Kopi Robusta India

Kopi Robusta India – Sebagian Roaster asal Amerika membeli kopi hijau dengan  aturan yang simpel “Arabika itu baik, Robusta itu buruk.” Roaster melakukan hal tersebut karena mereka hanya mengenal robusta kemasan yang  murah. Jenis robusta yang biasanya sering ditemukan di supermarket.

Fakta bahwa beberapa Robusta sebenarnya bisa bersih, kualitas tinggi, dan cocok untuk dimasukkan dalam campuran espresso papan atas adalah hal yang sudah dimengerti oleh para roaster di Amerika. Namun, robusta berkualitas tinggi sulit diperoleh. Hanya kopi robusta India yang memiliki kualitas tinggi dan pas sekali untuk dijadikan campuran menu espresso.

Sebenarnya yang membedakan robusta berkelas tinggi dengan robusta lain adalah tingkat kepedulian. Semakin dirawat dengan baik, maka output kopi robusta akan semakin berkualitas juga. Perkebunan kopi robusta India memiliki proses penanaman, perawatan dan pasca panen yang sangat baik.

Beberapa hal yang membuat faktor-faktor kopi robusta India memliki kualitas tinggi adalaah tingkat ketinggian (hingga 1400 meter), media tanam yang baik. Kemudian menekankan kualitas biji dari pada hasil tanaman, menyeleksi biji terbaik, cuci dan proses pengeringan dengan berhati-hati, serta penyortiran dan grading dengan teliti.

Baca Juga  Agus Prasetio Profesor Kopi Coday Lab & Roastery Jogja

Kopi robusta India adalah robusta yang paling bersih dan paling lembut.  Tidak ada rasa after taste karet yang biasanya melekat pada kopi. Hal ini yang memungkinkan kopi robusta dari India memainkan peran integral dalam campuran espresso Italia dan Eropa. Sehingga pasar kopi robusta India terbuka lebar.

Robusta kualitas super ada loh

 

Karakter Biji Robusta India

Unik dan lembut adalah karakteristik kopi Robusta. Dalam kenyataannya, sebagia besar tanaman kopi robusta berasal dari India. Dari sekian banyak hibrida di India tahun 1930-an, Seleksi-274 adalah yang terbaik dalam hal ukuran biji kopi.

Kopi Robusta saat diroasting mengeluarkan aroma yang luar biasa. Aromanya  didominasi buah, sangat kuat, dan sangat manis.  Kopi robusta memiliki rasa buah-buahan dan memiliki aftertaste yang panjang. Ketika lidah bersentuhan dengan robusta yang sudah diseduh, langsung saja pikiran akan ingat pada rasa plum dan tembakau.

Kopi robusta India bisa dibuat menu espresso atau manual brew.  Saat Bung & Nona ingin menu espresso dari biji kopi robusta, ada beberapa hal yang bisa didapatkan.

Pertama, kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dari pada biji arabika. Kedua, karena kebanyakan orang Amerika mengkonsumsi espresso dalam minuman berbasis susu, kopi robusta pas sekali untuk dijadikan campuran. Manfaat kopi robusta yang paling signifikan adalah meningkatkan stamina dan umur panjang.

Nah, bagi yang mau belajar menu robusta espresso dan manual brew, silahkan datang ke Coday Coffee Lab & Roastery Jogja. Belajar kopi sambil ngopi.

Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik di Jogja yang Harus Anda Kunjungi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *