French Press Teknik Nikmat Bikin Kopi

Selain dari teknik tetes otomatis atau manual Drip, French Press adalah salah satu metode pembuatan Kopi rumahan yang paling populer, dan untuk alasan yang baik. Menyeduh secangkir kopi pagi yang special tentunya akan bikin mata melek dan siap untuk menjalani rutinitas pagi.

Proses pembuatan kopi “French Press terdiri dari menuangkan air panas di atas bubuk kopi, kemudian jangan langsung ditekan membiarkannya matang selama 3 hingga 4 menit akan membuat rasa lebih nikmat, selanjutnya menekan filter logam ke bawah, mendorong bubuk kopi ke bagian bawah teko kemudian menaikanya selama 2 s/d 3x

Lalu bagaimana cara menggunakan french press dengan cara yang baik dan benar agar kopi yang dihasilkan sesuai dengan harapan? Berikut kami paparkan langkah-langkah agar french press kamu menghasilkan kopi yang benar.

Gunakan air yang baik
Kopi mengandung 98% H2O, oleh karena itu kopi yang baik harus berasal dari air yang baik juga. Pastikan air yang akan digunakan tidak terkontaminasi oleh zat dan rasa yang lain. Wadah tempat air anda harus benar-benar bersih sehingga tak ada bekas rasa atau aroma dari minuman lain yang menempel di sana. Alangkah baiknya mencoba air yang akan kamu gunakan untuk membuat kopi terlebih dahulu. Jika rasa air tersebut pas menurut kamu, berarti pas juga untuk menyeduh kopi.

  • Gunakan kopi yang benar-benar segar dan baru
    Kopi yang sudah lama tidak akan memberikan kenikmatan yang sama seperti biji kopi segar yang baru disangrai dan itu akan memengaruhi saat diseduh oleh french press. Biji kopi yang terlalu dibiarkan lama dengan kemasan yang terbuka tidak memiliki aroma dan rasa yang sama dengan yang masih tertutup rapat di dalam kemasan. Biji kopi yang segar dan baru memiliki aroma yang kuat dan terlihat sedikit oily. Dan seperti itulah seharusnya kopi yang baik.
  • Giling biji kopi sebelum diseduh
    Untuk hasil terbaik, gunakanlah kopi yang baru digiling, bukan kopi bubuk yang sudah digiling berhari-hari. Giling kopi sesaat sebelum diseduh untuk hasil yang maksimal. Ibarat buah, potonglah apel sesaat sebelum dimakan. Sama seperti kopi, gilinglah bijinya sesaat sebelum diseduh untuk rasa dan aroma terbaik yang akan kamu nikmati di hasil akhir nanti. Pastikan bubuk kopi yang dihasilkan tidak terlalu halus karena bisa memungkinkan menyumbat filter dari french press. Medium adalah pilihan yang tepat.
  • Jangan ikuti standar ukuran french press
    Kopi kamu adalah selera personal kamu. Jadi jika ingin menikmati kopi yang sesuai dengan personal taste, ukur sendiri takaran kopi dan air yang kamu inginkan. Biasanya 18 – 20 gram kopi untuk 8 ons air adalah ukuran pas untuk pemula. Jika kamu menginginkan rasa yang lebih kuat mungkin kamu bisa menambahkan kopinya atau mengurangi air. Bereksperimenlah dengan rasa. Jangan biarkan buku panduan mendikte kamu. Tentukan sendiri rasa kopimu.
  • Gunakan air dengan suhu yang tepat
    Air yang terlalu panas akan mengeluarkan rasa pahit yang tak seharusnya. Sedangkan air yang tidak panas tidak akan mengeluarkan rasa yang diinginkan dari kopi yang nikmat. Oleh karena itu, biasanya 94 derajat celsius adalah suhu yang pas untuk french press. Tetapi jika kamu tidak mau repot mengeluarkan termometer, panaskan air hingga mendidih dan biarkan 30 detik sebelum digunakan. Maka suhu yang tepat juga bisa kamu dapatkan.
  • Seduh kopimu!
    Masukkan bubuk kopi ke dasar french pres dan tuangkan sepertiga air di atasnya. Diamkan kopi dan air selama 30 detik dan kemudian aduk dengan perlahan. Pastikan kopi dan air ‘dimasak’ secara sempurna agar kamu mendapatkan kenikmatan yang kamu inginkan. Setelah itu, tuangkan sisa air dan biarkan proses brewing dimulai.
  • Ketepatan waktu memengaruhi rasa
    Proses brewing yang terlalu singkat akan membuat rasa kopi kamu menjadi asam dan tipis. Jika proses brewing berlangsung terlalu lama, kopi kamu akan berakhir pahit. Untuk hasil terbaik, biarkan kopi kamu berada di dalam french press selama 4 menit sebelum kamu nikmati.
  • Yang terakhir adalah Hati-hati dalam ‘menekan’
    Setelah proses brewing selesai, tekan plunger dengan tegas, pelan dan hati-hati. Menekan dengan terlalu keras akan menyebabkan kopi menyemprot keluar dan semuanya jadi berantakan. Kehati-hatian sangat diperlukan di proses ini.
Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik di Jogja yang Harus Anda Kunjungi

Metode merendam pembuatan kopi ini sering dikaitkan dengan orang Prancis dari tahun 1800-an yang lupa menambahkan kopinya ke panci sebelum merebus air. Setelah menambahkan bubuk kopi ke air yang sudah mendidih, si orang perancir memperhatikan , bubuk kopi yang dituangkan melayang di atas buih buih rebusan air. Tidak ingin menyia-nyiakan minuman berharga itu, lelaki itu menggunakan sebuah logam dan sebatang tongkat untuk mendorong semua bubuk kopi ke dasar panci, dan akhirnya menghasilkan secangkir kopi yang diseduh dengan baik tanpa sengaja.

Saat ini, teknik French Press populer karena kemudahan penggunaan dan fleksibilitasnya. Selain menyeduh kopi panas, perangkat ini dapat digunakan untuk membuat minuman dingin, teh, dan bahkan susu berbusa! Salah satu aspek negatif dari menggunakan French pers dari para penikmat kopi adalah bahwa sering ada “sisa ampas” yang terlihat di bagian bawah cangkir Anda. hal ini karena lubang yang lebih besar pada filter logam. Namun hal ini tidak dipermasalahkan, karena ada juga beberapa orang yang menikmati ampas kopi di cangkir yang berasal dari sisa sisa kopi yang dibuat menggunakan teknik french press. alat pembuatan french press sendiri sangat banyak dan mudah dijumpai ditoko toko terdekat, semisal supermarket ataupun beberapa toko pecah belah, harganya sendiri murah mulai Rp 150rb s/d 1jt tergantung merk dan bahan yang digunakan.

Baca Juga  Ngaku Pecinta Kopi Hitam, Apakah Kamu Seorang Coffee Snob?

Kesimpulan :
French Press adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang menikmati secangkir kopi dengan citarasa yang lebih kaya dan berbobot sedang , dengan alat yang sederhana , mudah dijumpai dan ramah pengguna. French Press sangat mudah digunakan dan merupakan teknik ngopi yang dapat Anda mulai dan selesaikan selama beberapa menit saja, alih-alih harus memiliki segudang ilmu tentang kopi. French Press adalah metode pencelupan yang sering menghasilkan rasa yang lebih kuat dan lembut daripada rasa kopi itu sendiri, tentu saja berbeda dengan rasa segar dari metode menuang dengan teknik Drip.