Blog Kami

Coffee Roastery Terbaik Indonesia

Coffee roastery terbaik Indonesia

Coffee Roastery Terbaik Indonesia – Tepat di Jalan Ahmad Wahid Nomor 53 Sampangan, Mantup, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, berdiri gedung megah dengan suasana asyik. Saat memasuki gedung, rasanya masuk ke dalam dunia kopi.

Di dalamnya, ada banyak gelas uji cita rasa serta peralatan meracik kopi. Tampak karung-karung berisi kopi berjejer. Tampak gagah mesin roasting untuk memanggang kopi. Tampak orang-orang yang sibuk memilih kopi, dan tampak pula  kopi yang dikemas dengan kemasan menarik, siap didistribusikan.

Dunia kopi yang berdiri di Yogyakarta ini dikenal dengan nama Coday Coffee Lab & Roastery. Sebuah coffee roastery terbaik Indonesia.

Tampak dari jalan, tulisan Coday Lab & Roastery terpampang  jelas depan gedung. Seakan menunjukkan jati dirinya sebagai tempat mengembleng sumberdaya manusia yang siap meracik kopi, menjalankan roda kedai kopi, ruang meningkatkan nilai tambah kopi, dan destinasi wisata kopi di Jogja.

Saat melangkahkan kaki melewati gerbang gedung, mata akan disambut kursi-kursi berwarna coklat yang pas untuk nongkrong santai sembari menikmati sajian kopi hasil kreasi barista Coday Network.  Semakin masuk ke gedung, mata memasuki dunia kopi, ya dunia kopi.

“Sejauh mata memandang, mata selalu melihat kopi, sedalam menghirup udara, tercium aroma kopi.” Sebuah kalimat ringkas untuk mengambarkan dunia kopi Coday Coffee Lab & Roastery.

Dari Mesin Roasting Hingga Profesor Kopi

Coffee roastery terbaik Indonesia ini memiliki mesin roasting besar yang siap melayani pecinta kopi memanggang kopi kesukaannya. Mau roasting dengan tingkatan Dark Roast, Medium Roast, dan Light Roast semuanya bisa dikerjakan di Coday Lab & Roasterdy Jogja.

Proses roasting kopi akan ditangani langsung oleh Profesor kopi Agus Prasetyo. Ahli perkopian yang sudah dikenal banyak pelaku bisnis kopi dan para pengambil kebijakan. Profesor yang sudah sangat dikenal publik.

Baca Juga  Coday Lab & Roastery School of Coffee

Para pengambil kebijakan sudah sering menjadikan Profesor kopi sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan kopi. Pelaku bisnis kopi tanah air juga sering mengandeng profesor kopi untuk dijadikan juri dalam acara-acara kompetisi barista.

Input dan Output semua proses roasting di Coday Lab & Roastery ditangani langsung oleh ahlinya. Laboratorium kopi dan tempat roasting kopi asal Bantul ini sangat sungguh-sungguh memajukan dunia kopi. Semua proses yang telah dijalankan dan dikembangkan ditangani oleh orang-orang profesional.

Produktif Mengembangkan Dunia Kopi 

Coffee roastery terbaik Indonesia sangat terbuka bagi siapa saja, tidak memandang usia, gender, tingkat pendidikan dan jenis komunitas. Mau remaja, orang tua, laki-laki, perempuan, semua yang suka dan tertarik pada dunia kopi bisa datang ke Coday Lab & Roastery.

Proses mengelola kopi di  Coday Lab & Roastery  alurnya sangat panjang. Tidak hanya fokus pada proses roasting biji kopi saja. Ada banyak hal-hal produktif lain yang dijalankan dan dikembangkan untuk memajukan perkopian Indonesia.

Coffee Roastery Terbaik Indonesia
Produk Banyuwangi Blue Mountain Coday Lab & Roastery Jogja.

Mulai dari tempat menyimpan kopi pasca panen, laboratorium untuk uji citarasa kopi, mengemas bubuk kopi dan memasarkannya bersama peralatan kopi. Dan yang paling mencengangkan, membuka sekolah barista.

Semua hal yang telah dan sedang dilakukan Coday Lab & Roastery, mulai dari meningkatkan nilai tambah kopi hingga mengembangkan sumber daya manusia siap mengelola kopi,  bertujuan untuk mengembangkan serta memajukan perkopian Indonesia. 

Menjadi Kawah Condrodimuko Barista Indonesia

Coday Coffee Lab & Roastery  memiliki  mesin roasting, grinder, mesin espresso, peralatan membuat menu-menu manual brew serta  peralatan tes cita rasa kopi. Orang-orang yang menjalankan roda coday lab & roastery juga orang profesional.

Namun, Coffee roastery terbaik Indonesia yang terletak di Jogja ini  sadar bahwa hal yang lebih penting setelah memiliki infrastruktur lengkap dan sumber daya manusia yang profesional adalah kaderisasi barista dan manajer kedai kopi.  Dua mesin yang mendorong kedai kopi bergerak maju.

Mencetak manusia-manusia yang ahli meracik kopi dengan berbagai pendekatan, paham karakter kopi, dan menguasai ilmu manajemen kedai kopi. Sehingga muncul sumber daya manusia yang mampu membawa industri  kopi Indmemberikan dampak multiplier efek besar terhadap perekonomian rakyat Indonesia. Terutama para petani kopi dan pemilik-pemilik kedai kopi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ruang kaderisasi barista dan manajer kedai kopi akhirnya dibangun. Fasilitas dibangun dan pembimbing calon-calon barista serta manajer kedai kopi siapkan.  Realita tersebut menggiring Coday Lab & Roastery membuka sekolah barista. Kawah Condrodimuko untuk menggembleng barista-barista keren dan manajer kedai kopi dengan skill  dewa.

Coffee roastery terbaik Indonesia
Kreasi para calon barista yang sedang belajar meracik kopi di sekolah barista Coday Lab & Roastery Jogja.

 

Sekolah barista membangun kurikulum yang pas serta menyesuaikan pergerakan zaman. Dibuka kelas dasar kopi seperti sejarah kopi,  jenis-jenis kopi, pengenalan profil roasting kopi dan metode uji citarasa kopi.

Sekolah Barista Coday Lab & Roastery Jogja membuka kelas Manual Brewing. Mulai dari teknik menciptakan kopi dengan teknik Hario V60, Kalita Wave, Freenchpress, Vietnam Drip, hingga Syphon. Di samping itu, ada materi Espresso Based & Latte Art. Materi yang wajib diikuti oleh para calon barista supaya menjadi barista profesional.

Untuk membangun skill barista, Coday Lab & Roastery menyiapkan orang-orang yang ahli memutar roda manajemen kedai kopi.  Ruang pendidikan bagi manajer kopi kemudian dibuka lebar untuk menampung semua orang yang ingin belajar manajemen kedai kopi. Output yang diharapkan setelah mengikuti kelas manajemen kedai kopi adalah munculnya ahli manajamen kedai kopi yang tesebar di Indonesia.

Destinasi Wisata kopi Terbesar Jogja

Julukan sebagai Coffee Roastery terbaik Indonesia memang sangat pantas diterima Coday Coffee Lab & Roastery Jogja. Kenapa? Karena Coday Lab & Roastery memiliki fasilitas serta program yang sangat komprehensif untuk kemajuan dunia kopi di Indonesia.

Fasilitas roasting kopi dibangun. Membuka relasi dengan petani kopi di seluruh nusantara. Laboratorium uji cita rasa dirikan. Sekolah untuk  peningkatan sumber daya manusia yang siap menjadi barista serta manajer kedai kopi dibuka lebar.

Para pengemar kopi dimanjakan dengan kreasi-kreasi kopi asal nusantara. Ruang nongkrong dan ngobrol disedikan dengan kursi-kursi dan meja yang nyaman. Sebuah langkah yang luar biasa demi memajukan perkopian Indonesia dimasa kini dan masa depan.

Langkah demi langkah untuk mengenalkan kopi sebagai emas hitam yang wajib dipelajari serta memiliki  potensi besar, mulai dikenalkan kepada publik.  Keputusan Coday Lab & Roastery sebagai destnasi wisata kopi di Jogja adalah langkah besar yang diambil untuk mengenalkan ilmu kopi dan potensi kopi kepada publik.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Pintu Coday Lab & Roastery dibuka lebar bagi wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Semuanya dipersilakan untuk datang. Anak-anak muda yang mau ikut sekolah barista dipersilahkan datang. Komunitas-komunitas yang ingin mengenal lebih dekat proses pengelolaan kopi  dipersilahkan hadir.

Mahasiswa-mahasiswi kampus dibukakan pintu yang sangat lebar, untuk mengenal lebih dekat proses pengelolaan kopi dari dasar hingga puncak. Institusi pemerintahan yang ingin beekrjasama mengembangkan kopi Indonesia dari berbagai sudut, juga dibukakan pintu yang sangat lebar.

Siapa saja yang ingin berkerjasama dan belajar, akan disambut dengan tangan terbuka, suasana yang  hangat, disuguhi ilmu kopi, serta disuguhi macam-macam kopi.

Di era kini, wisata sambil belajar adalah kunci mendapatkan kebahagiaan, pengalaman dan ilmu baru. Oleh karena itu destinasi wisata kopi di Jogja istimewa ini wajib disambangi untuk menambah pengalaman dan ilmu  kopi yang sangat luas.

Supaya makin seru, ada baiknya bertandang ke coffee roastery terbaik Indonesia dengan teman-teman. Mau teman sekantor, sejurusan kampus, serta sekomunitas. Semakin banyak yang ikut, semakin seru belajar mengelola kopi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *