Budaya Mencampur Kopi Dengan Buah-Buahan  

Indonesia memang kaya. Banyak sekali buah yang tumbuh di Indonesia. Bentuk buahnya bermacam-macam dan rasanya juga bermacam-macam. Kehadiran macam-macam buah di tanah air kita menghasilkan banyak jenis kuliner yang berbahan dasar buah.

Buah-buahan juga memiliki vitamin untuk tubuh. Buah yang memiliki vitamin C berguna untuk mencegah penyaikt kanker, kemudian menjaga kesehatan mata, serta membantu mengembalikan jaringan sel kulit yang hilang.

Buah-buahan selain kaya dengan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, buah-buahan juga mampu menjadi salah satu komposisi kuliner yang nikmat. Sehingga lahir menu-menu kuliner berbahan dasar buah mulai dari rujak, jus buah, pie buah, dodol buah, es krim buah, dan salad.

Nah, bagi kawan-kawan yang suka makan buah serta memiliki hobi ngopi setiap pagi, mencampur beberapa jenis buah dengan kopi menjadi kenikmatan hakiki. Beberapa kreasi kopi dicampur buah sudah tersebar di masyarakat Indonesia. Berikut buah-buahan yang pas dikombinasikan dengan kopi serta  maknyus untuk dinikmati.

Budaya Mencampur Kopi dengan Buah-buahan_

Buah Durian

Baca Juga  Tradisi Minum Kopi Durian yang Lezat

Buah durian yang sudah matang dan sudah diambil bijinya menjadi teman yang pas untuk nyruput kopi. Cara konsumsinya juga mudah, bisa dengan cara mencocolkan buah ke dalam kopi kemudian di makan. Bisa juga dengan cara memasukkan buah durian yang sudah diambil bijinya, ke dalam kopi.

Kopi yang dinikmati bersama durian menciptakan rasa buah durian yang tidak monoton,. Rasa durian yang tercampur kopi akan memberikan sensasi yang berbeda saat buahnya menyentuh lidah. Begitu juga dengan rasa kopi, pasti memberikan rasa yang maknyus.

Buah Leci

Buah leci memiliki karakteristik yang manis dan tentunya memiliki kesegaran yang pas untuk diminum saat terik matahari lagi panas-panasnya. Bagi kawan-kawan yang suka dengan buah leci serta ingin mengkombinasikannya dengan kopi, tentu sangat bisa.

Cara mengelola kombinasi kopi dengan buah leci paling enak menggunakan mesin espresso atau manual brew. Cara kombinasi buah leci bersama kopi dengan teknik manual brew adalah dengan menyeduh bubuk kopi di atas saringan. Kemudian letakkan dua buah leci di dalam gelas bersama es batu.

Baca Juga  Kursus Barista di Jogja

Setelah meletakkan gelas di bawah saringan kopi, maka mulai seduh kopi dengan air panas. Sehingga air ekstraksi saat menyeduh kopi menetes ke dalam gelas membasahi es batu dan buah leci secara pelan-pelan. emm betapa nikmatnya.

Buah Mangga

Tradisi mencampur buah dengan kopi memang lezat. Selain buah durian dan buah leci, kini mangga juga menjadi salah satu pilihan kombinasi bersama kopi. Cara mengkombinasikan kopi dengan mangga juga mudah.

Seduh kopi dengan teknik manual brew. Setelah proses menyeduh kopi usai, siapkan satu buah mangga yang sudah matang lalu bersihkan dan cincang kecil-kecil. Setelah dicincang masukkan ke dalam gelas bersama es batu dan gula cair.

Nah, kopi yang sudah di seduh kemudian siramkan ke dalam gelas berisi mangga kecil-kecil, es batu, dan gula cair. emm gimana tuh nikmatnya. yuk dicoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *