Blog Kami

6 Teknik Meracik Kopi yang Bisa Anda Pelajari di Sekolah Kopi

6 Teknik Meracik Kopi yang Bisa Anda Pelajari di Sekolah Kopi

6 teknik meracik kopi yang bisa Anda pelajari di sekolah kopi ini bisa menjadi tambahan wawasan untuk Anda pecinta kopi. Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman wajib. Sejumlah orang lain mungkin hanya menikmatinya sesekali.

Mengapa bagi sebagian orang kopi begitu penting? Alasannya bisa jadi karena menurut sutu penelitian, kopi mampu meningkatkan fungsi otak. Kopi juga mampu memberi energi instan saat kita merasa lesu, sekaligus bisa memperbaiki suasana hati.

Bahkan, ada orang-orang yang menganggap kopi sebagai kebutuhan pokok. Sehari tidak mengonsumsinya, ada yang mengeluh pusing dan tidak bersemangat.

Banyaknya peminat kopi membuat banyak orang melihatnya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Apakah Anda salah satunya? Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha kedai kopi sendiri atau sekadar ingin bisa menyajikan, artikel 6 teknik meracik kopi yang bisa Anda pelajari di sekolah kopi ini bisa menjadi salah satu acuan.

Jadi, apa saja sih 6 teknik meracik kopi yang bisa kita dapat dengan belajar di sekolah kopi? Simak yuk ulasan berikut ini.

6 teknik meracik kopi yang bisa Anda pelajari di sekolah kopi pilihan

Manual Brewing

Manual brewing atau penyeduhan manual, seperti namanya, ini merupakan cara menyeduh kopi tanpa menggunakan mesin espresso. Anda hanya membutuhkan kertas penyaring kopi khusus. Melalui teknik penyeduhan manual ini, kopi bisa memunculkan rasanya yang tajam, sekaligus lebih organik.

Teknik manual brewing  ini pun bisa dilakukan melalui metode-metode yang beragam. Anda bisa menggunakan metode Cafflano Compact, Syphon, Aeropress, Dripper, Plunger, V60 atau French Press untuk menghasilkan rasa yang berbeda-beda.

Latte Art

Jika Anda pernah memesan kopi latte di suatu kafe atau resto dan melihat sajian kopi dengan aneka hiasan di atas kopi, itu dia latte art. Biasanya hiasan tersebut berbentuk hati, daun, bunga dan bahkan berbentuk binatang-binatang imut seperti kucing, panda atau kupu-kupu. Semua tergantung keahlian sang barista.

Teknik latter art ini terbagi dua, yaitu melalui proses etching atau free pour. Perbedaan dari keduanya hanyalah pada alat bantu yang digunakan oleh barista. Jika seorang barista sudah ahli, dia bahkan bisa menggambar wajah orang dan memukau pelanggan.

Basic Espresso

Jika Anda belajar di sekolah kopi, Anda akan mendapatkan materi basic espresso. Materi ini bersisi pengetahua dasar tentang kopi. Anda akan diperkenalkan pada berbagai peralatan kopi, juga mesin untuk mebuat espresso

Baca Juga  Kursus Barista & Tempat Roasting Kopi Terbaik Jogja

Dalam kelas ini, Anda juga akan mengetahui tekstur susu yang tepat untuk membuat beraneka menu kopi. Untuk membuat kopi berkualitas, di kelas ini lah Anda akan mengetahui komponen apa saja yang dibutuhkan.

Advance Espresso

JIka Anda sudah mendapatkan materi advance espresso, artinya Anda sudah mendapatkan materi dasar sebelumnya, yaitu basic espresso. Ini adalah teknik meracik kopi yang lebih kompleks. Di sini Anda akan belajar membuat coffee belnd, ekstraksi espresso, VST espresso dan coffee tasting atau lebih banyak yang menyebutnya coffee cupping.

Anda juga akan mendapati kelas-kelas yang lebih spesifik di sekolah kopi. Misalnya saja di kelas coffee cupping, Anda akan lebih dalam belajar tentang pengetahuan dasar tentang kopi serta standarisasi biji kopi. Anda pun bisa mendapatkan berbagai latihan untuk membuat indera penciuman dan indera pengecap, profil roasting dan cupping origin.

Basic roasting

Supaya mampu me-roasting kopi dengan baik dan benar, Anda membutuhkan ilmu yang cukup. Di kelas basic roasting, selain coffee cupping, Anda akan belajar pengetahuan dasar kopi, juga praktik roasting yang kemudian akan melalui proses analisis.

Untuk me-roasting kopi membutuhkan keahlian lebih, jadi kelas ini memakan waktu yang lebih lama dari kelas-kelas lainnya. Salah me-roasting, seorang roaster akan menghasilkan cita rasa kopi yang tidak sesuai harapan. Jadi, keahlian dan kepekaan calon roaster sungguh benar-benar diasah di kelas ini.

Nah, di atas adalah ulasan tentang 6 teknik meracik kopi yang bisa Anda pelajari di sekolah kopi. Anda yang ingin menjadi barista profesional atau mendirikan kedai kopi sendiri, pas sekali belajar di sekolah kopi untuk mempelajari teknik-teknik di atas.

Belajar teknik-teknik meracik kopi di Coday Coffee Lab and Roastery

Kabar baik bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sekitarnya. Sudah sekolah kopi pertama di Jogja. Sekolah ini sudah diikuti banyak pecinta kopi dari dalam dan luar negeri. Dengan tim pengajar profesional yang sudah terpercaya, Anda akan dibimbing dan didampingi selama dan sesudah proses belajar.

Coday Coffee Lab and Roastery menyediakan kelas-kelas yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda yang punya modal dan ingin membuka kedai kopi sendiri, pas jika mengambil kelas manajemen coffee shop.

Di dalam kelas manajemen coffee shop, Anda yang belum punya business plan akan dituntun dan diarahkan sehingga mampu menjalankan bisnis yang bisa terukur keberhasilannya. Berikut ini materi yang akan Anda dapatkan:

  1. Manajemen coffee shop. Di sini Anda akan belajar cara mengatur biaya, inventory, bahan baku dan karyawan.
  2. Business plan. Ini berisi tentang langkah-langkah menjalankan startup kopi.
  3. Food and bverage. Dalam materi ini, Anda bisa belajar tentang manajemen biaya, manajemen bahan baku dan stock opname.
  4. Penyusunan menu. Di sini Anda akan belajar menyusun menu yang inovatif namun tetap sesuai dengan segmen
Baca Juga  Sekolah Barista, Roastery & Laboratorium Kopi Terbaik Di Jogja

Kelas-kelas lain yang ditawarkan adalah kelas barista dan kelas roasting. Pilih yang Anda butuhkan supaya benar-benar sesuai harapan. Materi yang tersedia sudah dipastikan memiliki kualitas yang dibutuhkan oleh para pecinta kopi untuk belajar guna menjalankan usahanya.

Setiap peserta yang mengikuti kelas manapun akan mendapatkan fasilitas dan bonus yang menarik berupa e-book, makan siang, coffee break, alat tulis dan sertifikat. Sebagai bonusnya, Anda akan mendapatkan t-shirt, alat seduh kopi manual dan sharing grup pelatihan seputar perkembangan belajar.

Kelas barista yang ada di Coday Coffee Lab and Roastery menawarkan materi  dasar yang mencakup sejarah kopi, pengetahuan tentang jenis-jenis kopi, pengenalan profil roasting dan teknik/cara uji cita rasa.

Materi selanjutnya adalah manual brewing. Melalui materi ini, Anda akan belajar cara memilih biji kopi yang baik; proses roasting biji kopi; proses grinder, teori dan praktek menyeduh kopi dengan metode manual brewing. Melalui metode manual brewing, Anda akan belajar teknik hario V60, kalita wave, french press, vietnam drip, aero press, chemex dan syphon.

Bagaimana? Apakah Anda sudah punya gambaran kelas mana yang akan Anda ikuti. Anda bisa berkunjung dulu ke Coday Coffee Lab and Roasteri di Jl. Ahmad Wahid no. 53, Sampangan, Mantup, banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55197. Jam operasional mulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore.

Tepat di bagian depan Coday Coffee Lab and Roasteru, terdapat Coday Coffee Network, yaitu tempat nongkrong yang menjadi salah satu spot favorit warga Jogja. Aneka menu kopi plus beragam makanan ringan tersedia disana.

Jadi, sambil belajar, Anda pun bisa sekalian menikmati kopi dari para barista andal. Jika ada kesempatan yang begini mengasyikan, tunggu apa lagi? Nah, itu dia 6 teknik meracik kopi yang bisa Anda pelajari di sekolah kopi.  Siap menjadi barista handal atau pemilik kedai kopi yang  sukses?