Blog Kami

5 Biji Kopi Indonesia yang Populer di Dunia

Coday.id_biji kopI Indonesia

Coday- Alasan negara-negara Eropa menjajah Indonesia adalah karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki alam Eropa. Eropa yang dingin membutuhkan kekayaan alam Indonesia yang menghasilkan biji-bijian dan rempah-rempah. Biji-bijian dan rempah-rempah tersebut  diolah sebagai alat untuk menghangatkan tubuh.

Kita adalah negara yang kaya alamnya. Untuk memenuhi ekonomi Belanda setelah perang Jawa 1825 yang menghabiskan anggaran, maka Belanda mengeluarkan kebijakan tanam paksa. Proses tanam paksa tersebut bertujuan keuntungan ekonomi Belanda. Produk-produk hasil tanam para petani di jual ke pasar Eropa oleh Belanda dengan harga yang fantastis. Sementara petani Indonesia banyak yang miskin. Kalau harga produk alam Indonesia di pasar Eropa sangat fantastis, hanya ada dua kemungkinan besar. Pertama, produk Indonesia unggul secara kulitas di Eropa. Kedua, produk Indonesia di Eropa berkualitas dan permintaan pasar di eropa sangat tinggi.  Bahkan setelah kemerdekaan, tepatnya pada masa orde baru sekitar tahun 1979, kodok Indonesia sangat di minati di pasar internasional, termasuk belanda, spanyol, dan amerika.  Jumlah ekspor kodok pada tahun tersebut mencapai 1.300 ton.

Coday.id_Biji Kopi Indonesia yang Terkenal di Indonesia
Biji Kopi Indonesia yang terkenal di luar negeri

Sampai sekarang, produk alam Indonesia sangat diperhitungkan. Biji kopi asal Indonesia juga diperhitungkan di pasar Internasional dan memiliki banyak peminat di luar negeri. Berikut adalah biji kopi Indonesia yang populer di luar negeri yang wajib kamu nikmati, sebelum dinikmati orang luar negeri. Kopi Luwak  Kopi Luwak adalah kopi yang sudah dikenal seantero dunia. Kopi yang dihasilkan dari proses memberi makan luak lalu fesenya diolah menjadi kopi ini memang spesial. Sebuah kopi yang prosesnya indah. Kopi Luwak ini hanya ada di Indonesia. Negara lain tidak memiliki kekayaan hayati seperti Indonesia.  Namun, kopi luwak ini sangat mahal, bagi masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah, bisa jadi tidak dapat menikmati kopi luwak ini. Kalau soal rasa, kopi luwak ini memiliki rasa pahit serta getir asam yang terasa di lidah.

Baca Juga  Cara Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tetap Nikmat
Kopi Sidikalang Sidikalang terletak di Sumatra utara. Untuk sampai ke daerah tersebut dari medan dubutuhkan waktu hingga 4 jam. Kopi hasil tanah Sidikalang dan petani Sidikalang sudah terkenal ke seluruh dunia dan ikut bersaing di pasar kopi seluruh dunia. Rasa yang khas dari kopi sidikalang adalah tanah serta hawa dingin. Kopi Sidikalang serta kopi-kopi asal Sumatera memiliki tekstur halus dan arom wangi menusuk hidung membuat hati dan pikiran tenang. Kopi Toraja Setiap kopi memiliki rasa spesial masing-masing. Namun, rasa spesial tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Rasa dan aroma spesial tersebut di pengaruhi banyak hal. Mulai dari tekstur tanah, ketinggian, roasting, hingga teknik mengolah. Nah, kopi toraja adalah contoh kopi yang spesial. kenapa spesial? Karena kopi ini tumbuh di tanah toraja yang dihuni etnis toraja serta terletak di wilayah pegunungan yang basah dan lembab.  Al-hasil kebun kopi bisa tumbuh subur dan menghasilkan kopi yang enak.  Aroma wanginya memikat setiap orang yang menciumnya. Bahkan kopi toraja ini sudah diekspor ke Jepang dan yang menikmatinya hanya golongan menengah ke atas. Kopi Preanger Kopi jenis Arabica Preanger sudah terkenal seantro dunia ketika masa penjajahan Belanda. Para bangsawan Eropa yang pernah mengunjungi Inodnesia pada masa penjajahan Belanda, khususnya wilayah Garut Jawa Barat pasti kenal dengan kopi ini. Kini masyarakat dunia masih banyak yang ingin menikmati kopi Garut. Salah satu keunikan kopi preanger adalah bijinya yang merupakan keturunan langsung kopi Arabica Kenya. kog bisa langsung dari Kenya? kopi tersebut di bawa belanda dari Kenya ke Indonesia. Rasa kopi preanger tiada duanya dan kita wajib menocbanya.
Baca Juga  Kopi Asal Garut Ini Dibandrol Rp 2 Juta Per Kilogram
Kopi Wamena Kita mengenal wamena mungkin dari sepakbolanya yaitu Persiwa Wamena. Nah, kita juga harus tahu kalau di Wamena juga ada kopi spesial yang sangat lezat. Kopi arabika asal wamena memang spesial sehingga di terima masyarakat global dan terkenal di dunia internasional. Wamena terletak di lembang pegunungan Jayawijaya. Udaranya sangat dingin, hingga titik 15 -20 derajat celcius, sehingga kopi tumbuh snagat subur di sana.  Beberapa sumber menganggap bahwa kopi wamena adalah kopi yang masih alami. sebab petani wamena belum menggunakan pestisida  atau pupuk kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *