Kopi Dari Papua Ini Harganya RP 5,3 Juta Per Kilogram

Coday- Ada jenis kopi arabika dari Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua menjadi termahal di Indonesia dengan harga Rp 5,3 juta per kilogram. Dari  hasil lelang dalam Festival Kopi Papua 2018. Kopi Tiom ini berhasil ditawar Pejabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam lelang kopi di Festival Kopi Papua 2018, yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua di Kota Jayapura, 3-4 Agustus 2018.

Kopi variety Arabica Typica dari Tiom  dengan harga Rp 5,3 juta per kilogram ini,  ditanam pada  ketinggian 2.150 meter di atas permukaan laut yang ditanam oleh warga lokal setempat bernama Paulus.

Baca Juga  Apakah Peracik Kopi di warung Pojok Desa Disebut Barista?

Menurut Piter Tan, pengelola Kopi Tiom yang mewakili Paulus menyebut jika Kopi Tiom ditanam di tanah asli pegunungan tengah Papua dan bukan yang di-planting.  Apalagi iklim di daerah Tiom yang sangat mendukung untuk menciptakan rasa kopi yang hanya ada satu-satunya di Indonesia ini.

Biji kopi Papua sedang dipetik oleh petani (Sumber: tukangpetualang.blogspot.com)

Pejabat Gubernur Papuua, Soedarmo menyebut dirinya sengaja membeli harga kopi milik petani Kopi Papua dengan harga Rp5,3 juta sebagai penghargaan kepada usaha petani dan bisa  hadir dan ikut festival kopi. Ini juga memberikan dorongan kepada petani untuk tanam kopi, mengelola kopi dan jangan ada lagi lahan kopi yang nganggur.

Harga tertinggi lain dimiliki Kopi Timika, Kabupaten Mimika, Papua dengan jenis kopi variety Arabica yang dimiliki petani bernama Yanus Beanal. Kopi ini ditanam di ketinggian 2.5000 meter di atas permukaan laut. Kopi Timika dibeli dengan harga Rp650 ribu per kilogram.

Harga yang sama juga diraih Kopi Walesi-Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua yang dimiliki oleh Maximus Lani. Kopi jenis variety Arabica Typica ini ditanam pada ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *