pagi atau sore, kopi terbaik tersaji.

Bahkaan keahlian meracik kopi tersebut, bisa digunkan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Misal untuk kerja di kedai kopi. Menjadi seseorang yang bekerja dibalik mesin espresso dan macam-macam alat pembuatan bir manual. Ditambah lagi, ketrampilan kopi meracik bisa digunakan untuk membangun bisnis kedai kopi.

kursus barista
Proses kursus barista di Coday Lab & Roastery Jogja.

Ngobrol-ngobrol bersama Profesor Kopi, pasti ngobrol tentang perkembangan dunia barista. Yap memang ngobrol roasting tak akan jauh dari dunia barista. Sebab, hasil memanggang akan diolah oleh tangan-tangan barista kreatif.

Tangan kreatif barista tidak dapat muncul begitu saja. Harus ada kelas pendampingan bagi para barista untuk melatih teknik kopi dan membangun kreativitas.

Baca Juga   Perbedaan Aroma Kopi Arabika dan Robusta

Nah, Coday Lab & Roastery Jogja tidak hanya menjadi tempat memanggang kopi. Coday Lab & Roastery juga menjadi tempat sekolah barista di Jogja . Tempat asyik yang sangat terbuka untuk siapa saja yang berniat belajar meracik kopi profesional.

Mengikuti kursus barista di Coday Lab & Roastery sama seperti mengikuti kelas di kampus. Bila di kampus, mahasiswa suka ilmu ekonomi bisa mengambil jurusan ilmu ekonomi. Maka di Coday Lab & Roastery, bagi yang mau belajar seni Latte Art bisa mengambil materi kursus latte art.

Pelatihan di Coday Lab & Roastery Jogja, berisi materi-materi yang disesuaikan dengan kebutuhan para calon barista. Dapat tercipta barista-barista profesional yang siap meracik kopi di kedai-kedai kopi seluruh Indonesia.

Materi Kursus Barista di Coday Lab & Roastery Jogja

Kursus barista Coday Lab & Roastery Jogja menawarkan kelas dengan macam-macam materi.

Pertama , kursus barista berisi materi dasar yang berhubungan dengan kopi. Seperti sejarah kopi dunia dan Indonesia, Jenis-jenis kopi dari seluruh tanah, bahan tingkat memanggang kopi dan bahan mengenal citarasa dari berbagai jenis kopi.

Kedua , Sekolah Barista materi Pembuatan Bir Manual. Ada banyak menu-kopi yang diolah dengan menggunakan minuman manual. Nah, Bung & Nona yang ikut sekolah barista di Coday Lab & Roastery akan diberi materi pembuatan bir manual. Dari Vietnam Drip hingga Siphon.

Ketiga , Coday Lab & Roastery tidak hanya berisi bahan dasar dan minuman manual, ada juga bahan Berbasis Espresso & Latte Art. Kursus barista bahan berbasis espresso akan meminta macam-macam peralatan mesin espresso serta teknik pembelian. Nah, yang paling seru, Bung & Nona dapatkan materi latte Art Pattern.  

Baca Juga  Coday Lab & Roastery School of Coffee

Keempat , warung kopi materi manajemen. Materi yang ini materi spesial. Sebab masih jarang diberikan kepada para barista. Tentunya bahan manajemen Coffee Shop sangat pas diikuti oleh Bung & Nona yang sudah menjadi barista di kedai kopi, namun belum bisa mengelola kedai kopi secara baik dan benar.

Dengan bahan manajemen coffee shop, para barista bisa memiliki dua skill sekaligus. Ahli meracik kopi sekaligus ahli dalam menjalankan bisnis kopi agar terus berkelanjutan .

Dengan materi yang sangat didukung, Coday Lab & Roastery Jogja berharap semua yang lulus dari barista bisa menjadi barista-barista profesional yang siap mengisi pos-pos di kedai-kedai kopi seluruh Indonesia. Di tambah lagi tercipta barista-barista profesional yang dapat menjalankan proses bisnis kedai kopi.

Ayu Bung & Non ikut kursus barista di Coday Lab Roastery Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *