Blog Kami

Laboratorium Kopi, Destinasi Wisata Jogja Terbaru

Destinasi Wisata Jogja

Destinasi Wisata Jogja – Jogja memiliki sejuta julukan. Dari kota pelajar, kota budaya, kota seniman, kota museum, kota buku, kota berhati nyaman, hingga kota wisata. Julukan-julukan itu sangat kental sekali terasa saat Bung & Nona menyambangi Jogja.

Sejuta julukan tersebut tidak berangkat dari ruang kosong. Mahasiswa dari Sabang sampai Merauke menjadikan Jogja sebagai sumur untuk menimba ilmu. Berdirinya museum-museum tua, menjadi ruang mengunjungi masa lampau Jogja yang panjang. Tempat menyimpan hal-hal yang patut disimpan dan dirawat, untuk dikenang generasi selanjutnya. Menjadi bukti bahwa Jogja adalah kota bersejarah dan museum adalah ruang untuk merawat sejarah.

Buku-buku ditulis. Tangan-tangan kreatif menciptakan cover buku. Percetakan buku bekerja. Distributor dan penjual buku, mendistribusikan jendala ilmu hingga pelosok tanah air. Jogja menjadi salah satu produsen buku di Indonesia.

Para seniman Jogja, membangun karya dan menjadi trendsetter budaya. Pantas, wilayah yang dipimpin Sri Sultan Hamengkubuwono, mendapatkan julukan kota buku, kota seniman, dan kota budaya.

Ruang-ruang unik dan asyik banyak tercipta di Jogja. Destinasi wisata Jogja yang beragam. Mulai dari wisata sejarah, pantai indah, candi tua, tempat belanja, hingga Keraton Raja telah menyedot massa dari seluruh Indonesia. Berduyun-duyun datang menikmati ruang wisata asyik. Maka, tak heran kota istimewa ini mendapat julukan kota wisata.

Satu kalimat untuk merangkum kota dengan sejuta julukan. “Jogja Tidak Ada Habisnya.”

Daftar Tempat Wisata  Jogja

Ngobrol-ngobrol tentang “Jogja tidak ada habisnya,” tentu tidak sah tanpa ngobrol destinasi wisata Jogja. Obrolan pembuka tentu tentang wisata-wisata Jogja yang bisa jadi bahan cerita kepada tetangga dan teman  pasca pulang dari Jogja.

Nah, ada beberapa destinasi wisata Jogja yang masuk kategori  “jika tidak dikunjungi, rasanya belum ke Jogja”. Ada yang kurang.

Lima destinasi berikut yang bikin jalan-jalan ke Jogja sempurna. Apabila tidak dikunjungi, rasanya ada yang kurang.

Pertama, Candi Borobudur. Destinasi Wisata Jogja yang dikunjungi masyarakat lokal dan internasional. Setiap hari wisatawan berbondong-bondong mengunjungi Borobudur. Melihat bangunan suci umat Buddha yang agug dan pernah masuk catatan tujuh keajaiban dunia.

Baca Juga  Agus Prasetio Profesor Kopi Coday Lab & Roastery Jogja

Pantas memang, jika bangunan Candi dengan stupa, relief, dan arca berumur ratusan tahun yang terletak di Magelang ini dikunjungi masyarakat dunia. Bangunan yang mulai hits di telinga orang-orang luar negeri sejak era kolonial Belanda ini, menjadi destinasi wajib saat mengunjungi Jogja. Jika tidak ke sana, rasanya seperti pulang jalan-jalan tanpa oleh-oleh. Kosong.

Kedua, Candi Prambanan. Destinasi Wisata Candi Hindu yang terletak di wilayah perbatasan Sleman dan Klaten ini juga pernah masuk catatan tujuh keajaiban dunia. Candi yang menjulang tinggi, tampak bersejarah dan gagah saat dilihat dari jalan Jogja-Solo.

Destinasi Wisata Jogja
Sambil menikmati wisata hits Jogja, Bung & Nona wajib ngopi santai di Coday Jogja.

Warga dunia berbondong-bondong ke Prambanan. Menikmati bangunan sejarah. Melihat arca raksasa dengan ukiran-ukiran maha detail.  Semua orang yang ke Jogja pasti ingi kembali lagi menikmati candi-candi-candinya yang indah.

Ketiga, Pantai Parangtritis. Destinasi wisata pantai yang terletak di selatan Yogyakarta. Masuk dalam wilayah kabupaten Bantul. Wisatawan yang mengunjungi pantai indah ini sangat banyak. Menikmati pergerakan ombak yang menjilat-njilat.

Kusir andong berputar-putar mengelilingi pantai. Membawa para wisatawan yang ingin menyusuri pantai  Parangtritis dari timur ke utara dan sebaliknya dengan menaiki andong.

Di sebelah timur pantai ada bukit. Ketika senja tiba, wisatawan pemburu senja menjadikan bukit tersebut sebagai tempat untuk melihat matahari tenggelam.

Keempat, Malioboro, Tugu dan  Alun-Alun Utara Jogja. Tiga destinasi wisata Jogja yang sangat terkenal ini pas sekali untuk berbelanja sekaligus bernostalgia. Tugu merupakan wisata yang pas untuk bernostalgia. Melihat bangunan kuno peninggalan pendiri keraton Kesultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono 1.

Maliboro menjadi ruang yang pas untuk jalan-jalan menikmati bangunan tua dan bersejarah. Dari Gedung Bank Indonesia, Museum Sonobudoyo, Kantor Pos, Benteng Vredeburg, Gedung Agung. Spesialnya, di Malioboro banyak spot-spot foto yang cantik.

Sambil menikmati gedung bersejarah, Bung & Nona sekalian belanja oleh-oleh di toko yang berjejer di jalan Malioboro serta pasar Bringharjo.

Di samping wisata yang menyenangkan mata dan jiwa, ada juga loh destinasi wisata Kopi di Jogja. Memang “Jogja Tidak Ada Habisnya.”

Coday Coffee Lab & Roastery,  Wisata Antimainstream Jogja

Destinasi wisata Jogja tidak ada habisnya. Banyak sekali muncul destinasi wisata baru di Jogja. Ruang untuk liburan tidak hanya di sekitaran Malioboro, Pantai Parangtritis, Tugu, Keraton, dan alun-alun Jogja.

Di samping wisata mainstream yang sudah sering menjadi destinasi Bung & Nona, ada baiknya mengunjungi destinasi wisata Jogja terbaru yang antimainstream. Destinasi wisata yang bikin cerita, pengalaman dan ketrampilan bertambah.

Karena Jogja memang tidak ada habisnya, tentu muncul destinasi wisata baru dengan tema unik. Salah satu destinasi wisata unik terbaru adalah  Coday Coffee Lab & Roastery.  Laboratorium kopi terbaru dan terbesar di Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat proses mengelola kopi.

Destinasi Wisata Jogja
Peralatan laboratorium Coday Lab & Roastery Jogja.

Gedungnya yang besar bisa menampung banyak pengunjung. Tersedia peralatan roasting lengkap dan peralatan uji cita rasa. Ada mesin grinder manual dan otomatis. Kopi-kopi berbagai jenis terbungkus karung, berjejer di gudang.  Coday Lab & Roastery adalah surga bagi para pecinta kopi dan semua orang yang tertarik dengan dunia kopi.

Para pecinta kopi di seluruh dunia, banyak yang bertandang ke Coday Coffe Lab untuk belajar kopi. Kawan-kawan dari Malaysia datang, untuk melihat perkembangan kopi Indonesia di Coday Coffee Lab.

Baca Juga  Coday Lab & Roastery School of Coffee

Anak-anak muda dari berbagai penjuru Indonesia juga menimba ilmu kopi di Laboratorium kopi Jogja. Setelah belajar ilmu kopi dan lulus, anak-anak muda tersebut bisa mendapat sertifikat barista.

Banyak Karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta, menjadikan Coday Coffee Lab & Roastery sebagai tujuan Company Visit. Para peserta Company Visit Coday Coffee lab, biasanya berkeliling melihat proses mengelola kopi.

Tidak hanya berkelilng melihat proses pengelolaan kopi. Profesor kopi juga mengajak para pengunjung untuk belajar meracik kopi dengan metode Espresso atau Manual Brew. Hasil belajar meracik kopi, lalu dinikmati bersama sambil ngobrol-ngobrol santai tentang ilmu kopi.

Destinasi wisata di kota istimewa “Jogja, Memang Tidak Ada Habisnya.” Dari destinasi wisata sejarah, pantai, gunung, hingga industri kopi. Semuanya tentu wajib dikunjungi.

Paket Wisata Coday Lab & Roastery Jogja

Laboratorium kopi Jogja tentu menjadi destinasi asyik dan menarik untuk berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan kopi. Dari proses sortasi kopi hingga packaging kopi bubuk siap seduh.

Pas sekali untuk destinasi Company Visit perusahaan BUMN/ swasta, mahasiswa kampus, dan semua komunitas yang ingin menambah wawasan ilmu kopi. Paket Company Visit ke Coday Coffee Lab & Roastry Jogja dibagi menjadi dua.

Pertama, paket Full Experince.  Bagi Bung & Nona yang mau company visit ke Coday Coffee Lab, bisa mengambil paket full experience. Paket full experience memberikan ilmu dan pengalaman baru tentang kopi.

Setiap wisatawan yang mengambil paket full experience, akan mendapatkan wawasan tentang profil Coday Lab & Roastery, pengenalan alur produksi kopi dari sortirasi, roasting, uji cita rasa, sampai packaging kopi.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Ditambah dengan belajar bikin kopi bersama dengan pendekatan espresso. Setelah belajar bersama, kopi yang sudah dibikin langsng dinikmati bersama sambil ngobrol santai.

Kedua, paket Visit Experience. Dengan mengambil paket visit experience, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan paket full experience. Bedanya, Visit Experience tidak menyediakan fasilitas bikin kopi Espresso.

Destinasi wisata di kota istimewa Jogja, Memang Tidak Ada Habisnya. Ayo menimba ilmu kopi di Coday Coffee Lab & Roastery Jogja.