Blog Kami

Aroma Jeruk Kopi Kintamani Bali

Coday- Mengulas Bali memang tidak ada habisnya. Setiap sudut Bali seakan memiliki tangan yang melambai-lambai, mengundang untuk dikunjungi dan dinikmati. Termasuk yang melambai-lambai adalah produk kopi kintamani Bali. Kintamani merupakan sebuah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Bali. Wilayah Kintamani memang menarik, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Wisata yang bisa dikunjungi di Kintamani adalah danu baturnya yang eksotis serta pemandangan gunung yang memanjakan dan mendinginkan mata.

Dibalik eksotisnya alam Kintamani, tumbuh kopi terbaik di dunia. Kebun kopi yang berada di kintamani tumbuh di atas ketinggian lebih dari 900 Mdpl.  Jenis kopi yang diproduksi para petani adalah kopi arabika yang ditanam di lereng gunung berapi batur yang memiliki hawa dingin. Kopi yang ditanam para petani di daerah kintamani ini masuk ke dalam kategori specialty coffee. Setara dengan kopi dari Gayo, Toraja, Ijen serta kopi spesial dari nusantara yang lezat.

Baca Juga  Proses Pengolahan Kopi Ini Membuat Biji Sedikit Berlendir

Tanah vulkanik tipe entisol dan inceptisol membuat kopi di wilayah kintamani bisa tumbuh subur. Untuk menjaga tanaman kopi agar tetap segar serta untuk menjaga kesuburan tanah, maka petani memberi pupuk pada tanaman dengan bahan yang berasal dari kotoran sapi.

Perlu di ketahui bersama bahwa kopi Kintamani tidak hanya diproduksi di wilayah Kintamani saja. Namun, kopi kintamani juga diproduksi para petani di wilayah Kintamani kabupaten bangle, kemudian kecamatan plaga, kabupaten badung, dan kecamatan Suksada, kabupaten Buleleng.

Kopi kintamani tidak hanya di pasarkan di wilayah Bali dan Jawa. Namun, sudah menemukan pasar di luar negeri. Produk kopi kintamani sudah diekspor keluar negeri dan sudah menemukan penggemar di luar negeri.

Baca Juga  Kopi Mahal Dari Bekas Negara Jajahan

Keunggulan Rasa Kopi Kintamani

Perhatian petani kopi kintamani yang besar pada kualitas kopi, ditunjukkan dengan jalan memberi pupuk organik. Al-hasil rasa kopi sangat lezat. Kopi Kintamani menghasilkan cita rasa kopi yang sempurna. Bahkan rasa pahit yang ada pada kopi tak terasa. Untuk aroma kopi kintamani memiliki keunggulan aroma yang kuat serta mengeluarkan aroma jeruk.

Rasa pahit yang tak terdeteksi dan aroma jeruk menjadi ledakan saat menikmati  kopi kintamani, sehingga masyarakat luar negeri tergila-gila dengan kopi kintamani. Bagi kawan-kawan yang ingin merasakan kopi kintamani, yuk langsung saja datang ke coday. Kita nikmati bareng kopi asal Bali dan saling berdiskusi renyah. Yuk angkat cangkir.