Blog Kami

Rahasia Sukses Manajemen Coffee Shop

Manajemen Coffee Shop

Manajemen coffee shop sangat dibutuhkan, karena sebuah bisnis apapun tanpa adanya manajemen yang bagus akan menjadi sebuah bisnis yang sia-sia. Jadi, ilmu manajemen untuk mengelola sebuah kedai kopi sendiri pun sangat penting.

Lalu, di mana Bung & Nona bisa mempelajari tentang manajemen khususnya manajemen coffee shop?

Nah, Bung & Nona tidak perlu khawatir. Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada kelas manajemen coffee shop, yang akan mempelajari beberapa materi penting dalam mengelola sebuah kedai kopi. Ada cara pengelola usaha coffee shop, cara penyusunan menu, food cost, food beverage, hingga business plan.

Sebenarnya seberapa penting sih belajar manajemen dalam menjalankan sebuah bisnis itu? Mari kita bahas lebih lanjut dan lebih detail di artikel berikut.

Manajemen Itu Tentang Mengatur dan Mengalokasikan

Mengerjakan sebuah hal sesuai target dan alokasi waktu yang diberikan merupakan suatu yang penting untuk dilakukan semua orang. Manajemen tidak hanya diterapkan dalam bidang bisnis saja. Bahkan, manajemen juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, manajemen waktu.

Mengingat betapa pentingnya ilmu manajemen itu dalam kehidupan sehari-hari, maka mempelajari ilmu dasar tentang manajemen bukan merupakan suatu hal yang sia-sia.

Untuk mengimplementasikan ilmu manajemen dengan baik, maka Bung & Nona harus mengetahui apa itu manajemen terlebih dahulu.

Manajemen itu adalah proses di mana Bung & Nona dapat mengatur segala sesuatu yang harus dikerjakan. Agar dalam mencapai tujuan dan target yang ada dapat diperoleh secara maksimal sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Sebenarnya secara tidak langsung, setiap orang pasti pernah dan telah mempraktikan ilmu manajemen. Guna mencapai sebuah tujuan yang lebih efektif dan efisien maka diperlukan sebuah perencanaan dan koordinasi, inilah yang disebut dengan manajemen.

Unsur-Unsur yang Harus Ada dalam Manajemen

Dipembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu manajemen. Manajemen itu tentang mengatur dan mengalokasikan segala sesuatu yang harus dikerjakan.

Lalu, apa saja unsur-unsur penting yang saling melengkapi dalam kegiatan manajemen coffee shop?

Berikut unsur-unsur penting yang harus ada.

  • Manusia

Membuat rencana dan tujuan yang akan diraih adalah tugas dari manusia. Manajemen tidak akan pernah ada tanpa adanya peran manusia itu sendiri.

  • Metode

Dalam sebuah kinerja manajemen, unsur ini menjadi unsur pokok yang harus ada dalam manajemen. Sebuah kegiatan akan berjalan lebih lancar jika manusia membuat metode yang pas untuk kegiatan manajemenya. Baik itu metode yang berdasarkan target, waktu, fasilitas, uang atau kegiatan bisnis itu sendiri.

  • Uang

Dalam mencapai sebuah kegiatan bisnis, khususnya bisnis coffee shop, maka uang merupakan unsur yang penting. Seperti yang Bung & Nona ketahui, uang dapat menjadi perantara utama dalam mewujudkan sebuah tujuan dalam manajemen coffee shop.

  • Material

Bung & Nona harus memilih kualitas material yang akan digunakan dalam bisnis coffee shop secara tepat. Material yang dipilih menjadi faktor yang penting karena kualitas bisnis dipengaruhi oleh kualitas material yang akan Bung & Nona pilih.

  • Pasar

Jika manajemen Bung & Nona bergerak dalam bidang bisnis, maka unsur pasar merupakan unsur yang cukup krusial dalam sebuah manajemen bisnis Bung & Nona. Pasar akan sangat mempengaruhi kegiatan bisnis Bung & Nona, karena sebuah produk tidak akan berkembang jika tidak dikenal pasar. Maka, dalam menjalankan manajemen bisnis, unsur pasar menjadi sangat penting.

Baca Juga  Tradisi Minum Kopi Durian yang Lezat

Mengapa Harus Belajar Manajemen Coffee Shop?

Manajemen Coffee Shop

Di dalam ilmu manajemen pasti banyak sekali manfaat yang dapat Bung & Nona rasakan. Dalam manajemen harus jelas tujuan yang akan dicapai. Tujuan akan mudah tercapai jika membuat perencanaan yang jelas, koordinasi dan pengendalian.

Berikut alasan yang harus Bung & Nona ingat mengapa belajar manajemen coffee shop itu sangat penting dalam dunia bisnis kedai kopi.

  • Perencanaan

Dalam segala tindakan harus ada perencanaan yang jelas, termasuk membangun bisnis kedai kopi. Kemudian, apabila sudah menjalankan sesuai dengan rencana Bung & Nona akan lebih mudah dalam mengevaluasi segala tindakan yang sudah diambil. Apakah perencanaan yang ada dapat mencapai tujuan yang diinginkan? Tanpa adanya perencanaan, tujuan yang sebenarnya dari membuka usaha coffee shop tidak akan tercapai.

  • Pengorganisasian

Kegiatan ini lebih berfokus dalam menyusun stuktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan yang sudah disusun pada perencanaan tadi. Hasil dari sebuah pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Dengan adanya pengorganisasian, kegiatan dalam bisnis coffee shop akan berjalan lebih fokus sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Penempatan

Untuk mencapai segala suatu sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya, maka dibutuhkan penempatan yang pas. Manajemen mengajarkan hal ini.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Penempatan yang pas, diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal, sehingga proses pencapaian tujuan dalam bisnis coffee shop dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efesien.

  • Pengarahan

Alasan berikutnya, mengapa harus belajar manajemen coffee shop adalah mendapatkan pengarahan. Pengarahan ini maksudnya adalah agar segala perencanaan yang sudah disusun dengan rapi tersebut dapat berjalan sesuai dengan arahan atau rencana sebelumnya. Sesuai dengan apa yang sudah dipelajari.

  • Pengawasan

Alasan yang terakhir namun tak kalah penting, yaitu segala kegiatan bisnis coffee shop akan ada pengawasan. Apabila Bung & Nona belajar tentang manajemen coffee shop maka Bung & Nona akan dapat mengelola kedai kopi shop sendiri sekaligus dapat bertindak sebagai pengawas.

Pengawasan ini maksudnya agar kegiatan manajemen ini berlangsung sesuai rencana. Apabila tidak sesuai rencana awal, maka harus ada evaluasi untuk langkah selanjutnya.

Belajar Manajemen Coffee Shop di Coday Coffee Lab & Roastery

Nah, pada sub bab sebelumnya Bung & Nona telah membaca tentang, apa itu manajemen, unsur-unsur penting yang harus ada dalam manajemen coffee shop, dan alasan betapa pentingnya belajar manajemen untuk sebuah coffee shop.

Secara tidak langsung, Bung & Nona telah belajar garis besar mengenai manajemen coffee shop itu sendiri. Bahwa, manajemen itu belajar tentang perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengawasan.

Jika Bung & Nona ingin belajar secara lebih dalam dan lebih komprehensif,  Bung & Nona bisa mengikuti kelas manajemen coffee shop di Coday Coffee Lab & Roastery.

Pada kelas ini, Anda akan mendapatkan materi manajemen coffee shop secara lebih lengkap, mulai dari pengolahan usaha coffeeshop, penyusunan menu yang lebih inovatif yang disesuaikan dengan segmen dan market Bung & Nona.

Selain itu, Bung & Nona juga akan mendapatkan materi tentang business plan. Business plan di sini  memiliki sebuah goal besar yaitu membuat start up bisnis coffeeshop Bung & Nona.

Tak cukup sampai di situ, kelas manajemen coffee shop di Coday Coffee Lab & Roastery juga mengajarkan cara memanajemen biaya, bahan baku, dan stock opname. Yakin nih gak pengen coba gabung Kelas Coday? Kelasnya sangat menarik lho dan dijamin gak membosankan.

Yuk, ikut kelas manajemen coffee shop di Coday Coffee Lab & Roastery. Demikianlah, ulasan singkat mengenai cara pengelolaan kedai kopi sendiri. Semoga bermanfaat!