Blog Kami

4 Alasan Coffee Shop Merupakan Usaha yang Menjanjikan

Usaha yang Menjanjikan

Usaha yang Menjanjikan – Coffee shop merupakan usaha yang menjanjikan di abad ini. Usaha yang menjanjikan merupakan usaha yang akan bertahan 10, 20, 30 tahun atau bahkan lebih di masa yang akan datang.

Bung dan Nona pasti tahu, banyak sekali usaha-usaha yang menjanjikan. Mulai dari bisnis fashion, bisnis kuliner hingga bisnis membuka sebuah kedai kopi atau coffee shop.

Wah, usaha coffee shop? Sepertinya menarik, apa lagi untuk saat ini varian minuman yang dihasilkan dari sebuah kopi sudah begitu banyak, tidak hanya kopi hitam yang diseduh menggunakan air panas di sebuah cangkir kecil saja.

Kopi sudah bisa dinikmati dengan berbagai variasi, seperti es kopi, kopi dengan tambahan gula, sirup, hingga es krim.

Mungkin Bung dan Nona pernah mendengar orang tua berkata, “Kopi kok dikasih es apa ya ndak bikin kembung?”

Namun, nyatanya sekarang itu justru menjadi sebuah tren. Nah, berarti dahulu kopi itu dinikmati dengan cara yang itu-itu saja, diseduh di sebuah cangkir kecil menggunakan air yang mendidih.

Kopi dinikmati sudah dari zaman nenek moyang kita, dibawa ke Indonesia oleh para kolonial Belanda. Kopi yang ditanam waktu itu baru jenis Arabika saja, namun karena Arabika tidak terlalu kuat akan serangan hama, maka Pemerintah Belanda  menanam varietas yang lain, yaitu Robusta.

Nah, lalu bagaimana bisa sebuah kopi yang merupakan produk dari zaman Belanda ini bisa menjadi sebuah usaha yang menjanjikan di zaman sekarang ini coba? Wah, Bung dan Nona bingung ya?

Tenaaaang, kami akan mencoba mengulas mengapa bisnis Coffee Shop merupakan usaha yang menjanjikan hingga saat ini. Yuk, simak!

Usaha yang Menjanjikan
Coffeepreneur Menjadi Usaha yang Menjanjikan

Coffee Shop merupakan usaha yang menjanjikan memang benar adanya

  • Hampir Sebagian Besar Orang Dewasa Konsumsi Kopi

Secangkir kopi di pagi hari ataupun di sore hari pun tak masalah, jika aku meminumnya bersama kamu.

Menyeruput secangkir kopi sambil menikmati matahari yang perlahan turun di ujung barat, rasanya tenang dan damai untuk jiwa pengembara.

Dua pernyataan di atas tidak sepenuhnya salah, bagi sebagian orang percaya bahwa dengan meminum secangkir kopi dapat merefresh pikiran.

Bahkan, minum secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas kebanyakan orang bukan hanya di Indonesia saja tapi di dunia. Kopi sudah dapat dikatakan sebagai pengganti sarapan.

Bung dan Nona juga pencinta kopi? Ternyata pecinta kopi berasal dari berbagai kalangan, baik yang muda ataupun tua. Budaya minum kopi dari muda ataupun tua ini menguntungkan tidak hanya bagi para petani kopi tapi juga para pebisnis coffee shop.

Baca Juga  Hal-Hal Kecil yang Membuat Barista Tambah Keren

Meengutip dari Vice, Kopi sangat digemari diberbagai negara, salah satunya di Negara Swiss. Di sana jika dihitung jumlah konsumsi per kapita kopinya rata-rata adalah 4,5 kilogram biji kopi per tahun. Data ini diambil rata-rata untuk orang dewasa saja.

Kemudian, di Negara Perancis misalnya, ada seorang penulis terkenal bernama Honoré de Balzac yang mampu menenggak 50 cangkir kopi setiap harinya, agar ia dapat bergadang untuk menulis di malam hari. Namun hal ini semata-mata dilakukan Balzac, untuk menggenjot kreativitas dia dalam menuliskan sebuah buku.

Kemudian, untuk Negara Indonesia sendiri, konsumsi kopi selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Pada tahun 2017 misalnya, orang Indonesia dalam kurun waktu selama setahun mampu mengonsumsi kopi sebanyak 276,2 ribu ton dan pada tahun 2021, konsumsi kopi diprediksi akan meningkat sampai 370 ribu ton.

Bagaimana menurut Bung dan Nona, kopi sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup manusia di berbagai belahan dunia lho. Hal ini tentu sangat berpotensi dan berpeluang sangat besar untuk coffee shop menjadi salah satu usaha menjanjikan bukan?

  • Generasi Milenial Lebih Suka Membeli Kopi

Bung dan Nona pasti tahu donk generasi milenial? Itu lho, generasi yang katanya mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Oiya, untuk saat ini generasi milenial lebih dominan dibandingan generasi lainnya.

Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional 2017, jumlah generasi milenial mencapai sekitar 88 juta jiwa atau 33,75 persen dari total penduduk Indonesia.

Pasti Bung dan Nona bertanya-tanya,  njuk ngopo? Apa hubungannya generasi milenial yang dominan dengan usaha coffee shop?

Wah, ya jelas ada, Bung dan Nona jangan salah.

Survey yang dilakukan oleh “Money Matters” generasi milenial diberbagai negara, baik perempuan ataupun laki-laki yang berusia 18 hingga 35 tahun menghabiskan uangnya untuk membeli kopi di setiap harinya.

Tuhkan, bayangkan saja 88 juta jiwa generasi milenial yang rata-rata berusia 18 hingga 35 tahun sebagian lebih memilih menghabiskan uangnya untuk membeli kopi. Saatnya Bung dan Nona memanfaatkan peluang ini untuk membuka sebuah coffee shop, mengingat generasi milenial lebih suka membeli kopi daripada membuatnya sendiri.

Sebagian besar orang setuju, bahwa hari baru dimulai setelah meminum secangkir kopi. Termasuk di Indonesia, mereka memiliki kebiasaan minum kopi secara teratur setiap harinya.

Usaha yang Menjanjikan

  • Indonesia Penghasil Biji Kopi Terbesar Keempat

Bung dan Nona sudah tahu belum jika Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat? Jika Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar keempat pasti kopi yang dihasilkannya memiliki ciri khas tersendiri dan harga beli biji kopi pun lebih murah dibanding di negara-negara yang tidak menghasilkan kopi.

Menurut data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin mengatakan, Data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin menyatakan, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Baca Juga  Yuk Gabung Bersama Waralaba Coffee Shop Jogja

Jika Indonesia merupakan negara penghasil terbesar, tentu lebih mudah bukan untuk membuka usaha coffee shop? Dan tentu saja dengan harga biji kopi yang terhitung murah karena di dapatkan di negara sendiri, kalau faktanya begini usaha coffee shop merupakan usaha yang menjanjikan sih.

Nah, pada kesempatan ini kenapa Bung dan Nona tidak mencoba untuk terjun ke usaha coffee shop?

  • Kopi Sebagai Salah Tahu Penunjang Kesehatan

Kopi selain sebagai minuman pembuka sebuah hari yang baru, ternyata kopi dapat sebagai penunjang kesehatan lho.

Ada dua penelitian yang meneliti tentang khasiat kopi dari segi kesehatan.

Penelitian pertama, dipimpin oleh professor preventative medicine di USC Wendy Setaiwan mengungkapkan mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi kopi minimal satu cangkir sehari memiliki resiko kematian lebih rendah 12% lebih panjang daripada mereka yang tak doyan menyeruput kopi. Kopi dianggap dapat membuat peminumnya panjang umur.

Penelitian kedua, dilakukan oleh peneliti London Imperial. Para peneliti ini menggunakan 14.000 individu untuk melihat penanda biologis dalam sistem metabolisme.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa peminum kopi cenderung memiliki hati yang lebih sehat dan kontrol glukosa yang lebih baik daripada mereka enggan menyentuh kopi sama sekali.

Nah, dewasa ini banyak konsumen Indonesia yang mulai sadar akan gaya hidup sehat. Ini akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan apabila Bung dan Nona membuat konsep kopi sehat di coffee shop Anda.

Paket Usaha Coffee Shop Bersama Coday Coffee Lab & Roastery

Kita telah membahas 4 alasan coffee shop merupakan usaha yang menjanjikan. Apakah Bung dan Nona sudah memutuskan ingin membuka sebuah coffee shop?

Coday Cofee Lab & Roastery memiliki paket usaha Coday yang menawarkan tiga paket, yaitu: Paket Coffeepreneur, Paket Coffee Express, dan Paket Coffeeshop.

Bung dan Nona cukup menyediakan tempat dan karyawan. Karena disetiap paket tersebut tersedia fasilitas traning untuk karyawan yang hendak bekerja di coffee shop Bung dan Nona. Bung dan Nona jangan khawatir, traning akan dipandu dan dilatih oleh barista pilihan.

  • Paket Coffeepreneur

Dengan harga mulai dari Rp 14.000.000,00 mendapatkan fasilitas:

  • electric grinder
  • manual brewing tools
  • roasted bean
  • other ingredients
  • other equipments
  • training package
  • SOP & barista guidance
  • Paket Coffee Express

Dengan harga mulai dari Rp 95.000.000,00 mendapatkan fasilitas:

  • ekspresso machine
  • electric grinder
  • manual brewing tools
  • roasted bean
  • training package
  • SOP & Barista Guidance
  • Paket Coffeeshop

Dengan harga mulai dari Rp 125.000.000,00 mendapatkan fasilitas:

  • ekspresso machine
  • electric grinder
  • mini a electric grinder
  • manual brewing tools
  • roasted bean
  • training package
  • bussiness consultation
  • marketing guidance
  • quality control
  • SOP & Barista Guidance

Informasi lebih lengkap mengenai paket usaha Coday, silakan hubungi 08976891722 (Ichad).

Demikian, ulasan mengenai 4 alasan coffee shop merupakan usaha yang menjanjikan. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk Bung dan Nona!