Blog Kami

Bisakah Menjadi Barista Tanpa Pengalaman Meracik Kopi?

Coday.id_Menjadi Barista Profesional

Coday- Anda berpikir bahwa pekerjaan barista itu sesimpel kala Anda membuat kopi shacet di rumah cukup menaburkan bubuk kopi dalam cangkir lalu menyiraminya dengan air panas. Realitanya menjadi barista tak sesimpel itu, barista harus bisa mengoperasikan mesin pembuat kopi, belum lagi menghafal resep kopi yang rumit dengan kalibrasi yang akurat, apalagi untuk seni latte.

Profesi barista baru-baru ini merupakan profesi yang menarik. Suasana kedai kopi yang nyaman, bau biji kopi yang nikmat selepas digiling, rekan kerja yang keren itulah yang membuat orang ingin menjadi barista. Lantas bagaimana Anda yang sama sekali nol pengalaman sebagai barista namun ingin menjadi barista?

Jangan menyerah dengan impian itu meski nol pengalaman. Di bawah ini ada tips yang setidaknya membantu Anda menjadi barista yang sama sekali minim pengalaman.

Cari tahu barista yang macam apa yang dibutuhkan oleh kedai kopi tersebut?

Anda meilihat ada lowongan barista di sebuah kedai kopi atau café, lantas apa saja yang mesti dilampirkan dalam resume atau surat lamaran? Di bawah ini ada beberapa kualitas  yang diinginkan  manajer barista:

Perhatian detail dan eksekusi

Manajer ingin mengetahui sejauh mana Anda mampu membuat minuman  latte dan cappuccino. Yang dinilai tak hanya dari tampilan tapi juga rasanya. Memang tak ada  yang mudah tapi  itulah tuntutan dari café yakni Anda menjadi barista yang bisa membuat secangkir kopi yang sempurna untuk pelanggan.

Ceria dan ramah

Barista akan berurusan dengan pelanggan secara langsung maka jangan menyerah pada pelanggan yang rewel minta ini dan itu. Senyum harus selalu Anda tebarkan hal ini untuk mendukung pekerjaan sekaligus meningkatkan peluang pelanggan kembali datang. Maka bersikaplah ceria dan ramah selalu kala Anda mengenakan apron barista.

Baca Juga  Barista Paling Kreatif Pasti Mampu Memikat Pelanggan

Jadilah fleksibel dan handal

Sebagian dari barista akan bekerja pada shift yang begitu panjang, sering juga di akhir pekan harus bekerja. Karena di akhir pekan biasanya pengunjung café lebih banyak dari hari-hari biasa. Sebelum Anda  melamar sebagai barista, pastikan Anda siap datang lebih awal sebelum bekerja, dan pulang lebih larut bahkan jika  dibutuhkan harus bekerja di akhir pekan.

Bersedia bekerja dalam tim

Menjadi seorang barista tak bekerja  sendirian, Anda akan bekerja bersama tim berikut juga barista lainnya. Maka belajarlah berkomunikasi dengan baik dengan staf lain dan terutama kala berhadapan dengan pelanggan.

Dasar-dasar sebagai barista

Berikut ini adalah dasar-dasar ilmu yang mesti Anda pelajari.

Pelajari istilah

Tahukah Anda perbedaan antara minuman Latte Macchiato dan Flat White? Jika tidak tahu, maka pelajari itu terutama terminologi barista. Buatlah sebuah catatan untuk membantu Anda dalam menghafal resep kalau perlu buatlah kartu berisi menu yang bisa Anda bawa kapan saja.

Menonton video teknis menjadi barista

Anda tidak harus kursus mahal untuk memepelajari cara menggunakan mesin espresso.  Anda bisa melihat di saluran YouTube, mengenai cara-cara menjadi barista. Misalkan mencari video dari Juara Dunia Barista tahun 2010 yakni Davide Boowie misalnya mengenai bagaimana cara membuat latte yang menarik secara tampilan dan nikmat kala dinikmati.

Berlatih di rumah

Latihan berkali-kali membuat keterampilan Anda  menjadi lebih sempurna. Agar Anda mahir mengoperasikan mesin espresso maka Anda bisa beli mesin espresso di toko-toko online  untuk digunakan latihan di rumah. Tapi jika Anda tak memiliki cukup uang untuk membeli mesin kopi maka pinjamlah barang sebentar mesin espresso milik teman Anda.

Baca Juga  Pilih Mesin Kopi Otomatis atau Seni Manual
Coday.id_Menjadi Barista Profesional
Menjadi Barista Profesional Indonesia

Saat menjajaki profesi barista pertama kali

Kini Anda telah siap menjadi peracik kopi profesional dimana Anda telah memiliki resep minuman. Namun ada hal yang mesti Anda ketahui agar Anda dipercayai oleh atasan Anda.

Beradaptasi dengan lingkungan kerja

Dimana Anda akan bekerja sebaiknya Anda harus tahu bagaimana lingkungannya. Apakah nyaman di tempat itu atau tidak? Lakukan survei beberapa hari agar Anda tahu bagaimana barista lain yang sudah senior kala menyapa pelanggan. Itu penting karena kelak Anda juga di posisi yang sama.

Mulai dari posisi kasir

Anda belum terlalu berani menjadi barista  karena belum bisa menggunakan mesin kopi, maka pilihlah posisi kasir karena posisi ini tak membutuhkan pengalaman. Mulailah dengan menjadi kasir untuk beraptasi dengan lingkungan kerja.

Bekerja tanpa mendapat gaji dulu

Bila café membutuhkan barista yang berpengalaman, maka Anda dapat menawarkan diri untuk bekerja beberapa hari tanpa mendapat gaji. Karena ini menunjukkan bahwa Anda memiliki semangat untuk belajar di pekerjaan yang baru.

Cari peluang kerja yang tidak membutuhkan pengalaman

Saat menyelami lowongan  pekerjaan barista, maka baca bagian kualifikasi dengan cermat.  Beberapa café lokal tak memerlukan pengalaman asal bersedia mengikuti semacam pelatihan.

Bila ingin bekerja di café yang lebih besar

Jika Anda ingin bekerja di café yang besar maka diperlukan pengalaman sebelumnya. Maka mulailah bekerja di café lokal, paling tidak Anda telah bekerja sebagai barista selama 6 bulan. Setelah itu Anda bisa mulai melamar di  café yang lebih besar dimana biasanya membuka gerai di mall atau pusat perbelanjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *