Blog Kami

Ngaku Pecinta Kopi Hitam, Apakah Kamu Seorang Coffee Snob?

Kopi Hitam

Kopi Hitam – Gaya hidup minum kopi saat ini sebagian besar sudah dikuasai oleh anak muda. Tidak menutup kemungkinan memicu munculnya para coffee snob . Ada juga orang-orang penyuka kopi yang tidak ingin disebut dengan istilah coffee snob , karena mereka berpikiran istilah tersebut mengarah ke sikap seperti ‘sok-sokan’ dan sombong.

Hmm, sepertinya Kita perlu mengulas lebih dalam tentang arti sebuah kata ‘coffee snob ’, supaya Kita mendapatkan penjelasan yang benar , sehingga dapat menggunakannya dengan tepat.

Coffee Snob Dengan Berbagai Macam Pemahaman

Coffee snob  bisa dikatakan sebagai seorang yang memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap sebuah  dan minuman kopi yang mereka konsumsi. Biasanya, didukung dengan kopi saset, kopi dari luar, namun sangat membanggakan kopi produk lokal.

Jika dirangkum dari beberapa sumber yang membahas tentang fenomena coffee snob , entah itu dari sebuah situs kopi hingga gaya hidup sekalipun,  sebenarnya dapat di tarik lurus bahwa coffee snob  merupakan cara seseorang untuk menikmati sebuah kopi.

Menikmati disini memiliki cenderung bagaimana Ia menghayati sebuah kopi. Bagaimana idealisme mereka tentang secangkir kopi. Hal ini tentu didasarkan oleh perasaan cinta mereka pada kopi, sehingga mereka selalu menghargai setiap proses yang dilalui dalam sebuah secangkir kopi.

Berdasarkan situs sebuah situs kopi, seorang coffee snob  yang datang ke sebuah coffee shop untuk memesan kopi dan ingin membuatnya sendiri. Disini kita dapat melihat beberapa pandangan. “Wah, Kamu memang benar-benar pecinta kopi, sampai-sampai harus membuat kopimu sendiri”.

Tapi tak sedikit juga yang beranggapan “Apaan sih, ngapain coba? Kan kita juga bayar. Toh disini juga ada barista yang handal. Buat apa ribet-ribet buat kopi sendiri, kan tinggal percayakan saja pada barista yang ada”.

Memang sih, jika melihat secara sekilas pasti orang-orang seperti itu justru  dianggap mengganggu kerja para barista. Tapi disisi lain, ini hanya sebuah tindakan dimana Ia ingin menikmati kopi dengan caranya sendiri. Mereka tidak ingin menyia-nyikan kopi. Para coffee snob  ini ingin benar-benar dapat merasakan kopi dengan sangat baik.

Sedangkan berdasarkan suatu situs gaya hidup melihat hal ini dilihat sebagai proses apresiasi terhadap sebuah kopi. Mereka ingin lebih menghargai kopi dengan memperhatikan asal usul kopi, proses pasca panen, tingkat roasting yang tepat, hingga metode penyeduhan.

Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik Indonesia

Dari pembahasan diatas mungkin Bung dan Nona sudah mendapatkan gambaran tentang coffee snop si pecinta kopi hitam. Nah, mengapa sih coffee snop ini masih merujuk pada konotasi yang negatif. Hmm, yuk lanjut simak ulasannya berikut ini.

Sebagai Pecinta Kopi Hitam, Coffee Snob Masih Identik Dengan hal Negatif?

Jika liat telaah lebih jauh, sebenarnya coffee snob  ini tidaklah memiliki konotasi yang negatif. Mari kita telaah lebih jauh tentang fenomena yang satu ini.  Coffee snop sebenaranya lebih sama dengan orang yang memiliki hobi, hobi dengan kopi.

Jika seorang coffee snob  selalu dapat menempatkan diri sesuai dengan lingkungannya, maka itu jelas tidak akan menjadi suatu masalah. Anggaplah seorang coffee snop ini sama seperti gamers. Mereka memiliki sisi positif dan negatif.

Ia akan menjadi positif apabila berbicara sesuai dengan konteks dan lingkungan. Dan akan menjadi negatif ketika ia tidak berbicara sebuai dengan konteks dan lingkungan. Sebagai pecinta kopi, akan menjadi salah ketika Ia mengaku sebagai pecinta kopi namun berbicara di ruang publik yang tidak sesuai dengan konteks.

Ruang publik bisa dikatakan sebagai tempat yang bisa mengangkatmu bahkan juga bisa menjatuhkanmu dalam-dalam. Ruang publik memiliki kawasan yang tak terhingga. Ada banyak sekali pendapat yang berlawanan dengan argumentasimu. Di sana pendapat-pendapat yang harus untuk dihormati.

Agar Bung dan Nona secara hakiki dapat memahami dengan benar apa itu coffee snob  adalah dengan selalu rendah hati dan berhati-hati. Rendah hati disini adalah menempatkan sebuah argumen ditempat yang tepat.

Selalu menerima perbedaan pendapat daroi orang lain, sedangkan berhati-hati adalah berhati-hati dalam bertutur kata dan juga mengeluarkan statement. Dengan kata lain, menjadi seorang yang berpredikat coffee snob  adalah harus tetap stay humble.

Nah, setelah membaca artikel ini Kamu langsung penasaran? Apakah Kamu seorang coffee snob  si pecinta kopi ? Yuk Kenali ciri-cirinya berikut ini.

3 Ciri-Ciri Coffee Snob

Munculnya fenomena coffee snob  ini memang sebuah keunikan. Seiring dengan merajalelanya gaya hidup minum kopi saat ini. Istilah tersebut yang merujuk pada orang-orang yang menikmati kopi dengan cara mereka sendiri.

Cara yang bagaimana? Jawaban untuk pertanyaan ini bisa banyak ragamnya. Mungkin salah satu jawaban yang paling mengena adalah mereka yang haus akan eksistensinya sebagai pecinta kopi. Cara yang dapat menggambarkan mereka sebagai seorang pecinta kopi bahkan sangat mencintai kopi.

  1. Big No pada kopi saset!

Kamu punya teman yang ngaku pecinta kopi? Jangan sekali-kali Kamu mengajaknya untuk ngopi saset! Yes, bagi kaum-kaum pecinta kopi hitam yang berembel coffee snob  ini sangat menolak dengan teramat untuk minum kopi saset.

Baca Juga  Kekuatan Senyum Barista Membuat Hari Pelanggan Berwarna

Haram hukumnya untuk mereka seset saja minum kopi saset. Apalagi minuman kopi yang ada di warung-warung kuningan atau yang akrab dengan sapaan warung wurjo atau burjoan di kalangan mahasiswa Yogyakarta.

Bahkan ada juga loh yang mengaku pecinta kopi menganggap ajakan seorang teman mengopi saset adalah sebuah penghinaan besar. Haduh, kok gitu banget ya.

  1. Anti Kopi Kopi Kapitalis

Selain haram hukumnya meminum kopi saset, para pengaku pecinta kopi saset ini juga pantang untuk berkunjung ke kedai kopi yang berskala besar. Kopi-kopi terkenal seperti kopi yang identik dengan warna hijau dengan wajah seorang wanita berambut panjang. Sebenarnya jika ditelaah lebih jauh, entah alasan apa yang membuat mereka sangat menolak untuk mencicipi kopi seperti ini.

Bisa saji mereka menolak kedai-kedai kopi yang instant. Kedai kopi yang cenderung menempuh cara instant dalam pengolahan kopi dalam skala yang lumayan cukup besar. Seperti yang sudah dikatakan diawal, mereka sangat mengapresiasi kopi lokal, sehingga mereka jelas lebih memilih kedai-kedai kecil dan independen yang menyajikan kopi dengan sepenuh hati.

  1. Kopi Hitam Tanpa Kupu-Kupu

Setiap orang memang memiliki cara untuk menikmati kopi. Ada yang suka kopi ditambah dengan susu, gula, hingga syrup. Hal ini juga berlaku pada seorang coffee snob . Mereka punya caranya sendiri yaitu dengan tidak menambahkan apapun kedalam secangkir kopinya. Mereka beranggapan bahwa kopi sudah memiliki rasa yang unik tak perlu ditambah dengan apapun. Jika ditambah dengan pemanis lainnya, maka akan menghiangkan rasa asli kopi tersebut.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang coffee snob  si pecinta kopi hitam. Menjadi seorang pecinta kopi bisa mengespresikan dirinya terhadap kopi dengan cara yang unik. Bung dan Nona yang ingin lebih mengenal kopi dengan cara yang tepat?

Yuk, langsung saja datang ke Coday Coffee Lab & Roastery. Kami akan senantiasa mengenalkanmu dengan berbagai jenis kopi yang ada didunia ini. Bung dan Nona juga bisa menjadi barista kece. Atau bisa juga jadi pecinta kopi yang tetap stay humble.

Nah, Bung dan Nona yang sat ini mengaku pecinta kopi, apakah termasuk golongan coffee snob ? Jika iya, sudah tahu kan bagaimana cara mengatasinya?