Blog Kami

Solusi Terbaik dan Tercepat Masalah Pembuatan Kopi

coday.id_solusi terbaik masalah kopi

Coday- Kopi nikmat nan fresh merupakan aset berharga untuk bisnis café. Bagaimana barista melayani pelanggan juga hal yang mesti dipersiapkan. Kopi adalah produk penyeimbang yang cukup hebat saat ini tanpa memandang usia, lokasi, rasa makanan, bahkan ketika orang lelah selepas perjalanan jauh.

Tapi memiliki mesin kopi bisa juga membantu pekerjaan barista namun ada kalanya juga tantangan tersendiri. Mulai dari menjaga biji kopi agar tetap segar, belum  memperbaiki mesin saat mesin kopi ngadat. Jika  yang salah adalah barista maka  resiko pelanggan merasa tidak suka dan berpotensi untuk tidak lagi mampir ke café  Anda.

Ada beberapa masalah dalam pembuatan kopi yang paling umum. Tapi jangan kawatir sebab ada solusi perbaikan cepat yang tidak akan mengganggu pekerjaan Anda. Lagi pula Anda  tidak ingin pelanggan pergi meninggalkan café.

Espresso terlalu tipis

Apabila Anda mesin espresso menghasilkan tembakan yang tipis, berminyak, atau berair itu berarti tanda ada ketidakberesan. Pertama adalah memeriksa tanggal produksi biji kopi, jika  biji tersebut dipanggang dan disegel sebaiknya tiga minggu sebelumnya maka akan kekurangan viskositas. Periksa juga tingkatan kopi yang akan digunakan dan suhu mesin karena keduanya dapat membuat espresso menjadi tipis.

Baca Juga  Tidak Ada Cara Cepat Menjadi Barista Meski Anda Seorang Nabi

Tak ada krema

Indikasi yang bisa Anda lihat ketika ada ketidakberesan pada mesin adalah lapisan krema yang tipis, sangat bergelembung, atau sama sekali tak ada gelembung. Ini karena kopi kelewat segar maka biarkan biji kopi beberapa hari agar lebih mengendap setelah dipanggang. Ingat bahwa penggunaan berdasarkan tanggal tidak lebih dari 21 hari setelah pemanggangan.

Produksi yang lambat 

Apakah pelanggan Anda mengeluh jarena menunggu pembuatan kopi yang terlalu lama? Apapun yang melebihi lima menit itu terlalu lama bagi pelanggan, terutama mereka yang ingin membawa pulang. Masalah ini muaranya adalah pelatihan barista, maka pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengajari barista yang masih pemula mengenai bagaimana mereka membuat kopi yang berkualitas tinggi dan yang lebih penting adalah melayani dengan cepat.

Baca Juga  Jangan Mengaku Pecinta Kopi Jika belum Tahu Tentang Cupping Coffee

Masalah filter air

Masalah yang terbesar dalam café adalah akibat mesin kotor daripada rusak. Peningkatan skala dalam mesin kopi adalah masalah harga yang mahal, dimana ini membutuhkan penggantian suku cadang. Maka pastikan menggunakan filter yang tepat untuk mesin untuk menghindari masalah ini.

Kopi basi atau kadaluarsa 

Menyimpan kopi dalam sebuah wadah yang transparan memang menarik, tapi ingat bahwa sinar matahari akan membuat rasa kopi Anda berubah. Maka usahakan untuk menyimpan biji kopi di tempat yang sejuk dan gelap dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah pembusukan dan pudarnya rasa.

Maka berjaga-jagalah terhadap rusaknya mesin kopi dan roaster. Selain itu pastikan staf  menghubungi Anda kapanpun ada masalah. Jangan panik kala masalah ini pastikan café berjalan apa adanya dengan  tetap melayani pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *