Proses Pengolahan Full Wash Menghasilkan Kopi Terbaik

Coday- Proses pemetikan biji kopi untuk memperoleh kopi kualitas bagus. Ini yang dinamakan sortasi juga dilakukan  dengan  metode perambangan yaitu dimana buah kopi direndam lalu kopi yang tak berkualitas baik seperti yang diserang hama atau busuk akan mengambang.

Setelah dilakukan sortasi ini maka kemudian dilakukan pengupasan menggunakan mesin pulper dengan bantuan air (pulping). Kemudian dilakukan perendaman dalam air selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu dilakukan penjemuran agar tercapai kadar pada biji sebanyak 12% saja. Proses ini dapat menghasilkan kopi dengan kualitas yang bagus akan tetapi memerlukan air yang banyak untuk memrosesnya.

Kala biji kopi dipetik untuk proses full wash (Sumber: cdn.vox-cdn.com)

Karakter kopi yang dihasilkan adalah kopi dengan karakter rasa mild/ringan. Setelah dilakukannya penjemuran tersebut maka kopi sudah siap untuk diroasting ataupun untuk disimpan. Tentu penyimpangan yang dilakukan harus menghindari kopi dari berbagai faktor yang mampu merusak kualitas  kopi tersebut. Antara satu proses pasca panen yang satu dengan lainnya yang menghasilkan ciri khas masing-masing terutama dari segi keasaman. Setelah dilakukannya penjemuran tersebut maka kopi sudah siap untuk diroasting ataupun untuk disimpan.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Pahitnya Bisnis Kopi di Tengah Pandemi

Tentunya penyimpanan yang dilakukan harus menghindar kopi dari berbagi faktor yang mampu merusak kualitas  kopi tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *