Blog Kami

Belajar Roasting Kopi Itu Seni Menciptakan Rasa

Belajar Roasting Kopi Itu Seni Menciptakan Rasa

Belajar roasting kopi itu seni menciptakan rasa. Bagi penikmat kopi, mungkin hanya merasakan secangkir kopi yang dihidangkan oleh barista itu gurih Mungkin Anda juga salah satu pecinta kopi yang senang ngopi di kafe, tapi belum pernah tahu proses sebelum kopi itu bisa disajikan oleh pelayan ke meja Anda.

Me-roasting kopi, bukanlah hal yang mudah. Jika terjadi kesalahan, bisa membuat rasa kopi tidak seperti yang diharapkan. Suatu jenis biji kopi bisa memiliki karakter rasa yang begitu menarik. Tetapi, jika roaster melakukan kesalahan, rasa yang dihasilkan bisa jauh dari yang diinginkan.

Jadi, di sinilah perlunya belajar roasting untuk menciptakan rasa yang tepat. Untuk Anda yang ingin membuka kedai kopi sendiri dan ingin menjaalankan semuanya sendiri, mulai dari pemilihan biji kopi, roasting sampai meraciknya bagu customer, maka Anda pun perlu belajar roasting kopi.

Setiap roaster tentunya memiliki style atau gayanya sendiri ketika me-roasting kopi. Setelah belajar, Anda juga akan memiliki ciri khas Anda sendiri, dan ini bisa dirasakan dari rasa kopi yang Anda hasilkan.

Meski setiap roaster memiliki style-nya sendiri, tetapi menurut Joe Marrocco, roaster handal mengatakan bahwa tetap ada dasar yang sama. Dasar tersebut yang penting untuk diperhatikan karena akan saling memengaruhi.

Teori roasting dari Joe Marrocco ini bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin belajar roasting kopi  Apa saja? Mari kita simak bersama.

3 hal dasar yang perlu kamu tahu saat belajar roasting kopi

Seorang roaster harus pandai mengambil keputusan untuk menghasilkan  roast bean yang bermutu. Untuk itulah ia perlu memahami 3 hal dasar di bawah ini:

Green been yang memengaruhi rasa

Ada berbagai macam karakter rasa biji kopi, seperti floral, caramel, rempah, atau fruity. Cita rasa yang muncul ini merupakan gabungan dari proses roasting green bean  dan lebih dioptimalkan dalam proses sangrai.

Semakin sering Anda berhubungan dengan kopi, meneliti, mengujicoba, melakukan cuppting coffee dan lain sebagainya, akan semakin peka Anda terhadap karakter setiap jenis kopi. Itulah sebabnya ada yang mengatakan belajar kopi itu juga tentang seni mengolah rasa dan kepekaan.

Mesin roasting yang memengaruhi biji kopi

Untuk mengoptimalkan cita rasa kopi, seorang roaster harus tahu cara membuat keputusan yang tepat ketika hendak me-roasting menggunakan mesin. Meskipun prosesnya bisa menggunakan honey process atau natural process, tetap saja peran roaster memiliki pengaruh pada hasilnya.

Baca Juga  Usaha Coffee Shop yang Awet Sepanjang Masa

Mesin roasing dan karakter rasa kopi saling berkaitan

Seorang roaster perlu memahami jenis-jenis green bean. Mengapa? Karena dengan memahami betul catatan-catatan penting dari green bean, maka ia bisa menentukan cara sangrai. Jika ia berhasil mengaitkan keduanya, maka akan menghasilkan karakter rasa yang diinginkan.

Sebagai penikmat kopi, Anda pun bisa bereksperimen me-roasting kopi sendiri. Apakah harus dengan peralatan yang besar dan mahal? Tidak harus. Anda bisa menggunakan wajan, atau jika memungkinkan bisa memakai mesin roasting mini atau mini coffee roaster.

Belajar roasting kopi itu mengandung nilai seni

Crack atau letusan pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya adalah suara yang merdu dari proses roasting kopi. Anda yang pernah atau biasa me-roasting kopi pasti tahu proses biji kopi yang terbang dari tempatnya lalu membesar, meletup karena suhu panas ini.

Ada fase ketika biji kopi yang berwarna hijau berubah kekungingan, kemudian menjadi cokelat buluk sampai cokelat terang dan terakhir menjadi hitam berminyak.

Bisa Anda hirup aroma asap yang keluar dari mesin roasting. Harumnya merangsang pecinta kopi untuk menyeduh dan menikmati kopi. Asap yang menguarkan aroma gurih-harum dan letupan-letupan akan terus terdengar saat biji kopi dalam suhu tinggi ini dikeluarkan menuju proses didinginkan.

Bila mesin roasting yang digunakan lengkap dengan agitator (pendingin), maka roaster tidak perlu menggunakan keahliannya. Tetapi jika tidak, maka seorang roaster harus mengeluarkan kemampuannya untuk mendinginkan dengan jalan menampi dan lain-lain.

Jadi, roasting bukan aktifitas kerja biasa, tetapi juga mengandung nilai seni yang melibatkan rasa dan kepekaan pelakunya. Karakter kopi yang berbeda-beda tergantung asal daerahnya ini membutuhkan suhu dan waktu roasting yang berbeda-beda. Di sinilah keahian roaster ditantang.

Belajar roasting kopi di Coday Coffee Lab and Roastery

Anda juga ingin bisa me-roasting kopi sendiri? Atau, Anda sedang berencana membuka kedai kopi? Sudah ada modal, tapi tidak tahu bagaimana memulai langkah awal? Belajar roasting kopi di Coday Coffee Lab and Roastery akan memberi Anda pengetahuan dan kemampuan yang Anda butuhkan.

Tidak hanya kelas roasting kopi untuk belajar roasting, Coday Coffee Lab and Roastery juga menyediakan kelas barista. Anda yang ingin menjalankan kedai kopi sendiri dan memilih melayani customer sendiri, bisa belajar di kelas ini. Dengan materi berkualitas dan tim pengajar terpercaya, Anda bisa percaya diri membuka usaha sendiri.

Baca Juga  Tahapan Roasting yang Menentukan Cita Rasa Kopi

Coday Coffee Lab and Roastery berlamat di Jl. Ahmad Wahid, no. 53, Sampangan, Mantup, Baturetbo, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55197. Lokasinya berseberangan dengan Coday Skylight Resto dan Genesis Svargaloka Creative Hub. Sekali mengunjungi satu tempat, Anda bisa sekaligus berkunjung ke spot lain untuk bersantai sekaligus menambah ilmu.

Dalam kelas roasting, Anda akan mendapatkan materi standar mutu biji kopi, standar penyaringan da standar pengolahan biji kopi.

Sementara jika Anda juga sekaligus mengambil kelas barista, Anda akan mendapatkan 3 materi utama yang masing-masing mencakup banyak hal.

Pertama, materi dasar pengolahan biji kopi. Dalam kelas ini, Anda akan mendapatkan materi dasar terminologi kopi, proses pasca panen/pengolahan biji kopi, cupping/uji sensor cita rasa dan standar peningkatan mutu biji kopi.

Kedua, manual brewing, di kelas ini Anda akan mendapat mareri standarisasi barista, proses penggilingan dan proses penyeduhan alat-alat manual brewing.

Ketiga, materi espresso based dan latter art.  Standarisasi barista, proses penggilingan dan teknik pembuatan espresso based/latte art adalah hal-hal yang akan Anda pelajari.

Lebih detailnya, berikut ini yang akan Anda pelajari ketika dalam materi latte art:

  1. Pemilihan kopi yang baik
  2. Pemilihan susu yang baik
  3. Steam susu yang tepat menggunakan mesin espresso
  4. Teknik tuang latte
  5. Membuat latter art menggunakan teknik etching
  6. Praktek membuat latter art pattern/ pola seni latte

Bagi Anda yang ingin mengikuti kelas manajemen coffee shop, berikut ini materi yang akan Anda pelajari:

  1. Manajemen coffee shop
  2. Business plan
  3. Food and beverage
  4. Penyusunan menu
  5. Food cast

Masing-masing materi di atas memiliki sub materi lengkap yang akan memampukan Anda menjalankan bisnis kedai kopi sendiri. Anda pun akan mendapatkan pendampingan selama dan setelah proses belajar.

Setiap kelas yang Anda ikuti, Anda akan mendapatkan fasilitas serta bonus yang menarik, yaitu E-book, makan siang, coffee break, alat tulis dan sertifikat. Selain itu, Anda pun mendapatkan bonus t-shirt, alat seduh kopi manual dan kesempatan sharing dalam grup seputar perkembangan belajar.

Belajar roasting kopi itu seni menciptakan rasa. Anda siap belajar dan mengasah rasa?