Blog Kami

Kursus Barista dan Coffee Shop Jogja

Coffee Shop Jogja

Coffee shop Jogja – Coffee shop kini menjadi idola segala usia. Anak-anak muda dan orang tua menghabiskan waktu luang dengan menikmati kopi dan ngobrol.  Budaya menghabiskan waktu di kedai kopi, tidak hanya bergulir di kota-kota besar. Anak-anak muda dan orang tua di desa juga memiliki kebiasaan menghabiskan waktu di warung  kopi sambil ngobrol santai.

Bung & Nona tidak perlu berdebat tentang kenapa istilah “warung kopi” identik dengan masyarakat desa. Kemudian istilah “kedai kopi atau coffee shop” identik dengan masyarakat kota.

Sebab aroma kopi tetap harum dan rasanya tetap menancap dilidah, saat Bung & Nona menikmatinya di warung kopi, kedai kopi, dan coffee shop. Di warung kopi kita bisa ngobrol ngalor-ngidul, di kedai kopi kita bisa nongkrong sambil curhat,  dan di coffee shop kita bisa nongky-nongky sambil curcol.

Tempat ngopi adalah ruang yang dibangun untuk berbicara apa saja bersama keluarga dan kawan dengan suasana santai. Mau disebut warung, kedai, atau coffee shop, yang penting semua yang hadir bisa bercerita santai ditemani kopi.

Bung & Nona mungkin sudah sangat dekat dengan sebutan kedai kopi, coffee shop dan warung kopi. Pertanyaannya sekarang, apakah Bung & Nona sudah tahu apa dan bagaimana coffee roastery. Apa perbedaan coffe roastery dan coffee shop?

Istilah coffee roastery pasti dikenal oleh pecinta kopi militan, roastmaster, barista, dan para pegiat kopi. Namun, belum tentu dikenal oleh orang-orang yang baru jatuh cinta pada kopi. Nah berikut penjelasan tentang  coffee roastery.

Apa Itu Coffee Roastery?

Istilah coffee roastery tidak melulu tempat roasting kopi. Tak melulu juga tempat pemanggangan kopi yang membuka jasa roasting kopi bagi masyarakat luas.

Apa yang disebut dengan Coffee roastery, sangat kompleks. Prosesnya juga sangat panjang. Mulai dari tempat penyimpanan biji kopi pasca panen, lalu diolah menjadi kopi yang siap didistribusikan ke coffee shop.

Banyak tahapan yang harus dilewati coffee roastery. Biji kopi dari petani yang sudah melewati proses pasca panen dimasukkan ke dalam karung. Kemudian biji kopi dalam karung itu disimpan. Setelah disimpan, biji kopi terbaik dipilih.

Tidak hanya dipilih, tapi juga dikategorikan. Biji kopi Blue Mountain Banyuwangi terbaik dipilih lalu diletakkan dalam satu tempat. Biji kopi Aceh Gayo terbaik dipilih, dan diletakkan dalam satu tempat. Jadi, setiap biji kopi terbaik dipilih dan dikategorikan sesuai dengan jenisnya.

Setelah dipilih biji terbaik sesuai dengan jenis kopi, langkah selanjutnya adalah proses roasting kopi. Mesin roasting di coffee roastery dipegang oleh roastmaster. Orang yang memiliki ketrampilan spesial  memanggang kopi.

Si roastmaster inilah yang bertanggung jawab atas jam roasting, tanggal roasting, level roasting, serta menguji kualitas kopi. Roasting kopi tidak bisa ditangani oleh sembarang orang. Pemilik coffee roastery profesional pasti memiliki roastmaster keren dengan ilmu kopi yang sangat luas.

Baca Juga  Laboratorium Kopi, Destinasi Wisata Jogja Terbaru

Pasca roastmaster bekerja, dan kopi sudah selesai dipanggang, biji kopi memasuki tahap degassing.  Proses degassing adalah proses keluarnya Gas Karbon Dioksida dari biji kopi. Degassing bisa berlangsung selama satu mingggu bahkan sebulan. Sangat tergantung pada biji kopi dan tingkatan roasting-nya.

Selesai proses degassing, biji kopi lantas dikemas. Kemasan kopi harus tertututup rapat. Supaya, biji kopi nikmat tidak “masuk angin.”

Setelah biji kopi di packaging secara rapi, maka petugas coffee roastery memberi catatan berisi profil kopi pada kemasan. Mulai dari Jenis kopi, nama roastmaster, proses pasca panen, roast profil, dan  testing notes.

Packaging selesai dan biji kopi siap didistribusikan ke coffee shop di kota-kota besar. Seperti coffee shop Jogja, Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya, Medan, Aceh, Ambon, dan kota besar lainnya.

Coffee Shop Jogja
Proses memilih biji kopi terbaik di Coday Lab & Roastery Jogja.

Apa Perbedaan Coffee Roastery dengan Coffee Shop?

Bung & Nona coffee roastery dan coffe shop memiliki perbedaan. Jadi begini Bung & Nona, coffee roastery melakukan proses pengelolaan kopi secara komprehensif. Mulai dari pemilihan biji kopi, roasting kopi, dan packaging. Proses pengolahan dilakukan oleh tangan-tangan profesional dan  membutuhkan sumber daya manusia yang banyak.

Orang yang menangani coffee roastery tidak hanya roastmaster. Ada banyak ahli yang terlibat dengan peralatan yang sangat banyak juga. Mulai dari ahli uji cita rasa dengan gelas-gelas uji cita rasa yang sangat banyak. Kemudian roastmaster dengan mesin roasting gahar.  Tim administrasi serta akuntan untuk mencatat arus keuangan. Serta, tim pendukung untuk pemilihan biji, manajer operasional, serta tenaga pemasaran.

Coffee roastery memiliki kerumitan dan alur produksi yang lebih luas. Proses catat mencatat juga lebih kompleks. Ada catatan Jenis kopi yang diroasting, tingkat roasting, tanggal roasting, proses pasca panen, dan nama roastmaster. Catatan-catatan itu diletakkan dipunggung kemasan kopi. Sehingga pas didistribusikan ke coffee shop, barista dan pecinta kopi tahu profil kopi yang dinikmati.

Baca Juga  Coday Lab & Roastery School of Coffee

Sementara itu coffee shop jauh lebih sederhana, dibandingkan dengan coffee roastery. Alurnya pendek, coffee shop mendatangkan kopi dari coffee roastery. Kemudian tangan-tangan barista bergerak menggunakan mesin espresso dan manual brew, untuk meracik menu kopi sesuai permintaan pecinta kopi. Lantas menyajikannya  kepada para pecinta kopi.

Peralatan di coffee shop juga lebih sedikit dibandingkan dengan coffe roastery. Coffee shop membutuhkan kursi meja, dekorasi menarik, mesin espresso, peralatan manual brew. Sementara sumber daya manusianya lebih sedikit, hanya  barista, akuntan, manajer operasional  dan server.

Bung & Nona, apakah bisa coffee roastery digabung dengan coffee shop? Bisa banget. Di Yogyakarta, ada coffe roastery besar yang membuka coffee shop dengan barista profesional. Bahkan Coffee roastery & coffee shop Jogja ini, juga membuka sekolah barista.

Coffee Shop Jogja
Peralatan dan perlengkapan pengelolaan kopi di Coday Lab & Roastery Jogja.

Coffee Roastery yang Membuka Kursus Barista

Coday Coffee Lab & Roastery Jogja merupakan surganya kopi. Semua yang Bung & Nona cari tentang kopi, ada di roastery yang terletak di Bantul ini. Mau cari coffee roastery untuk roasting kopi?  Tentu ada, dengan peralatan lengkap dan roastmaster yang hebat.

Mau menikmati menu-menu kopi dari tanah nusantara yang diracik oleh tangan-tangan barista profesional? Datang langsung saja ke Coday Coffee Lab & Roastery. Bung & Nona akan mendapati coffee shop Jogja paling keren dan paling lengkap. Beragam menu tersedia, mulai dari menu-menu espresso hingga manual brew.

Bagi Bung & Nona yang bercita-cita bisa meracik kopi secara profesional, Coday Coffee Lab  & Roastery adalah kunci. Coffee roastery dan coffee shop Jogja terkeren ini membuka sekolah barista dan kursus barista.

Materi kursus barista sangat lengkap. Mulai dari materi dasar seperti profil roasting kopi, uji cita rasa kopi, pengenalan jenis-jenis kopi. Kemudian materi meracik kopi, seperti menciptakan menu manual brew,  menu espresso serta kreasi latte art.

Baca Juga  Coffee Roastery Terbaik Indonesia

Yang paling keren, kursus barista Coday Lab & Roastery membuka kelas manajer coffee shop. Kelas manajer coffee shop ini memang spesial. Sebab belum banyak tempat kursus barista yang membuka kelas edukasi manajer coffee shop.

Sudah banyak orang datang  ke Coday Lab  & Roastery Jogja. Mulai dari wisatawan luar negeri yang mau belajar meracik kopi dan melihat proses pengelolaan kopi, serta anak-anak  muda Indonesia menjemput ilmu kopi. Mereka semua datang dan belajar, mewujudkan cita-cita menjadi barista profesional.

Ayo datang ke Jogja. Semua keinginan Bung & Nona yang berkaitan dengan kopi bisa terwujud dengan datang ke Coday Coffee Lab & Roastery Jogja.