Blog Kami

Dasar Membuat Kopi Racikan Istimewa 1

Banyak orang memilih untuk menghabiskan ratusan bahkan jutaan rupiah per tahun untuk membeli kopi di kedai kopi dan kafe alih-alih memiliki kepuasan membuatnya sendiri di rumah.

Akar masalahnya adalah, banyak orang beranggapan bahwa mereka tidak akan dapat membuat kopi dengan kualitas yang sama di rumah seperti apa yang dapat mereka beli di kedai kopi terdekat. dengan mengikuti kelas barista di Codaycoffee Lab & Roastery , maka anggapan anda tidak bisa membuat kopi sendiri dengan citarasa istimewa tidak benar! ( anda dapat melakukanya sendiri dirumah ).

Kali ini Coday Coffe Lab akan mengajarkan kepada Anda cara membuat kopi yang luar biasa di rumah — tanpa peralatan yang rumit atau mahal. Anda tidak perlu menghabiskan ratusan ribu rupiah bahkan jutaan untuk mengganti ataupun meningkatkan perlengkapan Anda, dan Anda bahkan tidak perlu menumbuhkan kumis selayaknya master Kopi yang belajar kopi puluhan tahun atau mengenakan Celemek seperti barista lokal Anda (kecuali jika Anda benar-benar ingin!).

Dengan barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki dirumah, Anda dapat berhasil membuat ulang sebagian besar kopi favorit Anda dan minuman espresso.

Untuk memulai perjalanan kopi di rumah, kami akan memberikan tinjauan tentang alat dan perangkat dasar yang dibutuhkan untuk membuat kopi dan espresso yang enak di rumah. Anda tidak hanya akan belajar tentang peralatan, tetapi Anda juga akan mengambil beberapa tips dan teknik hebat sehingga Anda memiliki semua yang diperlukan untuk membuat minuman kopi Anda sendiri yang akan menyaingi apa pun dari kedai kopi lokal favorit Anda.

Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik di Jogja yang Harus Anda Kunjungi

Biji Kopi

Durasi waktu biji kopi dipanggang adalah langkah penting dalam menentukan bagaimana secangkir kopi akan terasa. Mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa sebelum dipanggang, biji kopi sebenarnya adalah kacang lembut dengan warna kuning kehijauan. Ini adalah proses memanggang biji-bijian yang mengubah biji kopi tanpa rasa ini menjadi secangkir kopi yang manis, buah, asam, atau secangkir kopi yang pahit, pahit — tergantung pada berapa lama mereka dipanggang.

Light Roast
Selama proses pemanggangan, biji kopi pecah setelah mencapai suhu internal sekitar 400° F. Secara umum, biji kopi panggang ringan adalah biji yang belum mencapai “crack pertama” mereka. Karena biji kopi tidak dipanggang dalam waktu lama, secangkir kopi yang dibuat dari daging panggang ringan akan memiliki lebih banyak rasa buah, bunga, dan rasa asam. Kopi panggang ringan sering disebut di toko-toko sebagai “Roasting Setengah Matang” atau “New England Roast.”

Medium Roast
Kopi medium roast melalui pemanggangan sedang, biasanya yang dipanggang di antara retakan pertama, pada suhu internal sekitar 400 ° F, hingga sebelum retakan kedua, atau suhu internal 428 ° F. Secangkir kopi yang dibuat dari biji kopi medium roast akan menunjukkan rasa yang lebih halus dan lebih seimbang dengan tingkat kepahitan yang sedikit meningkat jika dibandingkan dengan kopi light roast. Kopi dengan teknik medium roast sering disebut sebagai “City Roast” atau “Breakfast Roast.”

Baca Juga  Belajar Coffee Cupping Uji Sensor Cita Rasa Kopi

Dark Roast
Kopi panggang Dark Roast, dipanggang melewati celah kedua, ke suhu internal oven sekitar 464 ° F, bisa menggunakan perkiraan selama tidak merusak biji kopi. Salah satu kualitas yang patut diperhatikan adalah bahwa biji kopi yang menggunakan teknik roasting Dark Roast memiliki kilau berminyak pada biji kopinya sebagai hasil dari proses pemanggangan, yang menarik minyak dari dalam biji kopi ke luar. Secangkir kopi yang terbuat dari panggang gelap akan menunjukkan rasa berasap, pahit, dan terbakar. Kopi dark-roast sering disebut di toko-toko sebagai “French Roast” atau “Italian Roast.”

Tahukah Anda!
Rata-rata wanita Indonesia meminum 1 gelas kopi per hari (64,4 persen), sementara mayoritas responden pria menghabiskan 2-3 gelas kopi per hari (21 persen).18 Sep 2019

Pada Tahapan ini anda sudah mengetahui teknik dasar dari roasting kopi, untuk selanjutnya kami akan memperkenalkan teknik penggilingan biji kopi yang sudah di panggang di artikel selanjutnya.