Blog Kami

Biaya Kursus Barista di Jogja

Biaya Kursus Barista di Jogja

Biaya kursus barista di Jogja – Gaji Barista di dunia berbeda-beda. Tentu saja gaji barista di luar negeri atau dalam negeri sangat dipengaruhi oleh jam terbang.

Bung & Nona setiap langkah yang besar diawali dengan langkah kecil.  Bagi Bung & Nona yang baru lulus kursus barista, jangan tergiur dulu dengan gaji yang tinggi.

Jadikan langkah awal menjajaki dunia barista sebagai proses lepas landas. Biasanya proses lepas landas memang agak berat. Namun, saat konsisten dijalani, maka Bung & Nona akan memiliki jam terbang yang tinggi.

Jam terbang yang tinggi akan diikuti pula dengan kualitas upah yang tinggi. Bung dan Nona tentu sangat suka dengan gaji tinggi. Nah, di beberapa negara gaji barista yang sudah memiliki jam terbang tinggi memiliki gaji yang tinggi pula.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Di Amerika, gaji sosok yang berdiri  dibalik mesin espresso ini  bisa menembus angka 189 juta. Gaji yang tentunya fantastis sekali. Italia, negeri di mana Angelo Mariondo membangun kreasi mesin espresso, jumlah gaji barista bisa menembus 158 juta.

Di Inggris, tempat bertahta Ratu Elizabeth jumlah gaji barista profesional menembus angka 26 Juta. Di negeri Kangguru, gaji barista mencapai angka 195 juta.

Nah, bung dan nona tentu ingin menjadi barista profesional dengan gaji yang fantastis. Namun, sebelum mencapai tingkatan tersebut, bung  dan nona harus belajar meracik kopi pada ahlinya. Di tambah lagi, harus berani menjajaki kerja dunia barista secara konsisten.

Gaji Barista di Indonesia

Bung & Nona yang ingin berkarier dalam negeri, juga perlu belajar meracik kopi dengan mengikuti kelas barista. Lewat kelas barista Bung & Nona bisa belajar macam-macam metode mengolah kopi. Ditambah lagi saat mengikuti kelas barista, Bung & Nona mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk mendaftar masuk ke dalam dunia kerja barista.

Gaji barista di Indonesia tentu sangat berbeda-beda. Tergantung wilayah kerja yang tentunya sesuai Upah Minimum Regional (UMR) serta  jam terbang. Yap seperti profesi lain, semakin tinggi jam terbang semakin tinggi pula gajinya.

Bagi Barista yang di Jakarta, gajinya sesuai dengan gaji UMR Jakarta. Saat ini UMR Jakarta 3, 9 Juta, maka gaji barista di Ibu Kota juga 3,9 Juta.  Jika Bung & Nona berada di wilayah dengan upah regional yang tinggi, maka tinggi pula upah yang didapatkan, begitu juga sebaliknya.

Biaya Kursus Barista di Jogja
Para calon barista yang sedang belajar di Coday Lab & Roastery Jogja.

Bagi Bung & Nona yang sudah memiliki pengalaman bahkan memiliki ketrampilan manajemen Coffee Shop, maka gajinya bisa melebihi gaji UMR.

Oleh karena itu, Bung & Nona wajib menekuni metode meracik kopi sekaligus belajar manajemen coffee shop.

Bung & Nona yang ingin menguasai macam-macam metode meracik kopi sekaligus paham alur manajemen coffee shop, bisa mengikuti kursus barista yang menyediakan materi  manajemen coffee shop.

Di Jogja, ada Coday Lab & Roastery. Sebuah Lab Kopi yang membuka kelas barista dan sangat  terbuka bagi pemula.

Di Coday Lab & Roastery, terdapat banyak kelas dan setiap kelas memiliki biaya yang berbeda-beda, jangan khawatir tentang biaya kursus barista di Jogja. Tidak bakal menguras dompet.

Ada kelas khusus bagi para pemula. Kemudian ada kelas tenik penyeduhan kopi dari manual brew hingga espresso. Yang paling spesial, terdapat kelas manajemen coffee Shop. sangat pas sekali bagi Bung dan Nona yang ingin mengikuti kelas barista dan secara simultan ingin menguasai ilmu manajemen coffee shop.

Meteri Kursus Barista di Jogja

Materi kursus barista di Jogja tentu sangat komprehensif. DI Coday Lab & Roastery Bung & Nona bisa ikut kelas dengan materi spesial yang pastinya bakal menambah pengetahuan tentang kopi serta ketrampilan mengelola kopi dengan beragam metode makin canggih.

Tentang Biaya Kursus Barista di Jogja, jangan khawatir. Biaya yang dikeluarkan tak ada apa-apanya dibanding ilmu  barista yang didapatkan dan tentunya ilmu yang didapatkan bakal abadi serta manfaat untuk pribadi dan lingkungan.

Di Coday Lab & Roastery terdapat beberapa kelas yang bisa diikuti oleh Bung & Nona yang berniat membangun karrier sebagai Barista.

Baca Juga  Agus Prasetio Profesor Kopi Coday Lab & Roastery Jogja

Pertama, Kelas barista dengan materi dasar pengetahuan tentang kopi. Pengetahuan dasar tentang kopi adalah kunci. Ibarat membangun rumah yang tinggi dan mewah, pondasi adalah kunci supaya rumah tersebut  bisa berdir.

Oleh karena itu, sebelum ahli dalam berbagai metode manual brew dan espresso, maka bangunan dasar pengetahuan tentang kopi wajib dibangun dalam mindset Bung dan Nona.

Materi dalam kelas berisi materi dasar tentang kopi dibagi menjadi empat pengetahuan. Mulai dari sejarah kopi. Asal muasala kopi dari masa klasik hingga modern.

Kemudian pengetahuan jenis-jenis kopi. Mulai dari jenis kopi unggulan dari berbagai negara hingga jenis-jenis kopi nusantara.

Biaya Kursus Barista di Jogja
Kopi-kopi yang siap diracik oleh barista.

Di tambah juga dengan materi ciamik, macam profil roasting kopi dan juga metode uji citarasa kopi.

Kedua, Kelas Barista dengan materi Manual Brewing paling lengkap. Di kelas yang asyik ini, Bung & Nona bisa belajar pemilihan emas hitam yang baik, belajar roasting, ditambah lagi dengan belajar proses grinder emas hitam.

Semakin asyik dengan belajar dan praktik langsung menyeduh kopi dengan macam-macam teknik manual breweing. Mulai dari Hario V60, Kalita Wave, Freenchpress, Vietnam Drip, Aeropress, Chemex, dan Syphon.

Ketiga, kelas barista dengan materi Espresso Based & Latte Art. Nah, ini kelas yang wajib diikuti Bung & Nona. Kelas paling seru dalam belajar menggunakan mesin Espresso.

Bung & Nona, akan diberi pengetahuan tentang tata cara penggunaan porta filter, Temper, Group Head, Knock Box, Extraction Switch, Steam Knob, Steam Wand, dan Drip Tray.

Bung & Nona juga bisa mengikuti kelas membuat Latte Art yang ciamik. Bung dan Nona bisa belajar memilih kopi dan susu terbaik. Lalu belajar sekaligus praktik metode menuang latte, serta latteart Pattern seperti heart, tulip, rosetta.

Keempat, kelas barista dengan materi Manajemen Coffee Shop.  Nah ini materi yang pas bagi Bung & Nona yang ingin memiliki gaji tinggi. Yap, materi Manajemen Coffee Shop. Materi spesial ini berisi tata cara pengelolaan bisnis coffee.

Sehingga Bung & Nona akan mendapatkan materi manajemen biaya, manajemen Inventory, Manajamen bahan baku, dan manajemen karyawan. Jadi, Bung dan Nona wajib mengikuti kelas spesial ini, ilmu tentang kopi tak melulu jadi barista tetapi juga menguasai manajemen coffee shop.

Sampai di sini pasti Bung & Nona bertanya-tanya tentang biaya kursus barista di Jogja. Berikut rincian biaya kursus barista di Jogja.

Rincian Biaya Kursus  Barista di  Jogja

Orang Jawa tentu kenal dengan pribahasa Jer Besuki Mawa Beya yang memiliki arti kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Untuk membangun kesuksesan dibutuhkan ilmu. Dan untuk menembus ilmu dibutuhkan modal finansial.

Pribahasa Jer Besuki Mawa Beya  ini pas sekali buat bung & nona yang mau belajar meracik kopi dan mengikuti kelas pelatihan barista di Coday Lab & Roastery Jogja. Setiap proses belajar membutuhkan biaya.

Nah, bagi Bung & Nona yang ingin belajar meracik kopi dan ikut kelas barista di Coday Coffee Lab & Roastery Jogja tentu harus mengeluarkan biaya. Tapi, biaya yang dikeluarkan tak sebanding dengan ilmu dan ketrampilan yang didapatkan serta sifat ilmunya yang abadi.

Biaya Kursus Barista
Biaya Kelas Barista Coday Coffee Lab & Roastery Jogja.

Bagi Bung  dan Nona yang ingin mengikuti kelas barista, berikub rincian biayanya:

Pertama, Kelas Barista dengan Materi Dasar Uji Cita Rasa, dengan biaya hanya  Rp. 2.o00.000. Spesialnya lagi ada bonus menarik seperti T-Shirt Workshop, alat seduh kopi manual, dan berbagi seputar perkembangan belajar kopi di group online.

Kedua, Kelas Barista dengan materi Manual Brewing paling lengkap, dengan biaya super hemat Rp. 2.000.000. Tentu ada Bonus juga berupa T-Shirt Workshop, Alat seduh kopi manual, dan berbagi seputar perkembangan belajar kopi di group online.

Ketiga, Kelas Barista Espresso Based & Latte Art. Kelas yang fokus belajar meracik menu-menu espresso. Proses belajar lebih banyak praktik langsung menggunakan mesin espresso. Biayanya juga hemat Rp. 2.000.000.

Keempat, Kelas Manajemen Coffee Shop. Biayanya hanya Rp. 1.500.000. Kelas manajemen coffee shop memelajari berbagai hal terkait manajemen sebuah coffee shop. Mulai dari penetapan HPP, manajemen peralatan, dan manajemen SDM.

Kelima, Kelas Roasting Kopi. Kelas yang memberikan pelajaran bagi Bung & Nona tentang teknik roasting kopi. Proses belajar roasting kopi dibimbing langsung oleh roaster yang sudah berpengalaman. Biayanya terjangkau hanya Rp. 2.000.000.

Bagi Bung & Nona yang niat belajar dan praktik menjadi barista profesional, silahkan langsung datang bersama kawan-kawannya ke Coday Lab & Roastery Jogja.