gaji barista

Gaji Barista di Amerika Tembus 189 Juta

Menjadi manusia yang berdiri di balik mesin espresso atau  mengelola kopi dengan ragam teknik merupakan  profesi yang sedang naik daun di era kekinian. Gaji barista di Amerika tembus 189 juta. Koks bisa?

Indikator bahwa profesi ini menjadi pilihan menjanjikan bagi anak-anak muda. Tidak hanya sekolah barista, kedai-kedai kopi juga  membuka kesempatan untuk magang bagi pihak yang mau belajar menjadi seorang barista. Banyaknya permintaan kopi dari masyarakat, tanpa pengelola kopi yang handal maka dunia kopi akan pincang. Alhasil, output dari belajar di sekolah barista atau magang di kedai adalah menjadi barista profesional dan bisa bekerja di kedai-kedai kopi yang menyajikan kopi buat masyarakat.

Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) menyebutkan bahwa permintaan kopi Indonesia baik dari pasar domestik dan internasional naik. Proses perimntaan kopi yang naik tersebut diakibatkan oleh budaya kopi yang sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Fenomena permintaan kopi yang naik dan budaya ngopi yang sudah merasuk ke dalam masyarakat tersebut merupakan kabar positif bagi yang mau belajar menjadi barista dan menekuni bidang kopi.

Baca Juga  Rukun Ngopi Ada 5 Loh, Mau Tahu?

Oh ya profesi menjadi barista yang sudah profesional dan bersertifikat ternyata gajinya sangat tinggi. Di beberapa negara yang ekonominya tinggi, gaji seorang barista bisa menembus ratusan juta.

 

gaji barista

 

Berikut adalah daftar gaji para barista dari berbagai negara.

Amerika

Di Amerika menjadi barista gajinya bisa menembus 189,4 juta.  Barista yang mencapai gaji tersebut harus memiliki jam terbang yang tinggi, pengalaman yang sudah banyak, dan sudah memiliki sertifikat menjadi barista. Nah bagi warga Indonesia, menjadi barista di sana adalah sebuah prestasi besar.

Australia

Di Negeri Kangguru ini, gaji seorang barista menyentuh nilai 195 juta.  Gaji tersebut belum termasuk bonus-bonus yang mereka dapatkan dari pemiliki kedai kopi. Australia sangat dekat dengan Indonesia, ada baiknya teman-teman barista dari Indonesia kerja dan belajar menajdi barista di sana, lantas ilmunya di bawa dan dikembangkan ke Indonesia.

Italia

Di Negeri asal mula istilah barista ini, seorang barista profesional bisa mendapatkan gaji berkisar 158 juta. Nah, kalau 158 juta di bawa ke Indonesia setiap bulannya untuk belanja, enaknya buat belanja apa ya?

Baca Juga  Minum Kopi Ini Adalah Syarat Untuk Awet Muda dan Panjang Umur

Inggris

Barista kopi di Inggris bisa mendapatkan gaji berkisar 26 juta.  Gaji barista di Inggris tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan negara Amerika, Italia, dan Australia.

Ketika melihat nilai gaji di atas apakah teman-teman masih semangat untuk belajar menajdi barista? pastinya semagat dong. Nominal gaji di atas merupakan perkiraan dan sangat tergantung kekuatan ekonomi setiap negara. Bagi yang mau jadi barista yuk segera belajar untuk membangun karir.

Sumber: Kaskus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *