Blog Kami

Cara Mencuci Alat Pembuat Kopi Biar Higienis

coday coffee_cara mencuci mesin kopi

Pernahkah Anda duduk di sebuah kedai kopi lalu menghirup asap dari kopi hangat. Lalu saat menyruput kopi tersebut rasanya tidak enak. Lantas Anda berpikir apakah barista di kedai kopi itu jorok karena tak mencuci alat pembuat kopi?

Mungkin juga cangkir tersebut juga kotor terdapat penumpukan lemak di bagian dasar gelas. Rasanya ingin bilang oh…tidak. Dapur sebuah kedai kopi bukanlah seperti dapur di rumah biasa. Ruangan sempit seakan tidak nyaman untuk membersihkan alat-alat pembuat kopi tersebut. Tapi tahukah Anda mungkin saja alat-alat tersebut telah berjamur, bahkan mungkina ada bakteri coliform. Sangat tak higienis bukan?

Jenis-jenis alat pembuat kopi

Setiap barista memiliki cara favorit untuk menyeduh kopi tapi tahukah mereka bagaimana cara membersihkan alat pembuat kopi? Namun sebelum lebih jauh berikut di bawah ini adalah beberapa nama alat pembuat kopi:

  • Coffee Drip Maker
  • French Press
  • Gelas Pour Over (yaitu Chemex)
  • Aeropress
  • Cold Brewer

Cara Membersihkan Coffee Drip Maker

Meskipun kini banyak yang memiliki alat pembuat kopi single survey tapi sebagain orang masih memiliki alat pembuat kopi drip coffee. Bahkan sebagian pribadi memiliki mesin single-serve dan  drip coffee. Berikut adalah alat yang dibutuhkan untuk membersihkan alat ini:

  • Kain basah
  • Saringan kertas kopi
  • Air
  • Cuka
  • Sabun cuci piring
  • Sikat untuk menyikat piring dan botol
  • Sikat yang lebih kecil

Langkah-langkah untuk pembersihan:

  1. Bersihkan dengan hati-hati sisi dalam alat dengan kain basah untuk menghilangkan debu atau kotoran. Jika Anda melihat kotoran yang tersembunyi maka gosok dengan sikat. Apabila kotoran berada di sudut sempit maka gunakan sikat yang lebih kecil.
  2. Isi dengan air alat pembuat kopi itu lalu tuangkan sedikit cuka. Namun sebelumnya kurangi air supaya tak terlalu penuh.
  3. Masukan saringan kertas di basket untuk menangkan endapan kotoran yang akan dituangkan.
  4. Seduh setengah campuan air dan cuka dengan alat pembuat kopi, lalu tunggu sebentar. Jika sudah matikan, biarkan campuran cuka berada dalam alat pembuat kopi setidaknya setengah jam.
  5. Lalu hidupkan lagi alat pembuat kopi dan biarkan hingga selesai menyeduh sisa campuran cuka atau air.
  6. Ganti saringan kertas, isi ulang tempat itu dengan air, dan biarkan siklus penuh dijalankan untuk proses membilas.
  7. Bilas kedua kalinya untuk menghilangkan aroma atau rasa cuka yang tersisa.
  8. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring, bersihkan bagian dalam teko. Jika ada noda di luar teko sebaiknya gunakan alat lain untuk membersihkan yakni dengan spon atau serbet.
  9. Bersihkan bagian luar alat pembuat kopi Anda untuk menghilangkan debu dan minyak yang bertambah banyak setiap harinya.
  10. Jika ada gumpalan lemak yang menggumpal maka gunakan produk pembersih khusus. Coba gunakan cairan pembersih khusus untuk gumpalan kopi.
Baca Juga  Hal-Hal Kecil yang Membuat Barista Tambah Keren
coday coffee_cara mencuci mesin kopi
Coda.id_ Cara mencuci mesin kopi.

Cara membersihkan French Press

Anda menyukai kopi hasil proses dari French Press, tetapi soal membersihkannya tak mudah.  Apakah dengan sendok untuk membersihkannya? Apakah membuang alat tersebut jika sudah kotor?

Lebih baik lakukan langkah dibawah ini tapi persiapkan alat pembersihnya seperti:

  • Saringan
  • Sikat panjang
  • Sabun cuci piring
  • Bubuk soda kue
  • Kain lembut

Berikut adalah langkah pembersihannya:

  1. Ambil plunger dari French Press, kemudian isi dengan air hangat. Aduk air untuk menghilangkan sisa kopi.
  2. Pegang saringan di atas wastafel lalu tuangkan air.  Air akan mengalir ke wastafel menyisakan  sisa-sisa kopi di saringan.  Pastikan French Press benar-benar kosong.
  3. Aduk kotoran yang menyumbat wastafel jangan sampai nantinya menjadi kerak.
  4. Gunakan sikat, sabun cuci piring, dan air hangat untuk membersihkan  minyak dan noda kopi.  Untuk residu kopi yang membandel, taburkan  sedikit soda kue pada sikat lalu gosok.
  5. Bilas hingga benar-benar bersih sehingga ketika digunakan tidak bau sabun.
  6. Terakhir keringkan dengan kain lembut.

Membersihkan gelas Pour Over

Mungkin ini hal yang sulit ketika membersihkan gelas pour over, karena sungguh tak mungkin memasukkan tangan  ke dalam untuk menjangkau noda di dalam  gelas. Bisa saja Anda membiarkan nodak kopi berkerak di dalam gelas tapi rasanya itu kurang higienis.

Persiapkan alat-alat pembersiuh gelas pour over:

  • Es batu atau es yang telah dihancurkan
  • Garam dapur
  • Air lemon
  • Sabun cuci piring
  • Air
  • Sikat atau spon untuk memcuci piring

Berikut adalah tahapan agar gelas  kembali berkilau:

  1. Tuangkan segenggam es batu pada gelas pour over. Jika es batu terlalu besar maka hancurkan agar bisa masuk ke
  2. Tambahkan empat sendok teh garam dapur, satu sendok makan air, dan satu sendok makan air lemon.
  3. Aduk campuran tersebut. Es yang dicampur garam menggosok sisa-sisa kopi yang kering, sementara air untuk menghindari goresan pada kaca. Jika gelasnya tidak terlalu dingin, Anda akan melihat betapa bersihnya gelas tersebut.
  4. Tuangkan es, garam, dan air ke saluran pembuangan. Bilas gelas dengan air dingin sebab air panas bisa membuat gelas mudah pecah.
  5. Jika masih ada sisa-sisa kotoran Anda dapat menggunakan sikat bergagang panjang dan tambahan  sabun cuci piring untuk menggosok gelas.
Baca Juga  Aroma Jeruk Kopi Kintamani Bali

Cara membersihkan Aeropress

Tingkat keasaman yang rendah dan waktu pembuatan yang cepat membuat alat Aeropress ini populer di kalangan pecinta kopi. Desainnya yang sederhana membuat alat ini juga mudah untuk dibersihkan.

Segel karet di sekitar plunger Aeropress bekerja  seperti alat pembersih, membantu penumpukan noda kopi.  Untuk memeroleh kondisi yang baik Anda hanya perlu sedikit sentuhan.

  • Sabun cuci piring
  • Air
  • Sikat

Berikut adalah tahapan pembersihannya:

  1. Setelah Aeropress digunakan, maka buka tutupnya dan tekan Aeropress sampai filter dan area yang padat keluar.
  2. Bilas alat tersebut dengan hati-hati dan bersihkan segel karet di sekitar  plunge
  3. Jika ada kotoran yang menumpuk di bagian Aeropress Anda dapat menggosok dengan sikat yang dilumuri sabun cuci piring.
  4. Bilas alat tersebut selepas digunakan, perhatikan karet pada plunger. Jika karet sudah rusak maka gantilah dengan yang baru.

Cara  Membersihkan mesin Cold Brew

Mesin Cold Brew ini bervariasi bentuknya dari multi-cup dengan keran, dimana kran itu untuk menuangkannya di cangkir dengan  filter khusus. Perawatan mesin Cold Brew  ini cukup sederhananya hanya membutuhkan beberapa alat seperti:

  • Sabun cuci piring
  • Air
  • Sikat atau spon

Berikut adalah cara untuk membersihkan mesin Cold Brew ini:

  1. Bongkar mesin Cold Brew sesuai dengan manual mesin tersebut. Sebagian besar mesin Cold Brew adalah berupa bejana dengan keranjang filter yang nantinya diisi dengan bubuk kopi lalu diisi dengan air.
  2. Gunakan sabun cuci piring dan spon,  cuci bejana di bagian dalam dan luar. Keringkan lalu pisahkan dengan bagian lainnya.
  3. Bilaslah filter jika saja ada penyumbatan bersihkan dengan kuas dan sabun cuci piring. Siram dengan air panas. Keringkan semua bagian sebelum dirangkai kembali.