Kopi Luwak

Kopi Dari Feses Luwak Setara Harga Dua Meter Tanah di Jogja

Kopi luwak dibandrol per pound atau sekitar 453,60 Gram menembus harga 300 USD. Angka yang sangat fantastis untuk kopi yang beratnya kurang dari 1 Kilogram. Namun, harganya sudah menembus langit.

Bagi yang memiliki uang banyak, minum kopi spesial ini mungkin menjadi pilihan yang tepat. Hitung-hitung sekali seumur hidup harus menikmati kopi asal Indonesia yang sudah mendunia ini.

Harga kopi luwak di pasaran memang beda-beda. Menurut data Kompas.com pada tahun 2016, harga kopi luwak yang sudah jadi minuman kopi, per cangkirnya dibandrol sebesar Rp.100.000 hingga Rp. 300.000. Sementara itu, untuk harga bubuk atau biji per kilogram kopi paling murah Rp. 1.000.000 dan paling mahal bisa tembus angka 2,5-3 juta.

Kopi Luwak Coday

Nah, kalau pada tahun 2016 saja harga paling murah sekilo kopi luak sudah menembus 1 Juta pada tahun selanjutnya akan terus naik. Sebab harga produk-produk yang langkah harganya tidak akan mengalami penurunan.

Kalau dihitung berdasarkan harga tanah di pinggiran Yogyakarta yang sudah menembus 500.000 per meter, berarti membeli satu kilo kopi bisa untuk membeli 2 meter tanah.

Baca Juga  Di Negeri Asli Miyabi, Kopi Nusantara ini Harganya Selangit

Kenapa Harga Kopi Luwak Sangat Mahal?

Harganya bisa melambung tinggi, dikarenakan proses fermentasi kopi yang berlangsung di perut luwak. Biji-biji kopi hasil pilihan luwak liar juga lebih mahal dibandingkan dengan biji kopi hasil luak tangkaran. Hal itu disebabkan oleh penciuman luak liar yang bisa mengetahui kopi enak dan terbaik. Alhasil, kopi luwak hasil luwak liar lebih mahal karena sulit mencarinya.

Proses kopi luak juga sama seperti proses kopi Black Ivory. Luak diberikan makan biji kopi, ditunggu sampai luwak mengeluarkan feses. Ketika sudah keluar feses, langkah selanjutnya adalah memilih biji dalam feses dan membersihkannya. Alhasil ketika sudah bersih biji kopi langsung masuk tahap-tahap meracik kopi menjadi minuman spesial.

Kelebihan dari kopi luwak ialah rendah kafein dan rasanya tidak nyangkut ditenggorokan. Di tambah lagi, kopi luak arabika rasanya lebih fruty dan kopi luak robusta menonjol rasa mint.

Nah sekarang kamu pilih beli tanah atau beli kopi luwak?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *