Coday.id_Senyuman Barista

Kekuatan Senyum Barista Membuat Hari Pelanggan Berwarna

Coday- Sadar atau tidak ketika Anda memasuki sebuah café para barista akan menyapa dengan ramah. Tampak senyum mewarnai wajahnya seakan-anak mencerahkan hari Anda. Meski hari-hari Anda terasa berat dan melelahkan, senyuman barista yang begitu menenangkan seperti sebuah penawar.

Seperti pengalaman seorang blogger bernama Lucie D saat mengunjungi café di kota Bristol.  Saat ia mendorong pintu café tersebut, seorang barista tersenyum sambil mengatakan ‘ Halo!’. Barista itu tampak sangat gembira. Sementara Lucie juga menjawab ‘ Halo apa kabar hari ini?’. Ia berpikir bahwa barista itu sedang dalam kondisi bahagia meski mungkin sebetulnya tidak dimana itu adalah bentuk pelayanan terhadap pengunjung.

Tapi apa yang dilakukan oleh barista terhadap Lucie berdampak positif yang luar biasa. Tapi ini tak hanya Lucie yang diperlakukan oleh barista. Semua pengunjung akan diberi senyuman kala pertama kali masuk café tersebut.

Bagaimana barista mengubah hari Anda?

Bukan sebuah lelucon dimana hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian dimana ketika orang tersenyum maka ia akan terlihat lebih menarik. Dalam artian seseorang terlihat lebih tampan atau cantik ketika mereka tersenyum. Seakanmereka memberikan perasaan yang menghubungkan, ingin mengobrol, atau hanya tersenyum kembali pada mereka.

Baca Juga  Proses Pulp Raisin untuk Menghindari Cita Rasa Fermen
Tersenyum sehingga Anda lebih bahagia    

Kekuatan luar biasa dari otak Anda digunakan ketika saat gembira, netral, atau sedih. Mari dibahas sedikit mengenai otak manusia. Saat menjalani situasi yang akan membuat emosi positif tumbuh, otak akan mengaktifkan sirkuit saraf yang berhubungan dengan kebahagiaan, yang meliputi emosi kegembiraan, kebahagiaan, antusiasme, optimisme, pikiran umum dan kenangan yang berkaitan dengan emosi.

Otak manusia bekerja begitu pintar. Jika Anda tersenyum tanpa merasakan emosi positif dan bahkan lebih lagi jika Anda merasa emosi negatif, hal itu mengaktifkan otot-otot yang berhubungan dengan sukacita, kebahagiaan, cinta atau pengaruh yang bagus lainnya.

Tersenyum akan membuat orang sekitar merasa lebih baik

Sama seperti cerita hari itu dengan barista yang tersenyum pada semua pengunjung, dan berimbas kebahagiaan. Karena lagi-lagi soal otak karena mengandung neuron yang oleh para ilmuwan disebut neuron cermin.  Neuron-neuron tersebut diaktifkan saat tersenyum, tapi juga ketika orang lain tersenyum pada Anda. Saat orang lain tersenyum pada Anda  bagian  neuron  terlibat dalam sirkuit maka Andapun membalas dengan senyuman.

Akibatnya Anda akan merasa lebih bahagia karena juga akan mengaktifkan neuron lain yang terlibat dalam emosi positif dan pikiran positif. Tentu saja intensitas  aktivasi ini mungkin  lebih rendah daripada  jika Anda hidup dalam situasi positif tetapi hal itu masih saja memiliki dampak. Anda mungkin mencoba untuk meningkatkan dampak positif ini dengan mencoba mengingat kenangan indah, yang akan kembali mengaktifkan sirkuit emosi positif Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *