Blog Kami

Tips Buat Usaha Franchise Kopi Menjadi Laku Keras

Usaha Franchise Kopi

Usaha Franchise Kopi – Usaha Franchise memang usaha yang mudah. mudah untuk dijalankan dan mudah juga untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini karena usaha Franchise merupakan usaha yang sudah memiliki nama yang besar dan manajemen yang baik.

Bung dan Nona yang ingin menjalankan usaha Franchise tetap perlu memperhatikan beberapa hal supaya bisa berjalan secara maksimal. Supaya tidak keliru, berikut ini merupakan tips untuk Bung dan Nona yang akan menjalankan usaha Franchise.

Tips Bangun Usaha Franchise Kopi Supaya Laku Keras

  • Cari Tahu Seluk Beluk Franchisor

Sebelum memulai untuk menjalankan usaha ini, Bung dan Nona perlu memperhatikan dengan seksama Franchise yang hendak dipilih. Bung dan Nona perlu memperhatikan beberapa hal sebelum milih Franchise tersebut.

Baiknya Bung dan Nona perlu mengenali brand beserta ketentuan-ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak mereka. Ketentuan seperti fee, sistem franchise, kontrak kerja yang seperti apa dan lain sebagainya.

Bung dan Nona juga perlu membandingkan antara Franchise yang satu dengan yang lainnya. Perlu juga untuk memperhitungkan dengan matang. Bung dan Nona harus menerapkan prinsip ekonomi. Dimana Bung dan Nona mengeluarkan modal yang seminim mungkin untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Setiap usaha waralaba pasti memiliki kebijakan masing-masing untuk mengatur kerjasama diantara Kalian. Setiap brand juga pasti memiliki standard operasional yang baik. Perhatikan sistem waralaba yang baik. Biasanya usaha Franchise yang memiliki aturan yang lebih ketat lebih layak untuk dipilih.

  • Tentukan Lokasi yang Tepat

Setelah mendapatkan frenchisor yang tepat. Kini saatnya Bung dan Nona memilih tempat yang tepat pula. Bung dan Nona harus menentukan lokasi yang kelak dijadikan tempat usaha. Jika Bung dan Nona ingin usaha Franchise menggunakan booth, tentu Bung dan Nona perlu memperhatikan letak stand atau boothmu supaya mudah terlihat oleh orang banyak.

Apabila ingin membuka suatu kedai, Bung dan Nona juga perlu memperhatikan tempat yang strategis, tempat yang cozy, hingga parkiran yang luas. Menentukan lokasi disisi lain juga menentukan potensi pasar dari usaha Franchise yang Bung dan Nona pilih.

Selama menjalankan bisnis ini, harus selalu mengenali daya minat dan beli lingkungan sekitar. Sebagai pelaku usaha juga wajib menganalisis potensi supaya Bung dan Nona bisa mendapatkan gambaran berapa lama lagi modalmu bisa kembali.

  • Terus Berinovasi

Ketika bisnis franchise tersebut sudah berjalan dan ramai, wajib hukumnya untuk selalu melakukan inovasi. Lakukanlah inovasi yang tidak melenceng dari kontrak kerja yang sudah ada. Lakukan promosi yang gencar.

Baca Juga  Usaha Coffee Shop yang Awet Sepanjang Masa

Manfaatkan juga media sosial yang ada. Misalnya Bung dan Nona bisa mempromosikan usahamu itu di Instagram atau Facebook. Berikan promo-promo menarik yang bisa menggugah minat orang-orang. Bisa juga Bung dan Nona membuka booth atau stand di acara tertentu.

Peluang Usaha Kedai Kopi di Jogja

Menurut seorang ahli kopi Agus Prasetio, kedai kopi kini sudah menjadi destinasi kuliner terbaru di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan mulai banyaknya peralihan budaya minum teh menuju budaya minum kopi.

Selaras dengan fenomena minum kopi yang saat ini sudah beralih menjadi gaya hidup siapa saja. Mulai dari orang tua hingga anak sekolah. dengan melihat hal tersebut ini menandakan bahwa usaha kedai kopi merupakan usaha yang menjanjikan.

Menurut Agus Prasetio terdapat tiga syarat penting yang harus dipenuhi oleh kedai kopi supaya minuman yang diracik dapat dinikmati oleh para konsumen. Ketiga syarat tersebut adalah virgin, fresh dan teknik yang tepat dalam menyajika kopi.

Menurut Agus dalam acara grand opening salah satu kedai kopi di Jogja, membuka bisnis kopi di Yogyakarta adalah usaha yang menjanjikan. Terbukti dengan kehadiran kedai kopi di Jogja yang hingga kini mencapai 1.100 kedai yang sudah terdaftar, sedangkan masih banyak kedai kopi yang masih belum terdaftar bisa mencapai lebih dari itu.

Menjalani suatu bisnis kopi pada dasarnya lebih baik harus siap konsisten dan ada passion dari pemiliknya. Hal ini dikarenakan bisnis kopi seperti usaha franchise kopi tidak hanya bisnis yang menjual minuman saja, namun juga menjual rasa. Seperti halnya meracik kopi adalah sebuah karya seni. Menyajikan secangkir kopi yang nikmat juga menjadi cerminan dari kedai kopi tersebut.

Paket Usaha Coday Adalah Usaha Franchise Kopi Terbaik Di Jogja

Bung dan Nona yang berada di Jogja dan ingin mencoba usaha kopi, wajib untuk datang ke Coday Coffee Lab & Roastery. Coday Coffee Lab merupakan tempat yang tepat untuk orang-orang yang ingin mendalami dunia perkopian. Mulai dari belajar menjadi seorang barista handal hingga membuka usaha kopi sendiripun bisa.

Bung dan Nona yang ingin belajar menjadi seorang barista, Bung dan Nona bisa mengikuti kelas barista. Dalam kelas tersebut tersedia beraneka ragam jenis kelas yang bisa Bung dan Nona ikuti untuk menjadi seorang barista. Kalau Bung dan Nona ingin memiliki usaha kedai kopi sendiri, Bung dan Nona bisa mencoba paket usaha franchise yang meliputi :

  • Paket Coffeepreneur

Paket usaha Coday yang pertama adalah Paket Coffeepreneur. Paket in adalah paket yang menyediakan segala kebutuhanmu saat membangun sebuah kedai kopi. Paket ini dibandrol mulai dari Rp. 14.000.000,00 saja.* Bung dan Nona sudah mendapatkan fasilitas seperti electric grinder, manual tools, roasted bean, other ingredients, other equipment, training package, SOP & barista guidance.

Jika Bung dan Nona mencoba paket ini, Bung dan Nona hanya perlu mencari tenaga karyawan dan tempat untuk mendirikan boothmu. Bisa juga Bung dan Nona mencari sebuah kios dan menggunakan gerobak untuk penampilan yang lebih trandy.

  • Paket Coffee Express

Alternatif usaha franchise lainnya dari Coday Coffee Lab adalah Paket Coffee Express. Paket ini merupakan paket yang pada dasarnya hampir sama dengan paket sebelumnya. Namun, paket ini hadir lebih lengkap dari paket yang sebelumnya.

Baca Juga  Perlindungan Hukum Bagi Barista Perempuan

Paket Coffee Express ini dibandrol dengan harga Rp. 95.000.000,00.* Dengan harga tersebut Bung dan Nona mendapatkan peralatan dan bahan yang lebih lengkap. Misalnya saja ada tambahan seperti mesin espresso. Mesin ini sangat berguna untuk membuat minuman espresso bassed. Alat ini bisa lebih memudahkanmu menyajikan minuman yang berbahan dasar espresso.

  • Paket Usaha Coffeeshop

Coday Coffee Lab juga menyediakan layanan paket usaha untuk kalian ingin memiliki coffee shop pada umumnya. Coday menghadirkan paket usaha Coffeeshop untuk mendirikan coffee shop sungguhan.  Paket ini diperuntukan kepada Kalian yang memiliki dana lebih untuk membangun sebuah kedai kopi.

Harganya dibandrol mulai dengan dari Rp 125.000.000,00. Fasilitasnya tentu jauh lebih lengkap dari yang sebelumnya. Paket usaha Coffeeshop ini hadir dengan fasilitas seperti , manual brewing tools, espresso machine, mini a electric grinder, electric grinder, roasted bean, training package, bussiness consultation, quality control, marketing guidance, SOP & Barista Guidance.

Itulah tadi sekilas tips buat usaha franchise kopi menjadi laku keras beserta rekomendasi tempat yang menyediakan paket franchise terbaik di Jogja. Untuk Bung dan Nona yang berada diluar Kota Jogja tak perlu kawatir, Coday Coffee Lab & Roastery melayani hingga sampai ke daerah di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Coday Coffee Lab & Roastery, Bung dan Nona bisa langsung buka saja website Kami. Jangan lupa ikuti media sosial Kami untuk mendapatakan informasi dan promo menarik di Instagram @codaycoffeelab. Semangat Guys!

 

*harga sewaktu-waktu dapat berubah.