Blog Kami

Coday Lab & Roastery School of Coffee

Coday Lab & Roastery School of Barista

Coday Lab & Roastery School of Coffee –  Sekolah barista di Coday Lab & Roastery Jogja. Sekolah spesial yang membuka kelas bagi Bung & Nona yang ingin meraih cita-cita menjadi barista profesional. Seperti sekolah-sekolah pada umumnya, sekolah barista Coday Lab juga memiliki pedamping proses belajar, kurikulum belajar, dan juga materi-materi ilmu perihal kopi.

Materi perkopian yang diberikan pada peserta kelas barista sangat lengkap. Mulai dari materi dasar seperti sejarah kopi hingga materi expert seperti proses cupping coffee. Materi belajar di sekolah barista Jogja disesuaikan dengan kebutuhan peserta kelas barista serta kebutuhan industri kopi di Indonesia.

Materi-materi khusus tersebut diberikan kepada para peserta kelas oleh para pendamping yang sudah ahli dalam bidang perkopian, serta memiliki jiwa pendidik. Materi meracik kopi yang lengkap serta para pendamping yang ahli disiapkan untuk mencetak barista-barista profesional yang jago meracik kopi.

Tidak hanya menguasai ketrampilan meracik kopi. Coday Lab & Roastery Jogja juga membuka kelas bagi para barista yang ingin menguasai ilmu manajemen Coffe Shop.  Alhasil, Barista yang lulus sekolah di Coday Lab & Roastery Jogja jago dalam banyak keahlian yang dibutuhkan dunia kopi.

Jago dalam hal meracik kopi dengan macam-macam teknik. Jagi menciptakan menu-menu turunan  manual brew hingga espresso. Jago menciptkan Latte Art. Ditambah lagi, jago menjalankan bisnis  coffe shop.

Testimoni  Alumni Coday Lab & Roastery

Coday Lab & Roastery School of coffee telah membuka kelas-kelas pelatihan pada anak-anak muda milenial. Anak-anak muda yang bercita-cita menjadi barista profesional ini datang dengan niat mengasah ketrampilan meracik kopi.

Anak-anak muda yang kelak menjadi penerus estafet dunia kopi ini menjadikan Coday Lab & Roastery Jogja sebagai School of coffee. Anak-anak muda yang mengikuti kelas di School of coffee Jogja, datang dari berbagai daerah. Seperti daerah Sleman hingga Kebumen.

Bahkan, Coday Lab & Roastery sudah dikunjungi oleh turis-turis dari mancanengara, yang ingin mengetahui proses pengelolaan kopi di Indonesia.

Coday Lab & Roastery School of Barista
Proses pelatihan di kelas barista Coday Lab & Roastery Jogja.

Nah, berikut testimoni-testimoni dari para peserta kelas barista di Coday Lab & Roastery Jogja.

“Saya mengikuti Materi dasar pengetahuan kopi dan Basic latte art. Saya mendapatkan ilmu baru, serta saya jadi paham kalau menjadi barista butuh imu yang lebih dan skill yang mumpuni.  Awal saya sampai di  Coday lab, langsung kaget, soalnya selama ini saya tidak pernah lihat roaster kopi dan penyimpannan kopi. Harapannya dari sini, saya pengen langsung mencoba di dunia barista, pengen eksplore lagi dunia barista.”  (Ilham Akbar, Sleman).

“Saya Memelajari kopi, dari  proses uji cita rasa, manual brew, dan  spresso. Saya sangat senang karena saya bisa belajar proses pemetikan kopi sampai pembuatan kopi yang didampingi langsung oleh ahlinya. Kelas pelatihan nyaman, di sediakan kelas khusus untuk materi dan kelas khusus untuk praktik. Harapan saya kelauar dari sini, buat coffe shop atau café sendiri buat saya”. (Fuad Mubarok, Kebumen).

Profesor Kopi Coday Lab & Roastery School of Coffee

Coday Lab & roastery  School of barista Coffee  – sekolahnya  para barista- memiliki guru besar ilmu kopi yang bertugas mendampingi para peserta. Masyarakat pecinta kopi di Jogja menjulukinya sebagai Profesor Kopi.

Masyarakat pecinta  kopi memanggilnya Profesor Kopi. Pangilan Profesor tersebut  tidak berangkat dari ruang kosong. Ada banyak indikator yang menyebabkan para pecinta kopi, menjulukinya profesor kopi.

Mulai dari pengalaman menjadi juri berbagai perlombaan kopi.  Acara-acara perlombaan keren yang diadakan di Jogja atau luar Jogja menjadikan profesor kopi sebagai juri. Seperti perlomban di acara Judges Uji Cita Rasa Kelompok Tani Se  Jateng (Borobudur),  kemudian acara  V60 Battle Coffee Festival di Temanggung.

Baca Juga  Agus Prasetio Profesor Kopi Coday Lab & Roastery Jogja

Di samping menjadi juri di luar Jogja, Profesor kopi juga pernah menjadi juri dalam kegiatan besar  Honda yang bertajuk  Lomba Kopi Tubruk di  Ambarukmo Plaza Jogja, serta menjadi juri dalam acara  Black Gold Coffee Lab V60 Battle.

Pengalaman-pengalaman menjadi juri dalam ajang perlombaan kopi, menjadikan masyaraat pecinta kopi menjulukinya Profesor Kopi. Selain sebagai juri dalam ajang perlombaan kopi, Profesor kopi juga memiliki pengalaman menjadi narasumber pelatihan kopi yang diadakan swasta maupun pemerintah.

Seperti  menjadi narasumber dalam acara pelatihan olahan minuman kopi yang diadakan DISPERINDAG Jawa Tengah. Kemudian menjadi narasumber dalam kegiatan  Penanganan Pasca Panen dan Pengolahan Komiditi Kopi bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Luar biasanya lagi, Profesr kopi  menjadi peserta Festival Indonesia Moscow 2019 yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Moscow, Rusia.

Berdasarkan pengalaman-pegalaman yang luar biasa dalam bidang per-kopian, Profesor Kopi  didapuk menjadi guru besar di Coday Lab & Roastery School of Coffee Jogja. Profesor kopi yang sudah ahli bertugas mendampingi calon barista yang mengikuti kelas pelatihan. Sehingga lahir, generasi barista profesional.

Produk Coday Lab & Roastery School of Coffee

Coday Lab & Roastery School of coffee tidak hanya membuka kelas-kelas  barista. Coday Lab juga melakukan proses produksi kopi untuk dinikmati oleh para pecinta kopi. Ada beberapa produk yang sudah didistribusikan dan sudah dikonsumsi oleh para pecinta kopi di seluruh  Indonesia.

Proses produksi kopi di Coday Lab & Roastery Jogja dilakukan secara mandiri. Mulai dari mencari produk ke petani dan penyimpanan di gudang secara mandiri. Lalu proses pemilihan biji, proses roasting, testing notes,hingga  proses mengemas produk, semuanya dilakukan di Coday Lab & Roastery Jogja.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Jadi, Bung & Nona yang ingin mengikuti kelas barista, silahkan datang ke Coday Lab & Roastery Jogja. Bagi yang ingin belanja berbagai jenis kopi, datang juga ke Coday Lab & Roastery Jogja.

Coday Coffee Lab & Roastery Jogja mendatangkan kopi dari seluruh pelosok tanah nusantara. Mulai dari kopi Java Frinsa yang memiliki tasting notes Light Acid, Sweet After Taste, & Lemony. Cocok banget bagi bung & nona yang ingin menikmati kopi yang mengandung rasa lemon.

Coday Lab & Roastery School of Barista
Produk Banyuwangi Blue Mountain Coday Lab & Roastery Jogja.

Lalu kemudian kopi asal pojok timur jawa yaitu  kopi Blue Mountain Banyuwangi. Kopi asal kabupaten paling timur Jawa ini  mengandung rasa black tea. Rasa yang pastinya menyentuh lidah.

Coday Lab & Roastery juga mendatangkan kopi dari pojok-pojok nusantara. Seperti kopi Aceh Gayo dengan kandungan rasa spicy rempah, pas sekali untuk Bung & Nona yang suka menikmati kopi dengan kandungan rempah-rempah.

Dari wilayah Medan, Coday Lab & Roastery mendatangkan kopi Arabica belawan. Dalam proses tasting notes, Kopi Arabica Belawan mengandung rasa tamarind, sweet body, dan clean after taste. Dari wilayah Bengkulu, Coday Lab mendatangkan Arabika Bengkulu. Kopi asal Bengkulu ini memiliki testing notes medium acid, sweet body, dan clean.

Seluruh kopi-kopi dari nusantara yang asyik dilidah  dan kelas-kelas barista, bisa Bung & Nona dapatkan di Coday Lab & Roastery Jogja.