Blog Kami

Budaya Ngopi Masyarakat Belanda

Bagaiamana budaya ngopi masyarakat yang berada di negara yang pernah menjajah Indonesia? Bagaimana dengan budaya ngopi masyarakat Belanda? Apakah mereka memiliki kedekatan yang sangat tinggi dengan kopi, sehingga dahulu mereka rela datang ke Indonesia untuk menjajah dan melakuakan tanam paksa, termasuk tanam kopi.

Kalu kita ingin  menelusuri budaya ngopi di Belanda, maka kita akan menemukan beberapa cerita dari orang-orang Indonesia yang kini sedang berada di Belanda. Rata-rata orang Indonesia yang bercerita tentang budaya ngopi orang Belanda diceritakan lewat media Blog.

Ada beberapa blog orang Indonesia yang pernah tinggal di Belanda kemudian diisi dengan konten cerita semasa sedang di Belanda. Orang-orang yang menulis di blog tersebut mengamati kehidupan orang Belanda serta menceritakannya dengan gambalang di blog.

Berikut blog-blog yang menceritakan budaya ngopi di Belanda dan menggambarkan masyarakat Belanda yang sangat dekat dengan kopi.

Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Crystadoodles.wordpress.com

Dalam satu artikel yang berjudul Orang Belanda dan Kopi, bloger Crystal menulis pengalamannya ketika di Belanda. Ia menceritakan bahwa masyarakat Jerman tidak bisa jauh dari bir, sedangkan orang Belanda tidak bisa berpisah dengan kopi. Jam istirahat disela-sela kesibukan mereka menyebutnya dengan sebutan coffee break.

Menurut tulisan dalam blog, diceritakan bahwa toko-toko di Belanda menjual peralatan untuk meracik kopi. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Seperti mesin French press, medium, hingg mesin besar  coffee bean grinder.

Budaya ngopi masyarakat belanda

Melihat kedekatan masyarakat Belanda dengan kopi bisa juga dilihat dari kegiatan masyarakat di pagi hari yang suka meracik sendiri kopinya. Orang-orang Belanda juga tidak suka konsumsi kopi instan, mereka lebih suka melakukan proses pemanggangan dan penggilingan biji secara pribadi.

Kenikmatan yang mereka inginkan mungkin lebih pada aspek proses, ketimbang hasil. Sehingga menjauhi hal-hal yang instan. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Belanda sangat gandrung terhadap kopi.

Baca Juga  Bisakah Menjadi Barista Tanpa Pengalaman Meracik Kopi?

Monikaoktora.com

Bloger yang satu ini adalah mahasiswa yang pernah makan bangku kuliah di Belanda. Ia menceritakan bahwa di Belanda, budaya ngopi sangat kental sekali. Mesin kopi ada di mana-mana sehingga, masyarakat yang mau meniikmati kopi tinggal seduh dan menikmati kopi.

Menurut ceritanya, di kampus ada banyak mesin kopi yang yang aktif 24 jam. Di bagian pojok kampus, seperti perpusatakaan ada mesin kopi yang disediakan secara gratis untu para mahasiswa. Masyarakat sana dimanjakan dengan kehadiran mesin kopi yang tersebar di berbagai bagian.

Budaya mereka sebelum berangkat bekerja juga minum kopi, seperti di negara Indonesia, bahkan masyarakat Belanda juga ngopi, Bahkan untuk menghilangkan rasa grogi sebelum presentasi di depan kelas, orang-orang Belanda menikmati kopi terdahulu.

Sudah minum kopi belum?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *