Blog Kami

14 Catatan Penting Saat Belajar Brewing di Sekolah Kopi

14 Catatan Penting Saat Belajar Brewing di Sekolah Kopi

14 catatan penting saat belajar brewing di sekolah kopi ini bisa menambah wawasan Anda. Ada jutaan rumah di seluruh dunia menyeduh kopi setiap hari. Anda mungkin sudab kuwalahan jika mencoba menghitung penikmat kopi di daerah Anda sendiri saja.

Sayangnya, banyak orang penikmat kopi yang menyeduhnya setiap hari bahwa setiap saat, hanya sedikit yang mampu membuat racikan kopi nikmat. Sayang sekali kan jika memiliki kopi dengan kualitas premium, tetapi seduhan yang dihasilkan tidak memiliki citarasa yang nikmat?

Sekarang saatnya kita belajar menyeduh kopi dengan benar, mengetahui cara-cara brewing yang tepat. Manfaatnya sudah jelas, kita akan menikmati kopi nikmat hasil ekstraksi yang mengesankan. Maka dari itu, tidak rugi memperhatikan 14 catatan penting saat belajar brewing di bawah ini.

14 catatan penting saat belajar brewing di sekolah kopi yang perlu Anda cermati

1. Dapatkan kopi fresh

Sebenarnya tidak menjadi masalah ketika Anda menyimpan kopi di rumah. Tetapi kopi mengeluarkan gas yang memengaruhi rasa. Gas ini bisa keluar sedikit demi sedikit sehingga berpengaruh pada komponen rasa ketika sudah diseduh. Itulah sebabnya, memesan kopi masih dalam bentuk biji itu lebih disarankan.

2. Pilih kopi berkualitas premium

Sebelum membeli kopi, ada baiknya Anda membaca product knowledge yang tersedia. Pengetahuan tentang produk tentu menjadi hal yang penting untuk dibaca sebelum Anda memutuskan membelinya. Kopi dengan kualitas premium memang biasanya lebih mahal, tetapi rasa yang Anda dapat juga tidak akan mengecewakan.

3. Menimbang kopi secara tepat

Salah takaran sudah barang tentu memengaruhi kualitas cita rasa kopi yang Anda seduh. Terlalu banyak air membuat kopi hambar. Terlalu banyak kopi membuat minuman Anda menjadi pekat sehingga tidak menyenangkan. Untuk menghindari salah takar, sediakan timbangan kopi di rumah Anda.

4. Pilih alat seduh yang pas

Mintalah saran dari ahli kopi atau barista tentang alat seduh kopi. Ini penting karena setiap alat seduh menghasilkan ekstraksi yang berbeda. Meskipun sama-sama kopi arabica, menggunakan alat seduh berbeda, maka hasilnya pun akan berbeda. Anda bisa memilih French Press atau Pur Over untuk penyeduhan yang mudah.

5. Suhu air yang tepat

Untuk melakukan proses brewing, Anda membutuhkan suhu air antara 95 sampai 100 derajat. Jika lebih dari 100 derajat, kopi Anda akan rusak dan tidak memunculkan aroma serta rasa yang diharapkan. Sediakan pengukur suhu di rumah, sehingga Anda bisa menyeduh kopi dengan suhu yang tepat.

Baca Juga  Kopi Kian Populer, Sekolah Kopi Jadi Incaran Mereka yang Ingin Buka Usaha

6. Lakukan penggilingan yang benar

Penggilingan kopi pun sebaiknya Anda sesuaikan dengan mesin brewing juga hasil seduhan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda menggunakan French Press, maka sebaiknya kopi Anda giling dengan kehalusan coarse atau kasar.

Jika Anda menginginkan kopi tubruk, maka Anda sebaiknya menggiling kopi dengan kehalusan super fine atau sangat halus. Sementara jika alat brewing Anda menggunakan Pour Over, giling kopi Anda dengan kehalusan medium.

7. Beri tanggal pada bungkus kopi Anda

Bisa jadi kemasan kopi yang Anda dapatkan tidak mencantumkan tanggal. Anda bisa memberi tanggal sendiri agar bisa mengecek usia kopi yang sudah Anda beli. Supaya informasi lebih akurat, Anda bisa menanyakan kapan kopi tersebut di roasting. Pastikan Anda tidak menyimpan lebih dari 6 bulan untuk kualitas kopi yang fresh.

8. Simpan di tempat aman dan pakai kopi Anda sesuai kebutuhan

Misal Anda punya 1 kg kopi, ambillah sebagian dan pisahkan ke wadah tersendiri. Simpan sisa kopi di tempat yang rapat sampai sebagian kopi yang Anda ambil habis. Ini penting untuk dilakukan untuk menghindari masukkan oksigen yang terlalu banyak  ke dalam kopi sehingga nantinya bisa memengaruhi rasa.

9. Jaga kebersihan alat kopi Anda

Alat-alat kopi yang Anda gunakan harus selalu dalam kondisi bersih. Gunakan air panas untuk membrsihkannya supaya tidak muncul plak. Atau, bisa jadi Anda memiliki alat kopi yang sudah lama tidak terpakai. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu supaya rasa kopi tidak terpengaruh.

10. Pilih wadah kopi kaca atau keramik

Meski tampaknya tidak terlalu penting, tetapi perlu Anda perhatikan wadah untuk menampung kopi hasil brewing. Pilih wadah keramik atau kaca agar tidak berpengaruh pada aroma juga rasa kopi yang Anda seduh. Menggunakan gelas plastik atau kertas mungkin praktis karena bisa langsung buang, tetapi akan berpengaruh pada aroma dan rasa kopi.

11. Bahan makanan tambahan/pemanis

Banyak pecinta kopi yang senang mencampur minumannya dengan bahan makanan tambahan/pemanis. Ada yang senang memberinya creamer agar lebih nikmat, tetapi sebenarnya justru merusak karakter dari kopi itu sendiri.

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu ke kopi Anda, sebaiknya pilihlah pemanis alami seperti ekstrak buah dan gula aren. Atau beri aroma tambahan seperti kapulaga, kayu manis dan kulit jeruk.

Baca Juga  Sekolah Barista Jogja

12. Gunakan air bersih

Anda perlu menggunakan air bersih untuk brewing kopi. Hasil terbaik dari brewing hanya bisa diciptakan dengan air bersih dan bermineral. Usahakan hindari mengambil air langsung dari selang air tanpa penyaring. Gunakan TDS Tester guna memastikan air bersih bermineral yang Anda gunakan memadai.

13. Rajin membersihkan filter kopi

Setela brewing, pastikan Anda selalu membersihkan penyaring kopi yang Anda gunakan. Memang rasanya kita jadi terhambat karena waktu untuk segera menikmati kopi tertunda. Tetapi ini tetap penting Anda lalukan, supaya bekas kopi sampai menjadi kerak atau tumbuh jamur.

14. Jangan memaksakan kehendak

Seperti berpetulang ke banyak tempat, membuat kopi pun merupakan hal yang serupa. Rasa kopi juga selalu soal selera. Jadi, jangan terlalu memaksakan orang lain senang dengan beberapa teknik seduh tertentu. Bagian terpentingnya adalah berbagilah dengan kawan-kawan tentang beragam teknik menyeduh kopi supaya kemampuan dan pengetahuan Anda semakin terasah.

Nah, 14 catatan penting saat belajar brewing di sekolah kopi di atas bisa menjadi hal-hal yang selalu Anda ingat. Apalagi setelah Anda lulus dari sekolah kopi. Tentunya Anda akan semakin tahu apa saja faktor-faktor penentu aroma dan rasa kopi yang diminati.

Sekolah kopi di Coday Coffee Lab and Roastery

Bagi Anda, pecinta kopi yang tinggal di Jogja dan ingin bergabung di sekolah kopi, Coday Coffee Lab and Roastery (Coday Lab) bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Coday Lab tidak hanya tempat belajar kopi langsung dari ahlinya, tetapi juga tempat kongkow yang asik bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu sampai menikmati racikan kopi dari para barista andal.

Tim pengajar yang terpercaya akan mendampingi Anda selama proses belajar dan sesudahnya. Sekolah kopi yang sudah diikuti oleh pecinta kopi dari dalam dan luar negeri ini berlokasi di Jl. Ahmad Wahid No. 53 Sampangan, Mantup, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55197.

Anda bisa berkunjung dijam operasionalnya, mulai dari 09.00 pagi sampai pukul 5 sore. Kemudian, jangan lupa ya dengan 14 catatan penting saat belajar brewing di sekolah kopi di atas. Selamat mendalami kopi lebih jauh dan jangan lupa membagikan pengalaman-pengalaman terbaik saat menyeduh kopi.