Blog Kami

Anda Ingin Teko Kopi Anda Bersih Mengkilat?

coday.id_cara membersihkan teko kopi

Coday- Bagi Anda yang gemar menikmati kopi nikmat di pagi hari tentu akan menemukan teko kopi Anda kotor pada akhirnya. Jika teko sering digunakan untuk menampung kopi maka warnanya akan berubah yang biasanya putih bersih menjadi kecoklat-coklatan karena noda kopi.

Lantas bagaimana cara membersihkan teko kopi?

Jika Anda  tinggal di daerah yang airnya mengandung kalsium karbonat maka akan ada penumpukan. Hal itu akan membuat kopi terasa sedikit pedas. Jika Anda tinggal di negara yang iklimnya panas maka pertumbuhan jamur akan lebih banyak.

Jika kasusnya seperti itu makan sebaiknya bersihkan teko kopi setidaknya sebulan sekali terutama untuk proses bleaching. Tapi ini dilakukan dengan beberapa teknik untuk bleaching. Apabila memungkinkan cucilah komponen yang bisa dilepas di tempat cucian piring. Jangan biarkan bubuk kopi tertinggal di mesin kopi atau tempatnya.

Cuka

Pada bahasan sehari yang lalu kami membahas cuka untuk membersihkan alat pembuat kopi. Memang cuka sangat efektif untuk membersihkan kerak caranya cukup campur air dengan cuka. Lalu bilas dan lap untuk mengeringkannya.

Bubuk soda kue

Soda kue adalah pilihan yang ekonomis membersihkan peralatan kopi. Cukup buat campuran sekitar seperempat cangkir baking soda hingga seperempat galon air hangat. Isi panci dengan air lalu panaskan. Setelah satu jam atau lebih, hidupkan mesin lalu gosok panci dengan spon.

Baca Juga  Coffee Lab Instagramable Jogja

Jangan coba-coba menggosok dengan bahan kasar seperti sikat besi karena akan meninggalkan goresan pada teko. Bubuk soda  bisa membersihkan kuman yang mungkin mengancam kesehatan Anda.

Pemutih

Pemutih pembersih yang sulit dikalahkan dengan pembersih lainnya, karena sifatnya menseterilkan, tetapi tetap berhati-hatilah dengan pemutih terutama jika mengenai tangan. Maka berhati-hatilah saat membersihkan alat pembuat kopi. Untuk membersihkan panci, pemutih lebih baik dicairkan dan ahanya beberapa sendok makan saja.

Jika sudah gunakan air panas lalu isikan pada teko lalu tunggu sebentar untuk memastikan produk pemutih itu tersisa. Lalu tuang air dan cuci dengan sabun cuci.

Lemon

Lemon adalah salah satu buah-buahan citrus yang bisa dimakan atau untuk non konsumsi. Sari lemon  terdiri dari 5 hingga 6% asam sitrat yang memmbuat rasanya asam.

Lemon biasanya diolah menjadi jus, limun, pie, pancake dan dapat dijadikan campuran salad atau acar. Lemon juga digunakan untuk masalah kecantikan seperti menghilangkan flek hitam,  mencerahkan kulit wajah, memutihkan ketiak dan selangkangan hitam. Serta banyak manfaat kesehatan dan kecantikan lain karena mengandung vitamin C, antioksidan dan antibakteri dalam jumlah yang cukup tinggi.

Baca Juga  Black Ivory, Kopi Seharga  Emas

Tapi lemon bisa digunakan untuk mengatasi noda kopi pada mug atau teko. Biasanya noda-noda yang membandel. Caranya dengan menuangkan air panas ke dalam  mug atau teko lalu peras lemon. Diamkan selama satu malam setelah itu cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci piring. Simpel bukan?

Nanas

Nanas adalah buah tropikal yang memiliki kandungan vitamin c.  Selain itu juga mengandung vitamin b, berbagai mineral seperti mangan dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim  proteolitik yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Nanas dapat dikonsumsi langsung, atau dengan  campuran salad bahkan dibuat menjadi jus dan minuman lainnya.

Selain itu nanas  juga  bisa dipakai untuk membersihkan noda kopi pada mug atau teko kesayangan Anda. Caranyany potong buah nanas tersebut, ambil bagian tengahnya yang keras , lalu gunakan untuk menggosok-gosok noda, kemudian cuci seperti biasa menggunakan sabun pencuci piring dan bilas sampai bersih.

Itu adalah bahan-bahan yang bisa Anda pilih untuk mencuci teko kopi hingga kinclong dan warnanya tetap sama seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *