Dasar Membuat Kopi Racikan Istimewa 2

Grinder / Alat Giling Kopi

Salah satu keputusan penting dalam proses pembuatan kopi adalah apakah akan membeli biji utuh untuk menggiling diri sendiri atau kopi bubuk. Untuk kesegaran yang optimal, biji kopi utuh adalah pilihan yang lebih baik karena  sel-sel di dalam biji kopi tidak terpapar ke udara, dimana aroma volatil bereaksi dan mengoksidasi. Oksidasi ini menghilangkan aroma dan rasa 60 persen dalam waktu 15 menit setelah ditumbuk. Jika Anda lebih suka kopi bubuk, itu tidak apa-apa, tetapi jika Anda ingin mencoba kopi dengan biji kopi utuh, berikut ini adalah sedikit informasi tentang peralatan penggilingan yang digunakan.

PENGGILING BURR

Gerinda penggiling terbuat dari dua piringan yang disebut gerinda yang menyalurkan biji kopi melalui penggiling. Salah satu duri gilingan diam atau statis sementara yang lain berputar untuk memecah biji kopi . Metode penggilingan ini menghasilkan bubuk kopi yang berukuran lebih seragam. Biasanya, gerinda penggiling juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan seberapa jauh jarak gerinda tersebut sehingga Anda dapat memilih untuk menggiling biji Anda dengan kasar atau halus seperti yang Anda inginkan. Satu hal yang perlu diperhatikan tentang penggiling burr adalah bahwa mereka biasanya lebih mahal daripada penggiling kopi dengan model pisau, harganya biasanya lebih mahal sekitar ratusan ribu hingga jutaan daripada penggiling kopi berbasis pisau.

Knive Grinder / PENGGILING PISAU

Penggiling kopi berbasis pisau menggiling kopi dengan menggunakan bilah gaya baling-baling tunggal yang berputar. Penggiling ini biasanya menggiling kacang lebih cepat dan sedikit lebih murah daripada penggiling kopi model burr. Satu kekurangannya adalah mereka tidak selalu menghasilkan gilingan yang sangat merata, dan beberapa hasil gilinganya menghasilkan beberapa biji kopi yang menjadi sangat kasar sementara biji kopi yang lain sangat baik. untuk sebuah kedai kopi Alasan ukuran hasil penggilingan biji kopi yang berbeda adalah masalah besar saat menyeduhnya, karena ketika diseduh, akan menghasilkan rasa aneh di kopi Anda. Bubuk yang lebih halus akan kehilangan rasanya lebih cepat daripada bubuk kasar saat diseduh dan menghasilkan rasa pahit.

Baca Juga  Jasa Roasting Kopi Jogja Terlengkap

TIPS PANDUAN PENGGILINGAN

Tergantung pada perangkat pembuatan Grinder kopi yang Anda gunakan untuk membuat kopi, ada beberapa tingkat optimal yang berbeda tentang bagaimana kopi ditumbuk secara kasar atau halus. Berikut adalah bagan sederhana untuk membantu Anda saat menyeduh kopi dengan berbagai metode :

LEVEL OF GRIND

(Level Penggilingan)

COFFEE BREWING DEVICE

(Nama Pemasaran Kopi)

EXTRA FINE Cezve coffee maker (Turkish Pot)
FINE Moka pot/stovetop espresso, espresso machine, AeroPress (fine-medium depending on preference), coffee cupping
FINE-MEDIUM V60 Pour Over, Kalita Wave Pour Over, Bonavita coffee dripper
MEDIUM Siphon/vacuum pot, drip machines
MEDIUM-COARS EChemex, Clever Dripper
COARSE French press, percolator
EXTRA COARSE Cold brew, cowboy coffee

FILTER KOPI

Penyaring merupakan bahan penting ketika membuat kopi, karena memungkinkan rasa indah yang Anda inginkan dalam kopi racikan anda menuju cangkir, tetapi meninggalkan kelebihan bubuk / ampas kopi yang lebih baik Anda hindari menuju kedalam cangkir kopi Anda. Ada berbagai jenis filter yang, pada gilirannya, memungkinkan partikel kopi lebih banyak atau lebih sedikit melewati ke minuman Anda, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

FILTER KERTAS
Filter kertas adalah pilihan paling populer untuk metode tuangkan, karena terjangkau dan memungkinkan jumlah paling sedikit minyak dan partikel kopi untuk lewat, yang menghasilkan secangkir kopi yang bersih dan bersemangat. Penggemar kopi spesial menyukai filter kertas karena kemampuannya menyuguhkan rasa terbaik dalam kopi sambil meninggalkan kelebihannya. Satu kejatuhan adalah bahwa filter kertas dapat meninggalkan rasa tanah, tipis dalam kopi Anda. Salah satu cara untuk meminimalkan ini adalah dengan membilas filter sebelum menyeduh kopi. Karena sifat sekali pakai filter kertas, beberapa orang dan kedei kopi yang peduli tentang lingkungan lebih suka menggunakan filter dari bahan kain dan logam untuk mengurangi sampah yang mengganggu lingkungan.

FILTER KAIN
Filter kain tidak terlalu umum kecuali untuk digunakan dalam jenis siphon coffeepots. Filter kain terbuat dari berbagai jenis kain yang cukup tipis untuk memungkinkan air melewatinya. Ini bagus jika bersih, karena tidak memungkinkan “ampas kopi” masuk melalui saringan ke dalam minuman. Namun, setelah banyak digunakan, kekurangan dari filter kain akan seperti rasa kaus kaki basah, untuk itu filter kain juga harus diganti setelah beberapa kali pemakaian. dan jangan gunakan berulang ulang dalam periode lama karena tidak akan hygienis.

FILTER LOGAM
Filter logam digunakan paling umum untuk French Press dan metode pembuatan kopi. Filter logam memungkinkan partikel kopi yang lebih besar untuk melewatinya dibandingkan dengan kertas dan filter kain. Ini sering kali menghasilkan “ampas kopi” di bagian bawah secangkir kopi yang dibuat dengan saringan logam. ampas ini terdiri dari minyak yang berbeda dan partikel kopi halus yang dapat menghasilkan rasa kopi yang lebih kental dan kuat, yang bagi sebagian orang diinginkan dan sebagian lain tidak disukai.