Blog Kami

Cupping Test di Gudang Kopi House Blend

Gudang Kopi House Blend

Gudang Kopi House Blend – Dalam sebuah industri kopi, bubuk atau biji kopi matang yang siap jual melalui bebrapa proses. Proses tersebut tidak hanya sekedar memanggang setelah pasca panen. Ada tahapan yang disebut dengan cupping test.

Menikmati secangkir kopi itu tidak hanya sekerdar menyeruput dan meneguknya saja. Ada cara tersendiri untuk menikmati kopi untuk mendapatkan esensi dari secangkir kopi. Apa sih cupping test Itu?

Cupping Test Seni Mengenal Kopi

  • Apa itu Cupping Test

Di dalam dunia kopi, terdapat istilah yang disebut dengan cupping. Cupping ini merupakan sebuah seni dalam menikmati secangkir kopi.

Cupping adalah tindakan menghirup aroma kopi, menyeruput, lalu meneguknya secara perlahan. Layaknya menikmati anggur, seni cupping dalam kopi juga serupa.

Proses cupping test bertujuan untuk menetahui kualitas biji kopi. Dalam menentukan kualitas biji kopi, Kita acap kali menilai berdasarkan keserasian antara aroma dan rasa.

Namun, faktanya rasa dan aroma pada secangkir kopi sangatlah kompleks. Saat mulai menyruput lalu menelannya secara perlahan, saat hendak mendeskripsikan rasa tersebut, nyatanya bukanlah hal yang mudah.

Aroma pada kopi merupakan salah satu elemen penting. Mencium aroma kopi, Kita dapat membayangkan rasa kopi di dalamnya. Selain aroma, kopi dalam jenisnya terdapat lebih dari sekitar 800 cita rasa.

  • Cara Melakukan Cupping Test

Untuk dapat mendapatkan aroma dari sebuah kopi, Bung dapat melakukan cara berikut ini. Cara ini biasa disebut dengan Aroma Lab.

Pertama-tama hirup aroma kopi, pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam. Lalu,  sruput dan telan pelan-pelan.

Saat mulai mencium, pastikan pikiran kita fokus. Tanpa visual, indera penciuman Kita bisa menjadi lebih tajam. Sehingga Kita dapat lebih fokus untuk mendapatkan aromannya.

  • Seberapa Penting Cupping Test

Cupping test untuk urusan komersil, dibutuhkan orang yang profesional. Tapi, jika untuk urusan non komersil, cupping test dapat dilakukan oleh siapapun. Kopi yang Bung dan Nona minum selama ini.

Entah itu meracik sendiri atau membeli disebuah coffee shop. Sebelum kopi itu sampai ke tangan customer, kopi memang melalui beberapa tahapan proses panjang.

Baca Juga  Anda Ingin Teko Kopi Anda Bersih Mengkilat?

Kopi akan di cicipi oleh seorang cupper untuk mendapatkan rasa yang sama. Testing kopi ini dilakukan untuk menjaga konsistensi sebuah kopi.

Jika terdapat rasa yang berbeda dari yang seharusnya, berarti ada yang salah ketika proses pengolahan. Misalnya tingkat kematangan saat roasting.

Seperti pada umumnya, sebagai gudang kopi house blend, kopi-kopi yang tersedia di Coday Coffee juga melewati proses cupping test. Baik kopi single origin maupun kopi house blend semuanya melalui proses tersebut.

Proses cupping test di Coday Coffee dilakukan oleh seorang profesor kopi. Profesor kopi ini adalah orang yang telah ahli menangani kopi.

Profesor kopi ini sudah mendalami dunia perkopian. Beliau telah terjun selama bertahun-tahun. Beliaupun telah belajar dari dalam hingga luar negeri.

Gudang Kopi House Blend
Cupping Test Di Gudang Kopi House Blend

Macam-macam Rasa Kopi

Cupping test digunakan untuk mengetahui rasa yang terdapat pada kopi yang telah diolah. Sudahkah sesuai dengan karakteristik kopi pada umumnya atau belum. Untuk dapat melakukan cupping test dengan baik, membutuhkan fokus dan kepekaan.

Bung dan Nona, setelah Kita tadi membahas mengenai cupping test. Kali ini mari Kita mengenal rasa atau karakteristik yang ada dalam kopi. Berikut ini adalah karakteristik kopi yang umumnya dinilai pada saat cupping test.

  • Sweetness atau rasa manis

Kopi yang terlihat kurang menarik untuk sebagian orang karena rasa yang dominan lebih ke pahit. Namun, jika Bung dan Nona mengamatinya langsung seperti saat cupping test. Pada saat itu cupper menilai dan mencari seberapa banyak kandungan rasa manis yang dimiliki kopi tersebut.

Setiap kopi memiliki kadar kemanisan yang berbeda-beda. Rasa manis pada kopi meupakan sifat yang paling banyak dicari dari secangkir kopi. Selain itu, kopi yang baik biasanya memiliki kandungan rasa manis yang tebal.

  • Acidity atau keasaman

Jika rasa manis sadalah sifat yang banyak dicari orang, sedangkan karakteristik kopi yang mudah ditemukan adalah rasa asam. Rasa asam dalam secangkir kopi bisa langsung ditemukan saat sruputan pertama.

Rasa asam bisa mengalihkan pahitnya kopi dari lidah Kita. Kopi yang memiliki rasa asam yang kuat dapat dikategorikan sebagai sour atau asam sekali. Kandungan asam dalam tiap jenis memang berbeda. Kandungan asam pada kopi yang pas membuat kopi lebih crispy atau chruncy.

  • Mouthfeel

Karakteristik umum yang dicari selanjutnya adalah mouthfeel. Mouthfeel adalah rasa yang hadir ketika kopi masuk kedalam mulut, bersentuhan dengan lidah dan langit-langit mulut. Sensasi penuh di mulut akan lebih terasa yang mana, creamy atau heavy.

  • Flavor

Karakteristik yang lebih sulit untuk dinilai adalah flavor. Dibalik bahitnya kopi, selain rasa asam dan manis, kopi biasanya mengandung unsur rasa lain. Unsur tersebut seperti rasa buah-buahan , rempah, dan lain-lain.

Baca Juga  Budaya Ngopi Masyarakat Belanda

Rasa tersebut dapat di rasakan ketika Bung dan Nona mengamatinya dengan seksama. Biasanya, dengan menghirup aroma kopi, memjamkan mata, menyruput sedikit, pelan-pelan Bung dan Nona akan mendapatkan rasa tersebut.

Gudang Kopi House Blend
Cupping Test Oleh Profesor Kopi

Kami Juga Melakukan Cupping Test

  • Alamat Gudang Kopi House Blend

Jika Bung dan Nona sedang supplier kopi house blend, Silahkan datang ke tempat Kami di Jalan Ahmad Wahid No 53 Sampangan, Mantup, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Kami menyediakan berbagai jenis kopi. Mulai dari kopi single origin hingga kopi house blend.

Kopi yang Kami sediakan selalu diolah dengan takaran yang pas. Menggunakan teknik yang tepat dan benar.

Tidak ketinggalan, dalam memproduksi kopi-kopi tersebut Kami lakukan dengan sepenuh hati. Ini karena supaya setiap orang yang meminumnya bisa menenangkan jiwa.

Kopi house blend yang Kami sediakan ada beberapa jenis. Mulai dari perpaduan antara robusta dengan arabika, hingga kopi house blend yang terbuat dari seratus persen arabika. Kopi house blend  yang dibuat juga melalui tahap cupping test.

  • Cupping Test di Coday Coffee

Sebelum kopi sampai ke tangan pelanggan, Kami juga melakukan proses cupping test terlebih dahulu. Cupping test di Coday Coffee dilakukan oleh beliau profesor kopi. Hal ini dilakukan tidak lain untuk menjaga karakteristik kopi itu sendiri.

Baik itu kopi single origin atau kopi house blend sekalipun, tetap saja perlu dilakukan cupping test. Kalau pada kopi single origin, dilakukannya cupping test sudah jelas jika itu untuk menjaga karakteristik kopi. Apakah sudah tepat atau belum dengan karakter kopi pada umumnya.

Sedangkan cupping test pada kopi house blend dilakukan untuk menjaga eksistensi rasa. Misalnya, dari awal ingin menciptakan suatu rasa dan rasa itu menjadi ciri khas.

Bung dan Nona yang ingin mencoba untuk melakukan cupping test, bisa juga loh. Caranya mudah, Bung dan Nona hanya tinggal daftar saja sebagai siswa di Sekolah barista di tempat Kami.

Yuk langsung datang saja langsung ke Gudang kopi house blend. Segera rasakan betapa nikmatnya kopi house blend Kami. Untuk informasi lebih lanjut, dapat hubungi nomor yang sudah tertera di halaman website Kami.